tes cpns

Tes CPNS Ada Apa Aja Sih? Simak Ulasan Lengkapnya Disini!

Berdasarkan Surat Keputusan Plt. Kepala Badan Kepegawaian Negara, jadwal pendaftaran seleksi CPNS 2023 telah ditetapkan akan dimulai pada tanggal 17 September 2023. Sebelum Anda mendaftar, Pintarnya telah menyediakan materi yang diperlukan untuk menghadapi tes CPNS.

Untuk memastikan kesuksesan Anda dalam perjalanan menuju menjadi seorang PNS, penting untuk memahami dan mempelajari berbagai materi yang akan diuji dalam seleksi CPNS.

Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), yang juga dikenal sebagai tes CPNS, biasanya akan diadakan setelah Anda berhasil melewati seleksi administrasi awal.

Jenis Tes CPNS Menurut Undang Undang

Materi yang akan diuji dalam SKD telah ditetapkan dalam Peraturan Menteri PAN-RB No. 27 tahun 2021. SKD terdiri dari 110 soal yang dibagi menjadi tiga kategori materi:

  1. Tes Intelegensi Umum (TIU) dengan 35 soal.
  2. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) dengan 30 soal.
  3. Tes Karakteristik Pribadi (TKP) dengan 45 soal.

Anda akan diberikan waktu 100 menit untuk menyelesaikan tes CPNS ini.

Untuk mempersiapkan diri dengan baik, Anda dapat membaca artikel Pintarnya yang merincikan materi-materi yang akan diuji dalam tes CPNS.

Tes Intelegensi Umum (TIU

Tes Intelegensi Umum (TIU) adalah salah satu materi penting yang akan diuji dalam SKD CPNS. Tes ini dirancang untuk mengukur pengetahuan dan kemampuan dalam berbagai aspek, termasuk kemampuan verbal, numerik, dan figural. Tes kemampuan verbal meliputi tiga bagian, yaitu analogi, silogisme, dan analitis.

Tes kemampuan numerik terdiri dari empat bagian, yang mencakup berhitung, deret angka, perbandingan kuantitatif, dan soal cerita. Sementara itu, tes kemampuan figural memiliki tiga bagian yang menguji kemampuan dalam menganalisis gambar, termasuk analogi, ketidaksamaan, dan pola serial.

Baca juga: Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN)

Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

Selanjutnya, tes Wawasan Kebangsaan (TWK) akan menguji pemahaman Anda tentang nasionalisme, integritas, bela negara, pilar negara, dan kemampuan berkomunikasi dalam Bahasa Indonesia.

Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

Materi terakhir yang akan diuji dalam SKD CPNS adalah tes Karakteristik Pribadi (TKP). Tes ini akan menguji kemampuan dalam pelayanan publik, jejaring kerja, adaptasi dalam berbagai kelompok sosial budaya, penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), profesionalisme, serta pemahaman tentang anti radikalisme.

Baca juga: Formasi CPNS yang dibuka di tahun 2023

Semua materi ini sangat penting untuk dipelajari dan dipahami dengan baik karena sesuai dengan peraturan resmi Kementerian PAN-RB. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi materi-materi yang akan diuji dalam seleksi CPNS ini.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.