10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

perbedaan CV dengan daftar riwayat hidup

Perbedaan CV dengan Daftar Riwayat Hidup untuk Lamaran

Untuk melamar sebuah pekerjaan, Anda harus mengetahui perbedaan CV dengan daftar riwayat hidup. Karena hal ini sangat penting untuk menjadi perhatian bagi para calon karyawan yang akan melamar kerja di sebuah perusahaan.

Melamar pekerjaan adalah suatu kegiatan yang hampir dilakukan oleh semua orang. Pada saat melamar pekerjaan, sebuah perusahaan pasti membutuhkan dokumen pendukung seperti Curriculum Vitae dan daftar riwayat hidup untuk menjadi bahan pertimbangan.

Terdapat beberapa perbedaannya harus benar-benar dipahami. Curriculum Vitae atau CV merupakan dokumen berisi mengenai daftar riwayat hidup, sedangkan pada daftar riwayat hidup berisi mengenai riwayat pendidikan dan profesional.

Baca juga: Cara Mengisi Tentang Saya di CV agar HRD Terkesan

Perbedaan CV dengan Daftar Riwayat Hidup Melalui Pembuatannya

Pada Curriculum Vitae biasanya diisi dengan rinci mengenai pengalaman kerja, deskripsi pada pekerjaan, latar belakang pendidikan, serta prestasi dan pencapaian pada akademis. Berbeda dengan daftar riwayat hidup yang berisi riwayat dari seorang pelamar. 

Dari tujuannya sendiri, perbedaan CV dengan daftar riwayat hidup ada pada kronologis ditulis secara lengkap dan berbagai deskripsi pada poin-poin tertentu. Hal ini dilakukan karena Curriculum Vitae dirancang untuk menjelaskan mengenai perjalanan karir seseorang. 

Terdapat beberapa hal perlu dipertimbangkan dalam membuat Curriculum Vitae, maka dari itu kami akan memberikan informasi mengenai berbagai tips yang akan membantu Anda dalam membuat CV. Perhatikan dan pahami beberapa tips agar CV menjadi sempurna.

Bukan hanya membahas mengenai perbedaan CV dengan daftar riwayat hidup, tips ini juga akan membuat Curriculum Vitae Anda menjadi lebih baik. Pertama, hindari kalimat panjang agar HRD tidak lelah membacanya, perhatikan juga penulisannya, jangan sampai ada typo. 

Setiap informasi tertera harus merupakan informasi mudah untuk dipahami, maksimum pembuatan Curriculum Vitae adalah dua halaman. Usahakan jangan lebih dari dua halaman, karena dapat membuat HRD melakukan pertimbangan.

Siapkan Curriculum vitae dari jauh-jauh hari, agar jika ada informasi terbaru lebih mudah untuk dimasukkan. Jika tidak ingin repot, Anda bisa menggunakan berbagai template yang disediakan oleh berbagai aplikasi dengan mengetahui perbedaan CV dengan daftar riwayat hidup.

Perlu diketahui, selain menulis, Anda juga harus memahami informasi diisi di dalamnya, jadi ketika diberikan pertanyaan sudah tahu akan menjawabnya seperti apa. Hal tersebut bertujuan agar proses interview bisa lebih meyakinkan. 

Maka dari itu, perlunya pemahaman mengenai perbedaan CV dengan daftar riwayat hidup. Buatlah Curriculum Vitae dalam bentuk unik, jangan lupa untuk menaruh informasi penting seperti data diri, informasi mengenai kontak yang bisa dihubungi, kemampuan dimiliki.

Hal Utama yang Wajib Ada pada Daftar Riwayat Hidup

Untuk itu, sebenarnya beberapa tips di atas bisa menjadi perhatian untuk Anda agar bisa menghasilkan Curriculum Vitae sesuai dengan kemauan perusahaan. Perlu menjadi catatan, biasanya terdapat beberapa persyaratan penting dari perusahaan yang harus dipertimbangkan.

Perbedaan CV dengan daftar riwayat hidup juga bisa dilihat melalui hal-hal yang sudah wajib ada di bagian daftar riwayat hidup tapi tidak wajib ada di CV. Perhatikan beberapa hal tersebut agar Anda tidak keliru saat membuatnya. 

Hal pertama yang harus ada di daftar riwayat hidup adalah data diri mencakup nama, usia, jenis kelamin, status, pendidikan akhir, serta profesi. Hal ini tidak dituliskan di Curriculum Vitae, biasanya di CV, Anda hanya perlu menaruh nama tanpa informasi spesifiknya. 

Selanjutnya pengalaman kerja beserta deskripsinya. Lakukan hal tersebut secara lebih spesifik, agar para HRD tahu pekerjaan seperti apa yang Anda lakukan. Lanjut dengan keterangan lainnya yang biasa diisi oleh pendidikan nonformal, berbagai seminar, dan juga organisasi.

Jangan lupa untuk memberikan keterangan tempat dan waktu surat serta tanda tangan di bagian bawah sebelah kanan untuk menyetujui data tersebut. Untuk menjadikan daftar riwayat hidup lebih sempurna perhatikan juga penulisannya. 

Anda juga bisa menambahkan skill yang dimiliki agar terlihat lebih menarik. Gunakan kalimat efektif yang di mana padat namun mudah dimengerti, tulis dengan hati-hati agar bisa rapi saat dibaca. Informasi yang tertulis harus bisa dipertanggungjawabkan. Anda dapat mencari contoh Curriculum Vitae dan daftar riwayat hidup di mesin pencariaan google agar lebih mudah dalam proses pemahamannya. Perbedaan CV dengan daftar riwayat hidup di atas perlu menjadi perhatian agar menjadi pertimbangan bagi perusahaan

Bagikan Artikel: