Tahapan tes pemadam kebakaran

Tahapan Tes Pemadam Kebakaran Wajib Diketahui, Dijamin Lolos!

Menjadi seorang pemadam tentu diperlukan keberanian dan keahlian khusus. Sehingga, terdapat beberapa tahapan tes pemadam kebakaran yang mana harus dilaksanakan oleh para pelamar agar mendapatkan pemadakam kebakaran yang berkualitas. Berikut ini syarat dan tahapan tes pemadam kebakaran serta penjelasannya. Yuk Simak!!!

Syarat Menjadi Pemadam Kebakaran

Dilansir dari Pemerintah Kabupaten Kendal, berikut ini syarat bekerja sebagai pemadam kebakaran yaitu :

1. Laki-laki

Untuk menjadi pemadam kebakaran persyaratan pertama yaitu berjenis kelamin Laki-Laki. Namun, Anda apabila seorang wanita jangan berkecil hati karena dapat mendaftar di dinas pemerintah namun di bagian lainnya.

2. Tinggi badan minimal 160 cm

Untuk menjadi pemadam kebakaran persyaratan kedua yaitu memiliki tinggi badan minimal 160 cm.Tinggi badan yang cukup diperlukan untuk memastikan Anda dapat melakukan tugas-tugas pemadam kebakaran dengan efektif.

3. Tidak bertato dan tidak bertindik

Hal ini berlaku untuk menghindari masalah keamanan saat menggunakan peralatan dan seragam pemadam kebakaran.



4. Diutamakan memiliki sertifikat pemadam kebakaran dan penyelamatan

Diutamakan memiliki sertifikat dalam bidang pemadam kebakaran dan penyelamatan. Sertifikat ini dapat mencakup pelatihan khusus yang diperlukan untuk tugas pemadam kebakaran.

5. Diutamakan memiliki SIM B1 untuk operator atau driver

SIM B1 biasanya diperlukan untuk mengemudikan kendaraan pemadam kebakaran. Ini adalah persyaratan penting jika Anda ingin menjadi operator atau pengemudi kendaraan pemadam kebakaran.

6. Mengikuti pemeriksaan administrasi, tes fisik dan tes psikolog

Anda akan menjalani pemeriksaan administrasi untuk memeriksa dokumen dan kualifikasi Anda. Selain itu, Anda juga akan mengikuti tes fisik untuk mengukur kemampuan fisik Anda yang dibutuhkan dalam tugas pemadam kebakaran. Tes psikologis mungkin dilakukan untuk memastikan bahwa Anda memiliki kesiapan mental untuk menghadapi situasi darurat yang mungkin traumatis.

Baca juga: Cara Menjadi Petugas Pemadam Kebakaran

Tahapan Tes Pemadam Kebakaran

Dilansir dari Pemerintah Kabupaten Kendal, berikut ini tahapan tes pemadam kebakaran yaitu :

1. Seleksi administrasi

Kelulusan administrasi dinilai berdasarkan kelengkapan data. Seleksi administrasi bertujuan untuk memastikan bahwa pemohon memenuhi syarat dasar yang diperlukan untuk mengikuti tahapan seleksi berikutnya.



2. Seleksi kesamaptaaan

Seleksi kesamaptaan adalah tahap di mana calon pemadam kebakaran diuji dalam hal fisik dan kesehatan. Pada tahap ini, calon pemadam kebakaran harus mencapai skor atau standar tertentu dalam tes fisik dan kesehatan untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya.

3. Tes psikologi

Tes psikologi bertujuan untuk menilai stabilitas emosi, kepribadian, dan kemampuan psikologis calon pemadam kebakaran. Hasil tes psikologi akan digunakan untuk menentukan apakah calon pemadam kebakaran memiliki potensi untuk menjadi anggota yang efektif dalam tim pemadam kebakaran.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.