Ratusan HRD sering online dan aktif mencari pegawai!

apakah lulusan SMK bisa ikut CPNS

Apakah Lulusan SMK Bisa Ikut CPNS beserta Cara dan Syaratnya

Pertanyaan tentang apakah lulusan SMK bisa ikut CPNS telah menjadi hal yang ingin diketahui. Apalagi semakin banyak masyarakat ingin menjadi Pegawai Negeri Sipil. Penerimaan ini tentu harus diperhatikan setiap pelamarnya.

Pastinya banyak instansi seperti Kemenkumham, Keimigrasian, Kejagung, dan lainnya butuh posisi. Hasilnya dibutuhkan lebih banyak karyawan atau posisi baru. Tidak heran jika harus segera dicoba untuk mendapatkan jabatan.

Tentunya karena diperbolehkan bagi lulusan Sekolah Menengah Kejuruan, hanya perlu mendaftar. Tentunya dengan memenuhi beberapa persyaratan yang sudah dibuat. Termasuk melakukan seleksi secara administrasi maupun kompetensi.

Apakah Lulusan SMK Bisa Ikut CPNS? Ikutilah Persyaratannya

SMK dan SMA sederajat ternyata telah dibukakan peluang mengikuti seleksi. Belum lagi dengan adanya instansi pusat maupun daerah telah tersedia. Tentu banyak informasi digunakan untuk lulusan agar segera melakukan lamaran.

Apabila ingin melakukan lamaran dan pendaftaran, tentu perlu mengikuti setiap persyaratan. Tentu berkaitan dengan akun maupun informasi yang digunakan. Begitu juga berhubungan dengan dokumen yang diperlukan pada lamaran CPNS.

1. Daftar Akun

Setelah mengetahui apakah lulusan SMK bisa ikut CPNS tentu dapat segera mendaftar. Tapi sebelumnya perlu daftar akun jika ingin melamar posisi. Berikut ini beberapa panduan untuk mendaftarkan akun sebagai CPNS:

  • Akseslah postal SSCASN yang terdapat dalam https://sscasn.bkn.go.id.
  • Buatkan akun SSCASN dan mengikuti syarat serta data yang dibutuhkan.
  • Login pada akun SSCASN yang sudah dimiliki tadi.
  • Lengkapi berbagai biodata dan swafoto.

2. Daftar Informasi

Pemahaman apakah lulusan SMK bisa ikut CPNS, telah dimiliki, giliran lanjut tahap selanjutnya. Anda disarankan untuk mencoba daftar informasi di dalamnya. Berikut ini langkah untuk mengisi daftar informasi terbaru:

  • Memilih jenis seleksi berupa CPNS.
  • Pilihlah formasi SMK dan SMA yang Anda buka.
  • Unggahlah data ijazah dan foto berdasarkan dengan ketentuannya.
  • Cek kembali resume dan mengakhiri pendaftaran.
  • Mencetak kartu informasi dan pendaftaran akun.

Pastikan agar setiap data informasi ini sesuai dan tidak menambah kesalahan. Penting untuk pendaftar agar selalu memeriksa berulang kali sebelum mengirim. Tujuannya agar setiap informasi tersebut tepat sesuai pada keasliannya.

3. Syarat Dokumen

Syarat dokumen dapat diikuti setelah memahami informasi apakah lulusan SMK bisa ikut CPNS. Sebenarnya dijadikan sebagai tahapan umum yang dilakukan semua orang. Berikut beberapa syarat dokumen pendaftaran CPNS bagi SMK:

  • Melengkapi ijazah sekaligus transkrip nilai.
  • Membuat salinan sertifikat atau ijazah.
  • Salinan akta lahir.
  • Salinan KTP atau Surat Keterangan.
  • Curriculum Vitae atau Daftar Riwayat Hidup.
  • Surat lamaran.
  • Pas foto 3×4.
  • Surat pernyataan.

Harus dipahami apabila setiap instansi kemungkinan memiliki syarat dan ketentuan berbeda. Tentunya tidak menutup kemungkinan ada syarat tambahan yang dikhususkan. Hasilnya harus sesuai pada keahlian maupun bidang Anda.

Seleksi Administrasi dan Kompetensi Dasar CPNS Dibutuhkan

Mendaftarkan diri setelah memahami apakah lulusan SMK bisa ikut CPNS wajib dilakukan. Terutama supaya bisa mengikuti tahapan yang telah ditentukan. Jika sudah melewati persyaratan sebelumnya dapat mulai mengikuti tahapan seleksi.

Pada tahapan seleksi ini tersedia dari 3 hal berbeda dilakukan. Mulai dari seleksi administrasi dan seleksi kompetensi dasar beserta seleksi kompetensi bidang. Pastinya akan dilakukan dengan baik setelah dipahami caranya.

Berhubungan dengan seleksi administrasi sendiri yakni verifikasi data dan pengumuman seleksinya. Pastinya dilakukan langsung oleh panitia. Jika tidak dinyatakan bisa menyanggah sedangkan kalau lulus memperoleh Kartu Ujian.

Sementara itu kalau seleksi kompetensi dasar sendiri yakni pelamar melakukan berbagai ujian. Pastinya kemudian akan diberikan pengumuman keberhasilan. Apabila dinyatakan lulus, kemudian dapat berlanjut pada tahapan selanjutnya.

Untuk tahapan selanjutnya ini adalah melakukan seleksi kompetensi bidang. Artinya pelamar perlu melakukan berbagai ujian berhubungan dengan bidangnya. Termasuk setelah itu juga diberikan informasi kelolosan atau kegagalan.

Pemahaman informasi apakah lulusan SMK bisa ikut CPNS dapat menjadi suatu penyemangat. Apalagi karena banyak orang bersaing menempati salah satu posisi. Hasilnya perlu mengikuti setiap seleksi sebaik mungkin sampai lolos.

Apabila telah menyelesaikan setiap tahapan, pengumuman kelulusan tinggal Anda tunggu. Tentunya panitia akan mengumumkan integrasi yang dilakukan SKD serta SKB. Jika ternyata tidak lulus, bisa menyanggah hasil integrasi tersebut.

Kemudian panitia segera mengumumkan tentang hasil sanggahan tersebut. Tapi pengumuman yang dikeluarkan pada kali ini sifatnya sudah menjadi mutlak. Dalam artian tidak dapat diganggu gugat maupun diubah oleh siapapun.

Sementara itu kalau Anda dinyatakan lulus, hanya perlu melakukan pemberkasan. Pastinya berdasarkan dengan ketentuan dan persyaratan yang ditetapkan. Sudah jelas kalau apakah lulusan SMK bisa ikut CPNS tentu jawabannya boleh.

Bagikan Artikel:

About The Author