Ratusan HRD sering online dan aktif mencari pegawai!

Tips lolos sosmed checking

Bagaimana Tips Lolos Sosmed Checking Pada Lamaran Kerja?

Tips lolos sosmed checking pastinya sudah banyak diketahui orang-orang saat ini, khususnya pelamar pekerjaan. Dalam suatu pekerjaan tentu saja ada banyak tahapan yang harus Anda ikuti. Bahkan saat ini para pelamar diwajibkan menuliskan akun sosial media mereka.

Adanya persyaratan tersebut bertujuan agar HRD dapat melakukan background check tiap calon karyawannya. Oleh sebab itu penting bagi calon karyawan mengelola akun sosial medianya sebaik mungkin. Dengan begitu Anda akan lebih mudah lolos seleksi lamaran kerja.

Biasanya syarat ini dipandang sebelah mata oleh calon karyawan. Namun, perlu diketahui tahapan tersebut menjadi salah satu tahapan sulit bagi pelamar. Maka dari itu, Anda perlu mengetahui apa saja tips agar lolos sosmed checking pada lamaran kerja.

Ini Tips Lolos Sosmed Checking Ampuh Pada Lamaran Kerja

Sosmed checking merupakan salah satu tahapan atau seleksi ketika Anda melamar suatu pekerjaan. Seperti yang diketahui, adanya seleksi ini bertujuan agar HRD mendapatkan informasi lebih kandidatnya. Umumnya mereka akan mengecek akun sosial pelamar.

Selain itu, pihak recruitment juga akan menilai bagaimana calon kandidatnya bersikap diluar. Bahkan mereka menilai apakah calon karyawannya pernah bermasalah atau tidak. Jadi, dapat dipastikan seleksi ini sangat penting bagi suatu perusahaan.

Ada banyak tips untuk lolos dalam sosmed checking. Melalui artikel ini akan menjelaskan bagaimana tips mudah lolos sosmed checking.

1. Gunakan Tata Bahasa Baik dan Sopan

Tips lolos sosmed checking pertama yaitu sebaiknya gunakan tata bahasa baik dan benar. Hal tersebut berlaku pada kolom komentar, caption foto, hingga postingan foto lainnya. 

Perlu diketahui, cara orang menggunakan bahasa sehari-hari akan mencerminkan perilaku seseorang tersebut. Jika anda menggunakan bahasa yang kurang sopan, kemungkinan besar anda tidak akan terpilih menjadi karyawan.

2. Perbanyak Postingan Inspiratif

Hal yang harus pelamar ketahui dalam tips lolos sosmed checking yaitu dengan cara memperbanyak postingan inspiratif. Dengan memperbanyak postingan inspiratif dapat dipastikan, pelamar akan mendapatkan nilai tambahan dari HRD.

3. Hindari Mengabaikan Tag Foto Pada Postingan

Mungkin beberapa teman sering kali menandai akun anda untuk mengabadikan momen. Akan tetapi, sebaiknya pelamar harus bijak dalam mengelola akun sosial medianya. Salah satu caranya yaitu memilih mana saja postingan yang baik dan buruk.

Selain itu, para HRD juga tentunya akan melihat postingan baik yang dimiliki calon kandidat. Jadi, selektiflah dalam memilih unggahan di sosial media.

4. Ikuti Akun Sosial Media Perusahaan

Nyatanya tips lolos sosmed checking yang cukup ampuh yaitu dengan mengikuti akun sosial media perusahaan tersebut. Pihak Perusahaan akan lebih tertarik kepada pelamar yang telah mengikuti akun perusahaan sejak lama.

Tips ini juga akan membantu calon karyawan dalam mendapatkan beberapa informasi perusahaan. Sehingga mereka akan lebih siap untuk melakukan wawancara.

Baca juga: Apakah HRD Boleh Melakukan Background Check Sosial Media Calon Kandidat?

5. Hindari Mengikuti Akun Pewawancara

Tidak kalah penting dari tips lolos sosmed checking lainnya, sebaiknya anda menghindari mengikuti akun pewawancara. Sebab dalam bersosial media ada batasan tertentu yang harus pelamar ketahui. Jadi Anda selaku calon pelamar harus mengetahui batasan dalam bersosial media.

6. Jangan Berkomentar Kasar

Berkomentar kasar di sosial media tentunya akan menjadi nilai jelek di mata perusahaan. Selain itu, menggunakan komentar kasar juga menjadi cerminan dari kepribadian calon karyawan tersebut. 

Oleh karena itu sangat penting bagi calon pelamar dalam menjaga tutur bahasa bersosial media. Dengan begitu calon pelamar akan dinilai baik oleh semua orang, khususnya HRD jika melamar pekerjaan.

7. Selalu Tampilkan Hal Positif

Pada dasarnya pihak HRD akan mencari pelamar yang memiliki sosial media positif. Profil yang menunjukkan hal positif akan mencerminkan kepribadian ramah dan baik

Dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa sangat penting dalam menjaga etika dalam bersosial media. Bahkan ketika anda melamar pekerjaan tentunya ada seleksi sosmed checking. Perlu diingat, seleksi sosmed checking merupakan salah satu seleksi yang sangat penting.Tips di atas memang harus Anda pahami dengan benar agar proses melamar kerja tidak ada kendala sama sekali. Karena HRD akan mempertimbangkan hal itu sebagai proses diterimanya tidaknya Anda di perusahaan tersebut. Jadi jangan sampai Anda tidak mempelajari tips lolos sosmed checking di atas.

Bagikan Artikel:

About The Author