SSCASN

Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN), Apa Itu? Pelajari Selengkapnya!

Sudah selalu menjadi rahasia umum, jika setiap tahunnya pendaftaran CPNS sangat diminati oleh banyak orang. Dengan banyaknya peminat tersebut tentu tingkat persaingan akan semakin ketat. Dan Anda wajib mempersiapkannya agar ANda dapat lolos CPNS dengan cara yang Anda tempuh.

Salah satu syarat penting dalam mendaftar CPNS adalah mengetahu Sistem Seleksi Calon Aparatur Negara atau SSCASN? Berikut penjelasan lengkapnya yang dapat Pintarnya berikan khusus buat Anda!

Apa Itu Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara atau SSCASN?

Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara atau yang biasa dikenal dengan SSCASN, adalah portal resmi untuk mendaftarkan calon ASN di seluruh Indonesia. Situs ini berfungsi sebagai pintu masuk utama bagi mereka yang ingin mendaftar sebagai ASN di berbagai lembaga pemerintah, baik di tingkat pusat maupun daerah. Pengelolaan situs ini dilakukan oleh Badan Kepegawaian Negara Republik Indonesia.

Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN) merangkul situs resmi SSCN sebagai platform utama untuk mendaftar sebagai calon Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) secara nasional. Ini adalah gerbang awal untuk pendaftaran seleksi ASN di seluruh instansi pemerintah, baik di tingkat pusat maupun daerah, dan dikelola oleh Badan Kepegawaian Negara Republik Indonesia (RI).

Baca juga: Bagaimana cara membuat surat lamaran kerja untuk daftar CPNS?

Dimana Anda Dapat Mengakses Portal SSCASN atau Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara?

Anda dapat mengakses Portal SSCASN melalui alamat website sscasn.bkn.go.id

Seleksi Apa Saja Yang Tersedia di Portal SSCASN atau Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara?

Pendaftaran yang tersedia di Portal SSCASN meliputi Pendaftaran :

1. Sekolah Kedinasan (SekDin)

Sekolah Kedinasan, atau Sekdin, merupakan institusi pendidikan tingkat tinggi yang memiliki keterkaitan dengan badan pemerintah sebagai penyelenggara proses belajar-mengajar.



2. CPNS

Pegawai ASN, singkatan dari Aparatur Sipil Negara, merupakan individu warga negara Indonesia yang memenuhi persyaratan khusus, kemudian diangkat secara permanen oleh pejabat yang bertanggung jawab atas administrasi kepegawaian untuk menempati posisi dalam administrasi pemerintah.

3. PPPK

Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) merujuk kepada individu warga negara Indonesia yang memenuhi syarat-syarat tertentu dan dipekerjakan melalui kontrak kerja untuk jangka waktu tertentu dalam rangka menjalankan tugas-tugas pemerintahan.

Semua jenis golongan diatas belaku untuk berbagai instansi di seluruh wilayah, baik tingkat pusat maupun daerah.

Baca juga: Apakah Lulusan SMA juga Bisa Daftar CPNS?

Aplikasi Produktivitas Diskon Hingga 95%

Cara Bikin Akun SSCASN atau Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara?

Dengan demikian, calon pelamar perlu memastikan bahwa mereka telah mengunjungi situs web yang benar sebelum melakukan proses pendaftaran.

  1. Langkah pertama adalah mengakses laman sscasn.bkn.go.id, yang berisi semua informasi yang berkaitan dengan proses rekrutmen CASN.
  2. Penting bagi pelamar untuk memahami dengan seksama tata cara dan persyaratan pendaftaran yang ada.
  3. Di dalam portal SSCASN, terdapat beberapa menu yang dapat diakses.
  4. Calon pelamar dapat mengklik menu “Alur” untuk memahami tata cara pendaftaran Seleksi CASN 2022 dengan seksama, sehingga tidak ada informasi yang terlewatkan sebelum melanjutkan ke proses pendaftaran.
  5. Selain itu, menu “FAQ” juga dapat diakses untuk mengetahui pertanyaan yang sering diajukan mengenai masalah yang sering dialami oleh pelamar selama proses pendaftaran.
  6. Untuk memulai proses pendaftaran, calon pelamar dapat mengklik menu “Login” jika sudah memiliki akun.
  7. Jika belum memiliki akun, mereka dapat mengklik “Buat Akun” untuk memulai proses pendaftaran, yang melibatkan pengisian data pribadi, pemilihan jenis seleksi, pendaftaran formasi, dan pengunggahan dokumen sesuai dengan ketentuan yang berlaku.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!