10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

cara menjadi petugas pemadam kebakaran

Cara Menjadi Petugas Pemadam Kebakaran di Negara Indonesia

Cara menjadi petugas pemadam kebakaran adalah salah satu hal yang sering ditanyakan oleh banyak orang. Mengingat menjadi seorang pemadam kebakaran berarti ikut serta dalam pengabdian diri kepada negara.

Pemadam Kebakaran yang biasa disingkat DAMKAR adalah unsur pelaksana dari Pemerintah yang memiliki tanggungjawab membantu masyarakat dalam penanganan dan pencegahan kebakaran. 

Namun selain melakukan pemadaman api. Petugas damkar juga dilatih agar memiliki beberapa kemampuan khusus. Seperti mitigasi bencana, penyelamatan hewan, penyelamatan korban kecelakaan dan evakuasi gawat darurat.

Cara Menjadi Petugas Pemadam Kebakaran di Indonesia

Saat ini menjadi seorang petugas Pemadam Kebakaran (DAMKAR) adalah hal yang diminati banyak orang. Berbeda dengan 10 tahun kebelakang. Hal ini terjadi karena kejelasan akan masa depan yang akan didapatkan. Karena ada kemungkinan seseorang menjadi ASN.

Apalagi untuk saat ini sudah banyak petugas Pemadam Kebakaran seorang wanita. Membuat saingan untuk menjadi bagian dari petugas Damkar semakin sengit. Dengan kebutuhan yang tidak terlalu banyak, akan membuat persaingan rekrutmen semakin ketat.

Namun kebanyakan orang masih bingung bagaimana cara menjadi petugas Pemadam Kebakaran dan apa saja yang menjadi syaratnya. Dibawah akan dijelaskan bagaimana dan apa syarat menjadi anggota Pemadam Kebakaran.

  1. Mendaftarkan Diri Anda

Cara menjadi petugas Pemadam Kebakaran yang pertama adalah mendaftarkan diri Anda. Namun tetap Anda harus melakukan riset terlebih dahulu, sedang membuka lowongan anggota baru atau tidak.

Untuk saat ini biasanya pengumuman tentang penerimaan akan disebar di media sosial atau web resmi Dinas Pemadam Kebakaran. Anda bisa menggali informasi secara online atau datang langsung ke kantor DAMKAR terdekat. 

Setelah dirasa cocok dan Anda memiliki minat yang tinggi, segera daftarkan diri Anda dengan cara menjadi petugas Pemadam Kebakaran yang Kami berikan.

  1. Mengikuti Prosedur yang Diberikan

Dinas Pemadam Kebakaran memiliki prosedur tersendiri dalam melakukan proses rekrutmen. Ada beberapa tahapan yang harus dilalui sebelum resmi menjadi anggota Pemadam Kebakaran.

Setelah mendaftarkan diri, akan ada pengumuman berikutnya tentang hasil seleksi administrasi yang telah Anda ikuti. Jika nama Anda ternyata dinyatakan lulus, maka Anda harus melakukan tes selanjutnya. Sebagai cara menjadi petugas pemadam kebakaran.

Syarat untuk Menjadi Pemadam Kebakaran di Indonesia

Sama seperti pekerjaan lainnya. Dinas Pemadam Kebakaran juga memiliki syarat yang harus dipenuhi oleh seseorang. Syarat menjadi petugas DAMKAR terbagi menjadi dua, yaitu syarat khusus dan syarat umum. Syarat umum adalah seperti dijabarkan dibawah ini:

  1. Minimal pendidikan SMA/SMK semua jurusan
  2. Tinggi badan untuk pria 160 cm dan wanita 155 cm
  3. Tidak buta warna
  4. Sehat jasmani dan rohani
  5. Tidak takut ketinggian, kedalaman air, binatang, asap/api

Syarat khusus berupa keahlian yang akan mendukung Anda dalam bekerja nanti. Syarat khusus ini akan menjadi nilai plus jika Anda mempunyainya. Berikut syarat khususnya:

  1. Sertifikat Mapala

Sertifikat MAPALA akan menjadi bahan pertimbangan Anda lolos atau tidak dalam seleksi. Karena ketika Anda mempunyai sertifikat tersebut dirasa ada beberapa ilmu yang sudah Anda kuasai dan akan membantu mempermudah ketika bertugas nanti.

  1. Sertifikat SAR

SAR adalah termasuk hal yang akan diajarkan ketika Anda menjadi seorang petugas Pemadam Kebakaran. Maka dari itu ketika Anda sudah mengusai dan memiliki sertifikat SAR itu menjadi nilai jual lebih Anda.

Sikap yang Harus Dimiliki Seorang Calon Petugas DAMKAR

Setelah mengetahui mengetahui mengenai cara dan syarat menjadi tugas pemadam kebakaran, berikut ini adalah sikap-sikap yang harus dimiliki.

  1. Pantang Menyerah

Pantang menyerah adalah salah satu sikap yang harus dimiliki oleh calon petugas Damkar. Karena pekerjaan yang akan Anda lakukan bukanlah pekerjaan mudah. Akan banyak tantangan dan rintangan yang dilalui ketika dilapangan nanti.

  1. Empati 

Menjadi petugas DAMKAR berarti berhungan langsung dengan sikap memberikan pertolongan pada orang lain. Maka dari itu harus muncul sikap empati agar tidak merasa terbebani ketika bertugas nanti.

  1. Rela berkorban

Risiko menjadi seorang petugas DAMKAR sangat besar. Banyak yang harus siap Anda korbankan, mulai dari waktu, tenaga, keluarga bahkan nyawa. 

Tidak sedikit anggota DAMKAR yang harus kehilangan nyawa demi misi kemanusiannya. Namun ini adalah salah satu cara menjadi petugas pemadam kebakaran.

  1. Berani

seperti yang telah disebutkan di atas, nyawa saja harus menjadi taruhan ketika Anda bertugas. Maka dari itu Anda harus memiliki keberanian yang luar biasa untuk menjadi anggota DAMKAR. Sudah tidak ada lagi ketakutan yang harus Anda punya ketika bertugas.

  1. Bertanggungjawab

Bertanggungjawab adalah sikap yang harus dimiliki oleh setiap calon anggota DAMKAR. Karena belum terlalu banyak orang yang siap untuk mengambil risiko dalam pekerjaan ini.

Persiapkan diri dan mental Anda sebelum mendaftar sebagai petugas DAMKAR. Cari lebih banyak referensi tentang bagaimana cara menjadi petugas pemadam kebakaran. 

Bagikan Artikel: