10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

Perbedaan CV ATS dengan CV Kreatif

Apa Perbedaan CV ATS dengan CV Kreatif ?

Perbedaan CV ATS dengan CV kreatif terkadang sulit dibedakan oleh kebanyakan orang. CV memang menjadi sebuah bagian yang penting untuk melamar sebuah pekerjaan. Anda harus menuliskan dengan sebaik-baiknya agar bisa dipertimbangkan oleh pemberi lowongan kerja.

Ketika menuliskan Daftar Riwayat Hidup, pastinya Anda harus memberikan afirmasi positif dan tulisan yang terbaik. Meskipun demikian, semua yang disampaikan harus benar-benar jujur sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.

Perbedaan CV ATS dengan CV Kreatif

Pernahkah Anda Mendengar tentang kedua jenis CV alias Curriculum Vitae di atas? Hal tersebut mungkin masih jarang didengar. Untuk Anda ketahui, kedua jenis CV tersebut tentu saja berbeda. Apa saja yang membedakan CV ATS dengan CV Kreatif.

CV ATS atau yang lebih dikenal dengan nama Applicant Tracking System sudah menjadi hal umum yang dibuat ketika Anda melamar pekerjaan melalui situs daring. Di era sekarang, melamar pekerjaan lewat daring rasanya sudah menjadi hal umum.

Perbedaan CV ATS dengan CV Kreatif salah satunya adalah jenis pekerjaan yang akan dilamar lewat daring atau langsung. Software ini tentunya memiliki fungsi dalam hal menyaring lamaran pekerjaan.

Dengan demikian, pekerjaan yang nantinya didapatkan akan sesuai dengan minat Anda. Software ini bukan memiliki basis manusia. Dengan begitu, jika Anda ingin lulus harus saklek dengan ketentuan yang ditentukan oleh CV tersebut.

Secara lebih lengkapnya, berikut perbedaan yang bisa Anda Lihat dari kedua CV tersebut.

Baca juga: 8 Cara Membuat CV ATS Friendly dengan Mudah

1. Pemilihan Keyword

Perbedaan CV ATS dengan CV Kreatif yang pertama terletak dalam hal pemilihan keyword. Pada berbagai macam jenis CV yang namanya relevansi adalah tetap nomor satu. 

Oleh karena itu, ketika Anda akan membuat sebuah CV yang kreatif atau CV Kreatif, tentu saja harus disesuaikan dengan apa yang sebenarnya dicari oleh perusahaan tersebut terhadap kualifikasi yang Anda Miliki.

Meskipun demikian, pada CV ATS sendiri pemilihan keyword nampaknya memang jauh lebih penting. Oleh karena itu, Anda harus memilih keyword yang benar-benar tepat untuk nantinya dimasukkan ke dalam CV ATS.

Hal tersebut dikarenakan Sistem ATS nantinya akan menyaring kandidat sesuai dengan keywords serta kualifikasi dari perusahaan. Ketika Anda Berhasil menggunakan keyword yang sesuai, maka rating CV ATS akan menjadi semakin tinggi.

Dengan begitu, peluang untuk bisa masuk ke dalam perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan menjadi jauh lebih tinggi.

2. Desain

Perbedaan CV ATS dengan CV kreatif selanjutnya terletak pada desain. Anda bisa melakukan searching di Internet tentang gambar dari CV ATS dan CV Kreatif. Dengan melihat desainnya sekilas, langsung jelas perbedaannya.

Jadi, system dalam ATS memang tidak dapat untuk memindai jenis font dengan bentuk yang terlalu beragam. Font yang memang dapat terbaca dalam system ATS tersebut antara lain adalah Helvetica, Arial, maupun Times New Roman.

Sedangkan ketika Anda Melihat CV Kreatif, akan langsung terlihat bahwa penulisan bisa digunakan menggunakan berbagai jenis huruf. Pemilihan font yang jauh lebih beragam membuat tulisannya menjadi semakin menarik saja.

Pemilihan desain serta warna juga akan berbeda. Perbedaan CV ATS dengan CV kreatif memang bisa dilihat dari desainnya yang sangat jauh. CV ATS hanya membutuhkan desain yang minimalis saja. 

3. Fungsinya

Perbedaan Terakhir dari kedua CV tersebut adalah fungsinya. Untuk CV ATS sendiri memang dipergunakan untuk melamar perusahaan-perusahaan besar seperti BUMN, E-Commerce, dan masih banyak lagi.

Posisi yang dilamar juga posisi yang menjanjikan seperti Admin, HRD, Business Development, dan masih banyak lainnya. Ini menjadi CV yang bisa digunakan langsung oleh Anda untuk melamar di website atau portal JOB.

CV tersebut nantinya akan langsung terubung dengan HRD yang dituju. Tampilannya memang polos dan mengandalkan keyword saja. Jadi, Anda Harus benar-benar memahami ketika membuatnya.

Sedangkan untuk CV Kreatif biasa digunakan untuk melamar pekerjaan secara offline atau dikirim secara manual. CV Ini bisa ditulis tangan maupun diketik sesuai dengan permintaan dari pemberi lowongan pekerjaan. Jadi, memang keduanya sangat berbeda bukan?

Menuliskan CV baik ATS atau kreatif harus dipertimbangkan secara matang. Anda Harus menuliskan dengan sebaik-baiknya baik ketika akan menulis CV ATS atau Kreatif. Dengan mengetahui perbedaan CV ATS dengan CV Kreatif bisa menjadi referensi bagi Anda.

Bagikan Artikel: