10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

jenis jenis pekerjaan TKI

Jenis Jenis Pekerjaan TKI yang Perlu Dipelajari Para Pekerja

Jenis jenis pekerjaan TKI menjadi pembahasan yang cukup menarik yang harus diketahui oleh para pekerja. Jangan sampai salah persepsi kalau tenaga kerja ini hanya disuruh menjadi pembantu saja.

Masih banyak lowongan pekerjaan yang bisa dicoba. Oleh karena itu, mulai sekarang asah ketrampilan dengan baik, terutama soal bahasa. Agar tidak hanya berbicara bahasa Indonesia saja, bisa melayu sampai inggris.

Mengasah kemampuan diri juga menjadi bekal terbaik bagi Anda agar, bisa mendapatkan gaji tinggi. Oleh karena itu, cobalah sejak sekarang melakukan persiapan memperdalam kemampuan seperti di bawah ini.

Berikut Jenis Jenis Pekerjaan TKI

Pada dasarnya negara lain dan Indonesia tidak jauh berbeda, mempunyai berbagai peluang pekerjaan dengan beberapa spesifikasi. Hanya saja, ada yang khusus untuk tenaga dalam negeri saja, dan seluruhnya.

Untuk Indonesia sendiri para tenaganya mendapatkan beberapa pekerjaan mulai dari manufaktur. Salah satunya adalah negara Korea, beberapa dari mereka mempunyai kesempatan untuk berkarir di sini. Biasanya para pekerja mengisi posisi sebagai berikut

  1. Mekanik mesin otomotif yang bertanggung jawab memperbaiki seluruh kerusakan kendaraan
  2. Elektronik
  3. Furniture 
  4. Tekstil

Jenis Pekerjaan TKI Lainnya Wajib Diketahui

Bukan hanya itu saja, masih ada jenis jenis pekerjaan TKI lainnya yang harus Anda ketahui sejak sekarang dan pelajari dengan baik. Siapa tahu, berkesempatan meniti karir sampai di luar negeri.

1. Konstruksi

Sektor konstruksi merupakan salah satu pekerjaan cukup strategis. Di negara berkembang jumlahnya sangat banyak dibutuhkan, termasuk Indonesia sendiri. Bagi Anda yang ingin mencoba pengalaman baru dapat mencobanya.

Sampai saat ini untuk tenaga konstruksi sendiri terbanyak di negara Korea Selatan. Beberapa pekerjaan yang mungkin dapat dilakukan adalah

  • Pembuatan jalan dan jembatan
  • Pembangunan fasilitas umum
  • Pembangunan kelistrikan
  • Penyewaan alat yang digunakan untuk konstruksi bangunan

Potensi kebutuhannya memang cukup tinggi, karena Korsel sendiri sedang membangun negaranya agar tidak kalah saing dengan Jepang, Korut dan China. Inilah kesempatan emas, jika memang berminat.

2. Pertanian dan Jasa

Jenis jenis pekerjaan TKI berikutnya yang dapat dipilih adalah Pertanian. Salah satu negara paling potensial adalah Jepang. Beberapa masyarakat di pedesaan cenderung malas menjadi petani, mereka memilih ke kota.

Dengan konsep pertanian yang lebih modern, Oleh karena itu beberapa tenaga asing selalu disalurkan ke sana. Bukan main, gaji yang bisa didapatkan menyentuh 20 juta, dan paling sedikit 10 juta.

Jenis jenis pekerjaan TKI ini juga ada di Korea Selatan. Mereka membutuhkan tenaga bukan hanya mengurus padi saja, melainkan sayur mayur, buah, perawatan, penanam dan masih banyak lagi.

Harus diakui bahwa, kesempatannya sangat tinggi, tidak heran bila peminatnya cukup banyak. Walau begitu, kesempatan mendapatkan pekerjaan tetap besar. Asalkan, Anda paham dan punya konsep yang bagus.

Untuk sektor jasa sendiri beberapa negara membutuhkan tenaga Anda sebagai pelayanan atau perawatan sesuatu. Bisa juga soal reparasi peralatan rumah tangga, walau kesempatan ini sangat kecil.

3. Food And Bavarage

Jenis jenis pekerjaan TKI berikutnya adalah bidang FnB atau dunia kuliner. Menjadi seorang pelayan, atau cheff dan lain sebagainya. Hanya saja, untuk mendapatkan posisi sebagai atasan harus melalui prosedur panjang.

Inilah alasan mengapa pemerintah selalu mendorong para pekerjanya untuk mengasah kompetensi dalam diri. Agar kesempatan mendapatkan pekerjaan dengan gaji tinggi dapat tercapai dengan mudah, FnB sendiri cukup banyak.

Beberapa restoran memang selalu membutuhkannya karena, peningkatan wisatawan dari berbagai belahan dunia. Oleh karena itu, kami sarankan setidaknya paham beberapa poin pentingnya dulu, baru diasah agar menjadi profesional.

Jenis jenis pekerjaan TKI ini bukan hanya ada di restoran saja, melainkan hotel juga bisa. Kesempatan yang diberikan memang cukup besar. Tetapi persaingannya juga tinggi. Maka, Anda harus mengasah kemampuan.

Terutama dalam berbahasa inggris dan bahasa negara tempat bekerja. Kalau sudah begini, ada poin plus yang dapat dijadikan bahan pertimbangan. Untuk gajinya sendiri memang sangat besar walau tuntutannya juga tinggi.

Adaptasinya sedikit lebih sulit karena, Food and Bavarage sendiri khususnya bagian dapur dikenal sangat keras. Mental juga jadi satu ilmu penting yang perlu dipelajari agar siap dalam menghadapi segala hal.

Dengan beginii, Anda bisa belajar dan memahami bahwa Tenaga Kerja Indonesia bukan hanya asisten rumah tangga saja. Melainkan masih ada banyak, jenis jenis pekerjaan TKI yang dapat dipilih dan dipelajari

Bagikan Artikel: