apakah lulusan SMK bisa ikut CPNS

Apakah Lulusan SMK Bisa Ikut CPNS? Ini Penjelasan beserta Cara dan Syaratnya

Pertanyaan tentang apakah lulusan SMK bisa ikut CPNS telah menjadi hal yang ingin banyak orabg diketahui. Apalagi semakin banyak masyarakat ingin menjadi Pegawai Negeri Sipil. Berikut ini penjelasan terkait pertanyaan apakah lulusan SMK bisa ikut CPNS berserta cara dan syaratnya

Apakah Lulusan SMK Bisa Ikut CPNS?

Dilansir dari Badan Kepegawaian Negara, lulusan SMK dapat mengikuti CPNS. Beberapa kementerian, lembaga pemerintah, atau instansi lain memiliki posisi atau jabatan tertentu yang terbuka untuk lulusan SMK. Biasanya, posisi-posisi tersebut terkait dengan pekerjaan teknis atau keterampilan khusus yang relevan dengan latar belakang pendidikan SMK. Misalnya, posisi di bidang teknik, kesehatan, administrasi, dan sejenisnya.

Baca Juga : Pendaftaran CPNS 2023, Berikut Cara, Syarat Hingga Jadwal lengkapnya!

Formasi CPNS Lulusan SMK

1. Badan Sar Nasional (Basarnas)

Basarnas adalah lembaga pemerintah yang bertanggung jawab dalam penyelamatan dan pencarian korban kecelakaan di perairan, udara, dan darat. Mereka juga berperan dalam penanggulangan bencana alam di Indonesia.

2. Kejaksaan Agung (Kejagung)

Kejaksaan Agung adalah lembaga penegakan hukum yang bertugas untuk menyelidiki, menuntut, dan mengawasi kasus-kasus hukum di Indonesia. Mereka merupakan bagian dari sistem peradilan dan hukum negara.



3. Kementrian Pertanian

Kementerian Pertanian adalah kementerian yang bertanggung jawab atas urusan pertanian, perikanan, dan ketahanan pangan di Indonesia. Mereka mengatur kebijakan pertanian dan pengembangan sektor pertanian.

4. Badan Intelijen Negara (BIN)

BIN adalah badan intelijen nasional Indonesia yang bertugas untuk mengumpulkan, menganalisis, dan melaporkan informasi keamanan nasional serta kebijakan luar negeri kepada pemerintah. Mereka berfokus pada keamanan negara.

5. Kemenkumham

Kemenkumham adalah kementerian yang bertanggung jawab atas urusan hukum, keadilan, dan hak asasi manusia di Indonesia. Mereka juga mengatur masalah terkait imigrasi dan administrasi sipil.

6. Kementerian Pertahanan

Kementerian Pertahanan adalah kementerian yang bertanggung jawab atas urusan pertahanan dan keamanan negara. Mereka mengembangkan kebijakan pertahanan nasional dan mengawasi angkatan bersenjata.

7. Kementerian Perhubungan (Kemenhub)

Kemenhub adalah kementerian yang bertanggung jawab atas urusan transportasi dan perhubungan di Indonesia. Mereka mengatur moda transportasi seperti darat, laut, udara, dan perhubungan darat-air.



8. Kementerian Lingkungan Hidup (KLH)

KLHK adalah kementerian yang bertanggung jawab atas urusan lingkungan hidup dan kehutanan di Indonesia. Mereka mengembangkan kebijakan lingkungan dan kebijakan terkait kelestarian alam.

Baca Juga : Tes CPNS Ada Apa Aja Sih? Simak Ulasan Lengkapnya Disini!

Cara Untuk Mendaftar CPNS

1. Daftar Akun

Setelah mengetahui apakah lulusan SMK bisa ikut CPNS tentu dapat segera mendaftar. Tapi sebelumnya perlu daftar akun jika ingin melamar posisi. Berikut ini beberapa panduan untuk mendaftarkan akun sebagai CPNS:

  • Akseslah postal SSCASN yang terdapat dalam https://sscasn.bkn.go.id.
  • Buatkan akun SSCASN dan mengikuti syarat serta data yang dibutuhkan.
  • Login pada akun SSCASN yang sudah dimiliki tadi.
  • Lengkapi berbagai biodata dan swafoto.

2. Daftar Formasi

Berikut ini langkah untuk mengisi daftar formasi terbaru:

  • Memilih jenis seleksi berupa CPNS.
  • Pilihlah formasi SMK dan SMA yang Anda buka.
  • Unggahlah data ijazah dan foto berdasarkan dengan ketentuannya.
  • Cek kembali resume dan mengakhiri pendaftaran.
  • Mencetak kartu informasi dan pendaftaran akun.

Pastikan agar setiap data informasi ini sesuai dan tidak menambah kesalahan. Penting untuk pendaftar agar selalu memeriksa berulang kali sebelum mengirim. Tujuannya agar setiap informasi tersebut tepat sesuai pada keasliannya.

3. Syarat Dokumen

Berikut syarat dokumen pendaftaran CPNS yaitu :

  • Ijazah sekaligus transkrip nilai.
  • Salinan sertifikat.
  • Salinan akta lahir.
  • Salinan KTP atau Surat Keterangan.
  • CV.
  • Surat lamaran.
  • Pas foto 3×4.
  • Surat pernyataan.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.