10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

Tahapan Menjadi TKI

Simak Tahapan Menjadi TKI Lengkap dan Terbaru 2022

Tahapan Menjadi TKI merupakan bagian penting untuk Anda bisa pelajari dan dalami informasinya. Karena hal tersebut menjadi salah satu tahapan yang nantinya harus dilalui oleh para calon tenaga kerja Indonesia ketika ingin ke luar negeri.

Untuk bisa bekerja di luar negeri memang sudah seharusnya mencari informasi secara valid untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Diantaranya seperti pengumpulan berkas atau dokumen yang dibutuhkan para calon tenaga kerja.

Banyak yang perlu dipersiapkan ketika ingin bekerja ke luar negeri untuk dokumen nya sendiri. Diantaranya ada visa, surat keterangan dari dinas ketenagakerjaan domisili setempat, dan masih banyak lagi tentunya. Di bawah ini akan dibagikan beberapa step yang bisa Anda lihat.

Tahapan Menjadi TKI Secara Lengkap

Bisa dikatakan untuk tahapan ketika Anda ingin bekerja di luar negeri masih bisa dijangkau dengan sangat mudah. Jika Anda mengikuti tahapan yang diberikan di bawah ini tentunya akan memberikan kemudahan tersendiri untuk bisa memenuhi semua persyaratan.

  1. Mencari Pelaksana Penempatan TKI Swasta (PPTKIS) resmi

PPTKIS merupakan badan hukum yang telah memperoleh izin tertulis dari pemerintah untuk menyelenggarakan pelayanan penempatan di luar negeri. Carilah PPTKS yang bisa menaungi dan memberikan keamanan Anda ketika menjadi TKI.

Karena sebuah informasi PPTKIS yang resmi menjadi penting untuk dicari agar bisa mengantarkan dan menghantarkan ke tempat tujuan dengan aman. Tahapan Menjadi TKI ini menjadi pintu utama untuk bisa berlayar dan bekerja di negeri orang.

Banyak sudah kasus-kasus pembatalan keberangkatan Tenaga Kerja ke luar negeri karena penipuan agen. Hal ini tentunya sangat mengkhawatirkan bagi para calon TKI yang ingin bekerja. Dapat Anda atasi dengan mencari informasi sebanyak mungkin.

  1. Aktif mengikuti penyuluhan dari Dinas Tenaga Kerja (Disnaker)

Tahapan Menjadi TKI yang selanjutnya yakni berkaitan dengan eksternal pada Dinas Tenaga Kerja sesuai domisili setempat. Biasanya Disnaker akan memberikan fasilitas kepada para calon TKI untuk datang dan memberikan penyuluhan.

Hal ini bertujuan untuk membantu step by step serta menjawab pertanyaan yang kemungkinan belum terjawab oleh calon TKI. Ikuti penyuluhan dengan baik dari Disnaker karena ini menjadi bagian penting sebelum keberangkatan.

  1. Mendaftar TKI sesuai petunjuk yang diberikan

Setelah semua tahapan selesai dilakukan saat Anda ingin mendaftar sebagai TKI, berikutnya yaitu mendaftar. Tahapan Menjadi TKI ini akan menjadi penentu lolos atau tidaknya Anda saat mendaftar karena banyak yang perlu dipersiapkan.

Misalnya saja semua dokumen dan persyaratan harus lengkap sebagai jaminan pihak penyelenggara. Selain itu dokumen tersebut juga sebagai bukti yang sah bagi negara Indonesia dimana telah memberangkatkan sebagian penduduknya di luar negeri.

  1. Lakukan pengecekan perjanjian kerja sebelum tanda tangan

Ketika Anda ingin menandatangani semua perjanjian kerja, maka alangkah baiknya untuk bisa dicek dan dibaca terlebih dahulu. Pahami setiap kalimat yang disajikan dalam tulisan perjanjian kerja apakah sudah sesuai dengan pemahaman awal Anda.

Tahapan Menjadi TKI satu ini memang terlihat sangat sepele, namun juga perlu diperhatikan sedemikian rupa. Tidak ada yang tahu bagaimana prosedur bekerja di luar negeri jika tidak membaca perjanjian atau kesepakatan kerja sebelumnya.

  1. Pastikan Anda mendapatkan asuransi

Seorang Tenaga Kerja Indonesia atau TKI sudah semestinya mendapatkan jaminan dari negaranya. Salah satunya yaitu mengenai asuransi yang bisa menjadi pegangan calon TKI ketika sudah terjun bekerja di luar negeri.

  1. Ikuti pembekalan akhir

Tahapan Menjadi TKI yang terakhir adalah ikuti setiap pembekalan yang diberikan baik oleh Disnaker atau PPTKIS resmi. Pembekalan ini ditujukan untuk memberikan arahan secara keseluruhan aktivitas apa saja yang nantinya akan dilakukan.

Selain itu di tahap terakhir ini menjadi checking akhir sebelum keberangkatan ke luar negeri. Dilakukan pengecekan secara rinci kepada masing-masing calon Tenaga Kerja Indonesia. 

Paling penting yaitu tanyakan kepada instansi terkait E-KTKLN (Kartu Tenaga Kerja Luar Negeri). E-KTKLN merupakan identitas bagi TKI dan sekaligus bukti bahwa pihak yang bersangkutan dalam artian calon tenaga kerja sudah memenuhi semua prosedur.

E-KTKLN ini memiliki fungsi yang kuat bagi perlindungan Anda. Dimana ditetapkan khusus untuk masyarakat yang bekerja di luar negeri dan dijadikan instrumen perlindungan baik pada masa penempatan maupun pasca penempatan.

Mengikuti semua tahapan yang diberikan untuk bisa menjadi TKI menjadi hal penting harus Anda taati. Banyak Tahapan Menjadi TKI yang harus dikerjakan agar jangka waktu Anda istirahat bisa lebih lama.

Bagikan Artikel: