perbedaan CV dengan surat lamaran kerja

5 Perbedaan CV dan Surat Lamaran Kerja yang Harus Diketahui

CV dan surat lamaran kerja merupakan dua dokumen yang sering digunakan saat mencari pekerjaan dan keduanya memiliki peran yang berbeda dalam proses perekrutan. Sehingga, penting untuk mengetahui perbedaan keduanya. Berikut ini perbedaan CV dan surat lamaran kerja, yuk simak!!!

Pengertian CV

Menurut Indeed, CV adalah singkatan dari curriculum vitae yaitu dokumen ringkasan terkait pengalaman profesional dan akademis seseorang.

Tujuan utama dari CV adalah untuk memberikan gambaran lengkap tentang latar belakang dan kualifikasi seseorang.

Pengertian Surat Lamaran Kerja

Menurut Indeed, surat lamaran kerja adalah dokumen yang menyertai CV dan berkas persyaratan lainnya saat melamar pekerjaan. Surat ini memperluas informasi yang terdapat dalam CV dan berkas persyaratan lainnya.

Tujuan utama dari surat lamaran kerja adalah untuk mengajukan permohonan pekerjaan tertentu di suatu perusahaan.

Baca juga: Perbedaan CV dengan Daftar Riwayat Hidup untuk Lamaran

Perbedaan CV dan Surat Lamaran Kerja

1. Tujuan

Tujuan utama CV adalah untuk memberikan gambaran menyeluruh tentang latar belakang, pendidikan, pengalaman kerja, keterampilan, dan prestasi seseorang. CV digunakan untuk menunjukkan riwayat karier dan kualifikasi pelamar kepada pemberi kerja potensial.

Sedangkan, tujuan utama surat lamaran kerja adalah untuk menjelaskan niat pelamar untuk melamar pekerjaan tertentu di suatu perusahaan atau organisasi. Surat ini juga digunakan untuk menjelaskan mengapa pelamar adalah kandidat yang cocok untuk pekerjaan tersebut dan untuk mengundang wawancara.



2. Isi

CV berisi informasi tentang data pribadi, pendidikan, pengalaman kerja, keterampilan, sertifikat, prestasi, dan riwayat kehidupan akademik atau profesional pelamar. Ini mencakup fakta-fakta dan detail yang rinci.

Sedangkan, surat lamaran kerja berisi informasi tentang niat melamar pekerjaan, alasan pelamar tertarik pada pekerjaan tersebut, bagaimana kualifikasi dan pengalaman pelamar relevan dengan posisi, dan ajakan untuk wawancara.

3. Gaya Bahasa

CV biasanya ditulis dalam gaya bahasa yang lebih formal, objektif, dan informatif. Ini lebih fokus pada fakta dan detail daripada ekspresi pribadi.

Sedangkan, surat lamaran kerja lebih fleksibel dalam gaya bahasa. Meskipun masih formal, surat ini mencakup elemen subjektif yang menjelaskan minat dan motivasi pelamar untuk pekerjaan tersebut.

4. Tampilan

Tampilan CV umumnya terstruktur dengan baik dalam format tabel atau daftar. Informasi diatur dengan jelas, dengan penekanan pada kronologi dan rincian yang teratur.

Sedangkan, surat lamaran kerja memiliki format yang berbeda dengan CV. Biasanya dimulai dengan alamat dan tanggal, diikuti oleh salam pembuka, paragraf inti, dan penutup dengan tanda tangan. Tampilan surat ini lebih mirip dengan surat formal pada umumnya.

5. Manfaat

CV membantu perusahaan untuk dapat dengan cepat mengevaluasi apakah pelamar memiliki kualifikasi yang diperlukan untuk pekerjaan tertentu. Informasi yang tersusun dengan baik memungkinkan pemberi kerja untuk mencari kualifikasi yang relevan.

Sedangkan, surat lamaran kerja memungkinkan pelamar untuk menjelaskan niat mereka untuk melamar pekerjaan tertentu dan mengapa mereka tertarik pada perusahaan atau organisasi tersebut. Ini memungkinkan pelamar untuk mengekspresikan motivasi dan minat pribadi mereka.

Baca juga: Cara Membuat CV di HP dengan Lengkap


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!