10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

person wearing analog watch

4 Tips Membuat Lamaran Kerja Bagi Fresh Graduate

Bagi fresh graduate yang ingin memulai kerja ada beberapa tips membuat lamaran kerja. Biasanya di sekolah pada pelajaran Bahasa Indonesia sudah dijelaskan caranya. Untuk mengulangi agar tidak lupa, ada beberapa hal perlu diperhatikan.

Lamaran kerja sendiri merupakan sesuatu yang digunakan untuk melamar pekerjaan, biasanya berupa surat atau dokumen. Berikut bagian-bagian yang dimaksud. Simak saja penjelasan kami di bawah ini agar dalam melamar kerja bisa lancar.

Bagian Utama Surat Lamaran Kerja

Sama seperti surat atau dokumen lainnya, surat lamaran kerja terbagi atas beberapa bagian dan memiliki fungsi masing-masing. Bagian tersebut seperti pembuka, isi, dan juga penutup. Pembahasannya berikut ini.

1. Bagian Pembuka

Bagian pertama adalah pembuka berisi tentang sapaan, contohnya “Yang Terhormat Bapak/Ibu Perusahaan ABC, dll” juga terdapat perkenalan singkat seperti nama, almamater, dan juga program studi. Pada bagian ini, Anda boleh menyebutkan dimana mendapat informasi pekerjaan tersebut dan alasan melamarnya.

2. Bagian Isi

Tips membuat lamaran kerja bagian kedua ada isi yang berisi informasi tentang hal-hal sudah Anda capai ketika sekolah atau kuliah. Seperti pengalaman organisasi, proyek selama sekolah, prestasi pernah didapat, dll. Selain itu boleh diisi tentang skill, baik hard skill maupun soft skill.

3. Bagian Penutup

Bagian penutup bisa menjadi kesan pertama pada sebuah perusahaan. Pada bagian ini Anda perlu menekankan kelebihan dan harapan agar dapat kesempatan interview dan bergabung dengan perusahaan. Hal itu juga perlunya memberi kontak baik email atau nomor telepon supaya mereka bisa mengubungi Anda.

Berikut Ini Tips Membuat Lamaran Kerja 

Ada beberapa tips membuat lamaran kerja yang perlu dihindari seperti surat lamaran tidak boleh panjang, tulis sesuai konteks, hindari kesalahan, masukkan pengalaman, dll. Seperti pembahasan berikut ini.

1. Hindari Surat Lamaran Terlalu Panjang

Pada perusahaan besar entah berapa pelamar kerja menginginkan lowongan yang sama. Mereka para perekrut harus membaca satu persatu dari banyaknya lamaran datang setiap harinya. Dengan hal tersebut, sebaiknya ketika menulis surat tersebut tidak perlu terlalu panjang.

Tips membuat lamaran kerja tersebut diusahakan hanya 1 halaman atau sekitar 250-500 kata saja. Semua itu sudah bisa digunakan untuk menjelaskan secara lengkap. Ketika perekrut tertarik, mereka akan mengubungi untuk melakukan interview seputar pengalaman yang sudah dilakukan.

2. Tulis Sesuai Konteks

Perkenalan yang baik dilakukan secara jujur dengan tujuan sungguh-sungguh. Oleh hal itu, hindari mengirim surat lamaran kerja dengan mengubah nama penerimanya saja. Terlebih dahulu cari tahu tentang seluk-beluk perusahaan serta kualifikasi pekerjaan tersebut.

3. Hindari Kesalahan

Tips membuat lamaran kerja selanjutnya hindari kesalahan seperti typo. Karena hal itu merupakan kesalahan fatal dalam membuat surat tersebut. Apalagi ketika menulis suatu perusahaan atau yang berhubungan dengan nama tersebut. 

Sebelum mengirimkan surat lamaran terlebih dulu untuk membaca ulang atau meminta seseorang untuk memeriksanya.

Anda juga bisa mengecek typo di internet menggunakan typo online dari KBBI. Tinggal masukan kata tersebut, nanti otomatis akan diberitahukan kesalahan tersebut.

4. Masukkan Pengalaman

Tips membuat lamaran kerja selanjutnya yaitu masukkan pengalaman. Karena fresh graduate biasanya minim dengan pengalaman kerja. Kalau hal ini Anda alami, ada beberapa informasi yan perlu dicantumkan pada surat lamaran pekerjaan tersebut.

Lamaran yang perlu dimasukkan bagi fresh graduate seperti:

• Kegiatan ekstrakurikuler dan organisasi kemahasiswaan

• Proyek kuliah yang berhubungan dengan lowongan kerja

• Kursus atau workshop yang pernah diikuti

• Kegiatan relawan atau volunteering yang pernah dilakukan

Saat menulis pengalaman harus disertasi deskripsi kegiatan tersebut. Diutamakan untuk menjelaskan seputar keterampilan teknis dan kemampuan non teknis seperti tanggung jawab, kemampuan leadership, dll. Upayakan dalam memasukkan hal tersebut hanya yang berhubungan dengan lowongan kerja.

Selain itu Anda perlu memahami penulisan surat lamaran kerja yang benar terdiri dari pembuka berisi tentang sapaan dan perkenalan singkat, bagian isi berarti mengenai informasi yang lebih spesifik, dan penutup berisi mengenai kesan dan harapan agar diterima di perusahaan tersebut.Ada beberapa tips membuat lamaran kerja bisa dilakukan oleh fresh graduate seperti hindari tulisan terlalu panjang, tulis seusai konteks, hindari kesalahan, masukkan pengalaman.

Bagikan Artikel: