formasi cpns

Formasi CPNS yang Dibuka Dalam Rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2023

Terdapat beberapa lembaga pemerintah yang telah secara resmi mengumumkan formasi cpns yang akan tersedia dalam proses rekrutmen calon aparatur sipil negara (CASN) pada tahun 2023. Meskipun sejumlah instansi pemerintah telah mengumumkan kebutuhannya, penting untuk dicatat bahwa proses pendaftaran untuk seleksi CASN, termasuk CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) dan PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja), akan dibuka secara serentak mulai tanggal 17 September hingga 6 Oktober 2023. Total ada 78.862 formasi cpns yang telah disiapkan untuk proses rekrutmen ini.

1. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)

KPK telah secara resmi mengumumkan kebutuhan formasi CPNS tahun 2023 sebanyak 214 posisi. Informasi lebih lanjut dapat ditemukan di laman rekrutmen KPK yang terdapat di rekrutmen.kpk.go.id. Dalam pengumuman tersebut, KPK mengajak calon pelamar untuk mempersiapkan diri dengan baik untuk mengikuti proses seleksi CPNS di Komisi Pemberantasan Korupsi.

Baca juga: Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN)

2. Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN)

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) juga membuka lowongan CASN pada tahun ini, dengan menawarkan 500 posisi yang memerlukan lulusan tingkat S3. Proses rekrutmen akan dilakukan melalui mekanisme berbasis kompetensi, dan informasi lebih lanjut dapat ditemukan di situs web resmi BRIN, yaitu https://manajementalenta.brin.go.id/. Hal ini menunjukkan komitmen BRIN dalam menghadirkan tenaga ahli yang berkualitas untuk mendukung penelitian dan inovasi di Indonesia.

3. Kementerian Hukum dan HAM

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) mengumumkan lowongan CPNS sebanyak 1.015 formasi CPNS, sementara PPPK sebanyak 1.563 formasi CPNS. Informasi lebih lanjut mengenai persyaratan, prosedur pendaftaran, dan jadwal seleksi dapat ditemukan di laman resmi kementerian, yaitu cpns.kemenkumham.go.id. Calon peserta juga dapat memantau perkembangan informasi melalui media sosial resmi milik kementerian ini.

Baca juga: Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Untuk CPNS

4. Kejaksaan Agung

Kejaksaan Agung telah bersiap-siap untuk melakukan seleksi CASN tahun 2024, dan informasi lebih lanjut dapat ditemukan di laman biro kepegawaian Kejaksaan Agung, yang terdapat di biropeg.kejaksaan.go.id. Selain itu, calon peserta juga dapat mengikuti perkembangan informasi melalui akun Instagram resmi @biropegkejaksaan. Untuk tahun 2023, Kejaksaan Agung membuka lowongan sebanyak 7.846 formasi CPNS dan 249 formasi PPPK, menunjukkan komitmen mereka dalam memperkuat tenaga kejaksaan.



5. Mahkamah Agung

Mahkamah Agung membuka lowongan CASN untuk 1.669 formasi CPNS pada tahun 2023. Terdapat dua jenis jabatan yang tersedia, yaitu Ahli Pratama-Pranata Keadilan sebanyak 25 orang dan Klerek-Analis Perkara Peradilan sebanyak 1.664. Pelamar yang berminat dapat memantau informasi lebih lanjut dan persyaratan yang dibutuhkan untuk masing-masing jabatan ini melalui laman resmi Mahkamah Agung. Dengan membuka berbagai posisi, Mahkamah Agung berusaha untuk memperkuat aparat peradilan dan penegakan hukum di Indonesia.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!