Tahapan Menjadi TKI

Tahapan Menjadi TKI Lengkap dan Syaratnya

Banyak yang perlu dipersiapkan ketika ingin bekerja ke luar negeri. Terdapat beberapa syarat dan tahapan apabila bekerja sebagai TKI. Berikut ini tahapan dan syarat menjadi TKI, yuk simak!!!

Syarat Menjadi TKI

Dilansir dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, berikut ini syarat menjadi TKI yaitu :

1. Surat Pengantar dari Kelurahan

Surat ini adalah surat yang menunjukkan bahwa Anda adalah penduduk setempat dan mungkin memerlukan persetujuan atau verifikasi dari pihak berwenang setempat.

2. Fotocopy dan asli KTP-el serta KK pemohon

Fotocopy ini adalah dokumen identifikasi pribadi Anda. Kartu Keluarga (KK) juga diperlukan untuk menunjukkan hubungan keluarga dan status rumah tangga Anda.

3. Fotocopy dan asli KTP-el serta KK orang tua/suami/isteri dari pemohon

Fotocopy ini diperlukan untuk verifikasi hubungan keluarga dan untuk menentukan apakah Anda memiliki tanggungan keluarga.

Baca juga: Berikut Hal yang Mesti Diketahui Sebelum Menjadi TKI



4. Fotocopy Akta Kelahiran pemohon

Dokumen ini digunakan untuk menentukan tanggal lahir Anda dan status kependudukan Anda.

5. Fotocopy Ijazah terakhir pemohon

Dokumen ini merupakan bukti pendidikan Anda sebagai syarat untuk penerimaan sebagai TKI.

6. Fotocopy lengkap surat/kutipan akta nikah atau akta cerai bagi yang sudah menikah atau cerai

Dokumen ini diperlukan jika Anda sudah menikah atau bercerai untuk menunjukkan status pernikahan Anda.

7. Fotocopy surat izin persetujuan orang tua/suami/isteri

Dokumen ini diperlukan jika Anda adalah seorang pemohon yang masih di bawah umur atau memiliki tanggungan keluarga.

8. Fotocopy surat permohonan/pendaftaran/rekomendasi menjadi CTKI melalui Pelaksana/Perusahaan/Agensi PJTKI

Dokumen ini menunjukkan bahwa Anda telah mendaftar sebagai CTKI dan telah mendapatkan persetujuan atau rekomendasi dari lembaga yang berwenang.



9. Fotocopy surat SIPPTKI (Surat izin pelaksana penempatan TKI) atau surat keterangan pengganti dalam proses perpanjangan SIPPTKI dari pihak berwenang

Dokumen ini adalah surat izin yang dikeluarkan oleh pihak berwenang yang memungkinkan Anda untuk menjadi TKI.

10. Fotocopy surat keputusan izin pendirian berbadan usaha sebaga PPTKIS (Pelaksana penempatan TKI Swasta) dari pihak berwenang

Dokumen ini diperlukan jika Anda akan ditempatkan oleh perusahaan penempatan swasta.

11. Fotocopy lengkap surat rekomendasi/terdaftar sebagai Pelaksanaan/perusahaan jasa pengerahan/penempatan CTKI ke luar negeri dari Dinas Perindustrian Dan Tenaga Kerja Kota dinas berwenang terkait dari kabupaten/kota lainnya

Dokumen ini adalah surat yang menunjukkan bahwa Anda telah memenuhi persyaratan dan direkomendasikan oleh lembaga yang berwenang untuk bekerja di luar negeri sebagai TKI.

Baca Juga : Jenis Jenis Pekerjaan TKI yang Perlu Dipelajari Para Pekerja

Tahapan Menjadi TKI

1. Perekrutan 

Tahap pertama adalah proses perekrutan, di mana calon TKI biasanya menghubungi agen atau perusahaan penempatan kerja untuk mencari pekerjaan di luar negeri.

2. Pemeriksaan psikologi dan kesehatan

Calon TKI harus menjalani pemeriksaan kesehatan fisik dan mental, serta mungkin juga tes psikologi untuk memastikan bahwa mereka fisik dan mental sehat serta siap untuk bekerja di luar negeri.

3. Perjanjian penempatan TKI

Setelah lolos pemeriksaan kesehatan dan psikologi, calon TKI dan agen atau perusahaan penempatan akan menandatangani perjanjian penempatan kerja. Perjanjian ini berisi rincian tentang pekerjaan, gaji, hak, dan kewajiban.

4.  Pengurusan paspor

Calon TKI harus mengurus paspor mereka, yang diperlukan untuk bepergian ke luar negeri.

5. Pengurusan asuransi TKI

Beberapa negara mewajibkan calon TKI memiliki asuransi yang mencakup perlindungan kesehatan dan kecelakaan saat bekerja di luar negeri.

6.  Perjanjian kerja 

Setelah mendapatkan pekerjaan, calon TKI akan menandatangani perjanjian kerja dengan majikan di luar negeri. Perjanjian ini berisi rincian tugas, gaji, jam kerja, dan kondisi kerja lainnya.

7. Pengurusan visa

Calon TKI harus mengurus visa yang sesuai dengan negara tujuan mereka. Visa ini akan memungkinkan mereka untuk tinggal dan bekerja di negara tersebut.

8. Pelaksanaan Pembekalan Akhir Pemberangkatan (PAP) 

Calon TKI biasanya mengikuti pelatihan pra-keberangkatan yang memberikan informasi tentang budaya, hukum, dan kondisi kerja di negara tujuan mereka. Ini juga dapat mencakup pelatihan keterampilan yang sesuai dengan pekerjaan yang akan mereka lakukan.

Baca juga: Berikut Rincian Gaji TKI Taiwan, Menyentuh 20 Jutaan Per Bulan?

9. Penerbitan Kartu Tenaga Kerja Luar Negeri (KTKLN) 

Di Indonesia, calon TKI akan diberikan Kartu Tenaga Kerja Luar Negeri (KTKLN) yang berisi informasi tentang status mereka sebagai TKI yang sah.

10. Calon TKI akan diberangkatkan

Setelah semua persyaratan telah terpenuhi dan visa diterbitkan, calon TKI siap untuk diberangkatkan ke negara tujuan mereka.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.