10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

Tahapan tes pemadam kebakaran

Tahapan Tes Pemadam Kebakaran Wajib Diketahui, Dijamin Lolos!

Ketika Anda ingin menjadi seorang pemadam kebakaran, maka tahapan tes pemadam kebakaran harus diketahui. Oleh karena itu, artikel kami akan membahas secara lengkapnya.

Seperti yang diketahui sebelum memasuki tahapan tes sebaiknya dipersiapkan segalanya terlebih dahulu. Mulai dari administrasi, persiapan tes tulis, fisik atau lainnya. Sehingga hal tersebut memang harus diperhatikan.

Menjadi seorang pemadam tentu diperlukan keberanian dan keahlian khusus, lantaran ketika bekerja akan mempertaruhkan nyawa. Mulai saat ini Anda wajib mempersiapkannya, seperti menjaga kesehatan.

Terdapat beberapa tahapan tes pemadam kebakaran yang mana harus dilaksanakan oleh para pelamar atau calon pemadam. Sudah banyak informasi mengenai bocoran tahapan tes pada media internet. Salah satunya adalah artikel kami.

Menjadi petugas pemadam kebakaran pastinya lebih dari sekedar menghadapi api. Biasanya mereka akan memastikan keselamatan orang lain hingga bangunannya. Terkadang pekerjaan tersebut bisa memakan nyawa pekerja pemadam.

Sehingga Anda juga harus mempertimbangkan secara matang sebelum melakukan pendaftaran hingga menjadi pekerja pemadam kebakaran. Silahkan simak terus pembahasan kami pada artikel ini. Berikut penjelasan secara lengkapnya.

Berikut Adalah Beberapa Tahapan Tes Pemadam Kebakaran

Para pelamar harus memenuhi beberapa persyaratan yang mana akan berpengaruh pada proses tahapan tes berikutnya. Maka dari itu, Anda wajib memperhatikan segala aturan yang ada saat rekrutmen berlangsung.

Tahapan tes pemadam kebakaran bisa dikatakan mudah apabila telah mengetahui informasinya dari para pekerja pemadam atau media internet. Sehingga informasi tersebut sangat bermanfaat bagi para pelamar pemadam kebakaran.

Selain itu juga untuk melakukan tes pemadam kebakaran, pastikan tubuh dan mental Anda dalam kondisi sehat. Di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkapnya mengenai beberapa tahapan.

  1. Bagian Teoretis

Biasanya ketika Anda sudah mendapatkan panggilan untuk mendapatkan tes, maka akan melaksanakan tahapan tes pemadam kebakaran bagian teoretis. Di mana harus melakukan dalam menjawab kuesioner pada bagian legislatif hingga agenda bersama.

Kemudian, untuk tahapan selanjutnya wajib menjawab pertanyaan mengenai undang-undang khusus dari komunitas atau provinsi setempat. Maka dari itu, siapkan segala kebutuhan yang mana nantinya akan dipergunakan ketika bagian teoretis tiba.

Berbagai contoh atau pengalaman para pemadam kebakaran yang sudah melaksanakan tahapan tes untuk pemadam kebakaran telah tersedia pada media online. Silahkan pelajari dari apa yang mereka sampaikan.

  1. Tes Fisik

Tahapan tes pemadam kebakaran berikutnya adalah tes fisik yang mana tes tersebut sudah biasa dilakukan oleh para pemadam kebakaran. Selain itu juga, terdapat beberapa rintangan dan harus dilewati secara baik dan benar.

Di antaranya adalah panjat tali halus, pemohon wajib memanjat tali halus sepanjang 5 meter. Mulai dari posisi duduk dan Anda akan memiliki dua upaya dalam mencapai bel yang sudah tersedia di atas tali. 

Uniknya, tes tersebut harus dilakukan selama maksimal 15 detik saja. Apabila melebihi dari kapasitas waktu yang ada, maka proses tes akan gagal atau diskualifikasi.

Kemudian, push up batang tetap, yang mana para pemohon harus melakukan gerakan push up dengan melewati tepi mistar. Nantinya akan masuk ke suspensi tetapi tanpa bergoyang.

Lompatan vertikal, tahapan tes pemadam kebakaran bagian fisik ini adalah kaki akan ditekuk untuk melakukan lompatan. Dapat dinyatakan gagal jika Anda jatuh dengan posisi kaki terlentang.

Angkat berat, Anda harus melakukan tahapan tes tersebut supaya lolos dari tes pemadam kebakaran ini. Kami sarankan untuk berlatih setiap hari mengangkat beban, minimal push up atau menggunakan barbel.

  1. Psikoteknik

Tahapan tes pemadam kebakaran selanjutnya adalah psikoteknik yang mana hal tersebut biasa dilakukan oleh para pelamar. Walau bisa dikatakan tidak wajib, namun akan tetap ada sampai waktu tertentu. 

  1. Pemeriksaan Kesehatan

Terakhir, pemeriksaan kesehatan memang selalu digunakan pada tahapan rekrutmen yang mana akan berpengaruh besar ketika bekerja. Maka dari itu, tahapan tersebut tidak bisa di sepelekan. 

Mulai saat ini, Anda harus menjaga kesehatan mulai dari dalam hingga luar tubuh. Sehingga hal tersebut wajib diperhatikan secara berkala.

Pemeriksaan kesehatan ini tujuannya untuk memastikan bahwa pelamar dalam kondisi jiwa dan raga yang baik. 

Maka dari itu, informasi yang kami berikan sebetulnya sangat banyak dicari oleh sebagian besar masyarakat. Sehingga penjelasan mengenai tahapan tes pemadam kebakaran bisa dijadikan sebagai landasan utama.

Bagikan Artikel: