10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

hal yang mesti diketahui sebelum menjadi TKI

Berikut Hal yang Mesti Diketahui Sebelum Menjadi TKI

Banyak hal yang mesti diketahui sebelum menjadi TKI. Keberadaan hal ini sangat penting bagi Anda yang berniat menggeluti profesi ini. Itu karena, persiapan harus dilakukan secara matang agar pekerjaan bisa dilalui dengan lancar.

Menjadi TKI sendiri memang tidak mirip dengan kebanyakan pekerjaan lain. Di sini Anda harus siap untuk berangkat ke luar negeri. Tentu beban kerja yang didapat juga pasti berbeda. Nantinya Anda harus beradaptasi dengan kultur baru yang ada di sana.

Selain itu, Anda tidak bisa asal keluar seperti ketika berada di Indonesia. Kalaupun ingin keluar, Anda pasti kesulitan untuk melakukannya. Itu karena, perjalanan harus dilakukan menggunakan pesawat dan biaya untuk membelinya juga tidak murah.

Berbicara tentang hal yang mesti diketahui sebelum menjadi TKI sendiri sebenarnya tidak sulit. Itu karena, ada banyak tempat di luar sana yang bisa Anda gunakan untuk membahasnya. Supaya lebih lengkap, berikut pembahasan lengkapnya.

Hal yang Mesti Diketahui Sebelum Menjadi TKI

Jika Anda masih bingung mengenai hal yang mesti diketahui tersebut, ini adalah tempat yang tepat. Kali ini akan diberikan beberapa hal yang perannya paling penting. Berikut beberapa hal tersebut.

  1. Persetujuan Keluarga

Persetujuan keluarga juga termasuk ke dalam hal yang mesti diketahui sebelum menjadi TKI. Saat membuat persetujuan keluarga, pasangan adalah orang pertama yang perlu diperhatikan. Tetapi jika Anda belum berkeluarga, dapatkan dulu izin orang tua.

Perlu diketahui, persetujuan keluarga ini merupakan hal yang mutlak bagi seorang TKI. Ini bukan berbicara tentang berkas yang harus dipenuhi sebelum menjadi TKI. Tetapi persetujuan keluarga ini berbicara tentang ketenangan saat sudah di luar negeri.

Nantinya sangat mungkin Anda tidak merasa nyaman saat pertama kali berada di luar negeri. Dengan adanya persetujuan keluarga, Anda pasti mendapat dukungan penuh. Ini akan membantu Anda ketika nantinya melalui proses adaptasi.

  1. Skill 

Jika izin keluarga sudah didapat, poin berikutnya dalam hal yang mesti diketahui sebelum menjadi TKI adalah skill. Perlu diketahui, menjadi TKI tidak membuat Anda langsung mendapat pekerjaan begitu saja.

Kompetensi tetap dibutuhkan supaya bisa mendapat pekerjaan saat sampai ke luar negeri. Tanpa adanya kompetensi, kesulitan pasti akan terasa. Sebenarnya Anda juga bisa menyesuaikan skill ini dengan program yang dijalankan penyalur.

Misal penyalur yang mengirim Anda memiliki program yang berhubungan dengan jahit. Jika kondisinya seperti ini, jauh lebih tepat jika Anda memiliki dasar jahit terlebih dahulu. Memang dasar jahit ini pasti nantinya akan diajarkan.

Tetapi ingat, ada perbedaan antara mereka yang sudah mempersiapkan dari awal dan mereka yang tidak. Persiapan dari awal akan membuat Anda lebih cepat dalam menguasainya.

  1. Biaya

Biaya juga menjadi hal yang mesti diketahui sebelum menjadi TKI. Ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh TKI perihal biaya. Biasanya beberapa TKI hanya menyiapkan uang untuk mengurusi berkas dan tiket pesawat.

Jika kebutuhan tersebut sudah terpenuhi, kebanyakan TKI menganggap kalau tidak ada lagi biaya yang harus dikeluarkan. Perlu diingat, pemahaman tersebut adalah kesalahan besar. Itu karena, Anda sebenarnya perlu memikirkan juga pengeluaran di bulan pertama.

Perlu diingat kalau gaji baru akan didapat setelah melewati bulan pertama. Oleh karena itu, Anda akan kesulitan melewati bulan pertama jika tidak memegang uang sama sekali. 

Kalaupun Anda merasa tidak akan memiliki pengeluaran, ada baiknya tetap membawa uang tambahan untuk pegangan.

  1. Dokumen

Dokumen juga menjadi bagian dari hal yang mesti diketahui sebelum menjadi TKI. Perlu diketahui, Anda tidak bisa pergi ke luar negeri apabila berkasnya ada yang terlewat. Oleh karena itu, pastikan persiapan berkas ini dilalui sejak dari awal.

Sering ada kondisi di mana berkas tersebut membutuhkan waktu lama dalam prosesnya. Jika persiapan dilakukan secara mendadak, kondisi semacam ini pasti sulit diatasi.

  1. Mental

Mental menjadi poin terakhir yang tidak kalah penting. Perlu diketahui, persiapan mental ini menjadi modal yang sangat berharga ketika nantinya mengalami kendala bahasa dan budaya.

Jika mental yang dimiliki tidak kuat, sangat mungkin perbedaan bahasa dan budaya tersebut menyebabkan stress. Nantinya ini pasti akan mengganggu ketika Anda sedang menyelesaikan pekerjaan.

Pastikan untuk tidak asal ketika akan menjadi TKI. Siapkan segalanya dengan sebaik mungkin dan pahami hal yang mesti diketahui sebelum menjadi TKI di atas.

Bagikan Artikel: