10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

perbedaan CV dengan surat lamaran kerja

Perbedaan CV dengan Surat Lamaran Kerja yang Harus Diketahui

Perbedaan CV dengan surat lamaran kerja dapat dilihat dari pengertian, struktur, serta karakteristiknya. Perlu diketahui bersama, bahwa dua dokumen ini sangat penting untuk diperhatikan, baik cara membuatnya serta informasi apa yang harus ada di dalamnya.

Dari pengertiannya, CV merupakan Curriculum Vitae yang berisi mengenai daftar riwayat hidup. Antara lain latar belakang pendidikan, pengalaman, kompetensi, nama, alamat, serta kontak yang bisa dihubungi seperti nomor handphone dan email. 

Berbeda dengan surat lamaran kerja yang biasa disebut sebagai cover letter, pengantar saat ingin mengajukan lamaran di sebuah perusahaan. Dokumen tersebut umumnya berisi beberapa paragraph saja. Perbedaan CV dengan surat lamaran kerja juga bisa dilihat dari strukturnya.

Fungsi dari Curriculum Vitae dan Surat Lamaran Kerja

Pada struktur surat lamaran kerja terdiri dari alamat penerima, perkenalan diri, penjelasan mengenai keahlian sesuai posisi yang sedang dilamar. Selain itu juga ada penjelasan mengenai pengalaman yang relevan dengan posisi yang diinginkan, lampiran dokumen, dan penutup. 

Struktur CV terdiri dari data diri, riwayat pendidikan, kemampuan, pengalaman organisasi, pengalaman kerja mencakup nama perusahaan sebelumnya dan deskripsi mengenai pekerjaannya. Perbedaan CV dengan surat lamaran kerja ini harus benar-benar diperhatikan.

Dari karakteristiknya, dua dokumen tersebut juga memiliki beberapa perbedaan. Pertama pada Curriculum Vitae umumnya berisi 1-2 halaman, dapat didesain dengan menarik, serta terdapat foto calon pelamar kerja. 

Perbedaan CV dengan surat lamaran kerja juga bisa dilihat dari karakteristik surat lamaran kerja yang umumnya hanya 1 halaman yang berisi pembuka, isi serta penutup. Biasannya juga hanya teks saja, tidak terdapat foto, digunakan sebagai pengantar CV untuk melamar.

Selain itu, dua dokumen tersebut juga mempunyai fungsinya masing-masing, namun fungsi keduanya secara umum dapat diartikan secara sama, jadi Anda bisa melihat secara umumnya saja. 

Fungsi dari dua dokumen tersebut, pertama untuk mengenal diri Anda lebih baik mengenai Curriculum Vitae, pekerjaan, dan pengalaman dalam surat lamaran kerja. Hal ini akan dijadikan pertimbangan bagi para perusahaan, apakah Anda sesuai kriteria yang dicari atau tidak. 

Perbedaan CV dengan surat lamaran kerja harus benar-benar dipahami, karena melalui dua dokumen tersebut, perusahaan akan mengetahui sifat dan kepribadian Anda. Jadi harus jelas dan hati-hati dalam penulisannya. 

Sebelum melakukan penulisan, Anda harus mencari tahu terlebih dahulu mengenai pekerjaan yang akan dilamar. Salah satu fungsi dokumen tersebut adalah untuk memuat berbagai informasi mengenai kemampuan yang relevan dengan pekerjaan yang akan dilamar. 

Lanjut dengan mengetahui motivasi pelamar kerja. Jadi selain sifat, para HRD juga akan melihat motivasi kerja dari berbagai dokumen yang dibutuhkan tersebut. Penulisan serta kaidah kebahasaan harus diperhatikan, karena fungsi penulisan adalah memberikan informasi.

Baca juga: Perbedaan CV dengan Daftar Riwayat Hidup untuk Lamaran

Perbedaan CV dengan Surat Lamaran Kerja dan yang Dibutuhkan

Tentu saja, dalam melamar pekerjaan keduanya jelas berbeda. Mulai dari tampilan dan isi yang ditulis di dalamnya. Untuk itu, Anda perlu mengetahui apa saja perbedaannya sehingga melamar pekerjaan akan berhasil.

Untuk membuat surat lamaran pekerjaan, terdapat beberapa hal yang dibutuhkan dan wajib untuk menjadi perhatian. Seperti isi suratnya, modelnya, design, penulisan, hingga beberapa ketentuan yang sudah diatur oleh perusahaan, seperti besaran hurufnya. 

Pada perbedaan CV dengan surat lamaran kerja dibutuhkan tempat dan tanggal penulisan surat, tujuan pengiriman, salam pembuka, kata pengantar, biodata pribadi yang memuat nama, alamat, nomor handphone, hingga email. Lalu diisi dengan pengalaman kerja.

Umumnya membutuhkan lampiran sebagai penambah, seperti pasfoto terbaru, fotokopi KTP, daftar riwayat hidup, fotokopi ijazah terakhir, fotokopi berbagai sertifikat kompetensi. Kemudian apabila Anda mengikuti sebuah kursus atau pelatihan untuk meningkatkan skill

Jangan lupa untuk tanda tangan beserta nama lengkapnya. Sedangkan pada CV sendiri, Anda bisa menggunakan berbagai template menarik yang sudah disediakan oleh berbagai aplikasi dan website agar lebih mempermudah proses pembuatan. 

Namun, jika memiliki keahlian dalam mendesain, bisa juga mendesainnya sendiri, melalui Microsoft Word. Hal yang dibutuhkan untuk membuat CV adalah isinya harus jelas dan tidak berbelit-belit sehingga mudah untuk dipahami. Umumnya, informasi yang ada di dalam Curriculum Vitae adalah nama, deskripsi diri, skill, pengalaman, serta latar belakang pendidikan dan informasi kontak. Perbedaan CV dengan surat lamaran kerja dapat dengan mudah dilihat dari struktur dan karakteristiknya.

Bagikan Artikel: