Cara membuat CV ATS friendly

Cara Membuat CV ATS Friendly dengan Mudah

Membuat CV ATS friendly dapat membantu proses screening lebih mudah. Sehingga Anda sangat disarankan untuk membuat CV ATS friendly. Berikut ini cara membuat CV ATS friendly dengan mudah, yuk simak!!!

Apa Itu CV ATS Friendly?

Dilansir dari Universitas Multimedia Nusantara, CV ATS friendly merupakan cv yang dapat lolos screening melalui sistem ATS (Applicant Tracking Systems).ATS adalah sistem perangkat lunak yang digunakan oleh perusahaan untuk mengotomatisasi dan menyederhanakan proses peninjauan awal lamaran kerja.

Baca Juga : Contoh CV ATS Friendly Bisa Cepat Dipanggil Kerja

Alasan Mengapa CV Harus ATS Friendly

1. Otomatisasi Seleksi Awal

Banyak perusahaan menggunakan ATS untuk mengotomatisasi proses seleksi awal dari puluhan atau ratusan lamaran kerja yang diterima. CV yang tidak ATS Friendly dapat disaring secara otomatis oleh sistem, sehingga Anda mungkin kehilangan kesempatan untuk diperhatikan oleh manusia yang melakukan peninjauan selanjutnya.

2. Efisiensi dan Produktivitas

 ATS membantu perusahaan menghemat waktu dan sumber daya dengan mengidentifikasi kandidat yang paling sesuai dengan kriteria tertentu secara cepat. Dengan menggunakan CV yang ATS Friendly, Anda memungkinkan perusahaan untuk melihat lamaran Anda dengan lebih efisien.



3. Kesesuaian dengan Kriteria Pekerjaan

 ATS Friendly CV memungkinkan Anda untuk mencocokkan kata kunci yang relevan dengan kriteria pekerjaan yang diberikan oleh perusahaan. Ini meningkatkan peluang Anda untuk dipertimbangkan sebagai kandidat yang sesuai dengan posisi yang dilamar.

4. Penyederhanaan Proses Rekrutmen

ATS dapat membantu perusahaan dalam mengelola lamaran secara terorganisir, membuat catatan, dan melacak perkembangan pelamar. CV yang ATS Friendly membantu sistem ini beroperasi lebih efisien.

5. Menghindari Kesalahan Interpretasi

ATS menggunakan algoritma untuk pencocokan kata kunci dengan kriteria yang ditentukan. CV yang dirancang dengan baik dan ATS Friendly dapat mengurangi risiko kesalahan interpretasi yang mungkin terjadi jika informasi tidak terstruktur dengan baik.

6. Kesempatan yang Lebih Baik

Dengan CV yang ATS Friendly, Anda meningkatkan peluang Anda untuk lolos seleksi awal dan mencapai tahap selanjutnya dalam proses rekrutmen. Ini memberi Anda lebih banyak waktu dan kesempatan untuk menunjukkan kemampuan Anda kepada pewawancara.

7. Standarisasi

Banyak perusahaan besar dan organisasi pemerintah menggunakan ATS dalam proses rekrutmen mereka. Oleh karena itu, memiliki CV yang ATS Friendly juga mengikuti standar industri dan praktik terbaik dalam mencari pekerjaan

Baca Juga: Contoh CV ATS Friendly Bisa Cepat Dipanggil Kerja



Cara Membuat CV ATS Friendly

1. Pahami Posisi yang Dilamar

Cara membuat CV ATS friendly yang pertama, Anda perlu melakukan riset terlebih dahulu terkait pekerjaan yang akan dilamar. Pastikan juga jika posisi tersebut, sesuai dengan skill dimiliki serta mampu dikerjakan dengan baik

Menggunakan sistem ATS lebih disarankan untuk memakai bahasa Inggris. Termasuk ketika Anda melamar di perusahaan Indonesia sekalipun.

2. Gunakan Template Ramah ATS

Supaya lebih mudah melalui proses screening, gunakan template CV applicant tracking systems friendly. Karena tidak semua dokumen dapat terdeteksi oleh sistem ini.

Menggunakan template dapat mengurangi kesalahan formatting, serta memastikan CV bisa lulus seleksi. Template ini juga sudah disesuaikan dengan sistem. Untuk mendapatkannya cari di internet dan unduh dokumennya.

3. Lamar Satu Posisi

Cara membuat CV ATS friendly selanjutnya, lamar satu posisi. Meskipun dokumen sudah lulus dan memasuki standar tetap akan dibaca langsung oleh HRD. Kesalahan fatal seringkali dilakukan oleh pelamar pemula, melamar seluruh lowongan pekerjaan di perusahaan.

Hal ini justru menjadi red flag bagi HRD, karena tidak dapat mengetahui apa yang diinginkan oleh pelamar kerja. Dengan begitu HRD juga tidak bisa mengetahui skill spesifik yang dimiliki.

4. Isi Informasi Relevan

Isilah informasi dalam curriculum vitae sesuai dengan kriteria yang diinginkan oeh rekruter. Apabila tidak diisi dengan baik, mesin Applicant Tracking System akan menganggap kualifikasi dimiliki tidak sesuai dengan kriteria.

Pastikan juga tidak ada kesalahan ketika mengetik atau typo. Perlu diketahui, beberapa curriculum vitae tidak lolos hanya karena kesalahan penulisan kata yang dibuat. 

5. Buat Poin-poin

Cara membuat CV ATS friendly berikutnya, buatlah poin-poin atau judul agar lebih mudah dibaca. Misalnya gunakan judul untuk bagian profil atau data diri, riwayat pendidikan, skill, pengalaman kerja, dan lainnya. Hindari penggunaan tabel, header, footer, terlalu banyak grafik atau gambar, dan hindari penjelasan bertele-tele.

6. Gunkan Kata Kunci

Sistem Applicant Tracking System akan membaca dokumen, sebagaimana HRD yang membacanya. Sistem ini akan melakukan penyaringan dan mencari sesuai dengan kata kunci, berkaitan dengan lowongan pekerjaan tersebut. Misalnya saja, untuk pekerjaan digital marketing mesin akan mencari sesuai dengan kata kunci. Saat CV memiliki kata kunci relevan dengan lowongan kerja, curriculum vitae Anda akan mendapatkan skor tinggi.

Oleh sebab itu, cara membuat CV ATS friendly pastikan memasukan kata kunci ke dalam riwayat hidup. Supaya mesin dapat mengetahui kriteria yang diinginkan oleh HRD serta CV bisa lolos proses screening dengan baik.  Tips paling penting, sebelum melamar pekerjaan baca kembali kualifikasi lowongan kerja. Kemudian masukan ke dalam CV sebagai bentuk kata kunci yang mudah deteksi mesin.

7. Gunakan Font ATS Friendly

Selain memerhatikan format cara membuat CV ATS friendly, Anda juga perlu menggunakan font yang bisa dibaca oleh mesin ini. Cobalah gunakan font; calibri, cambia, Helvetica, Lato, Georgia, Verdana dan Arial.

8. Simpan dengan Format Tepat

Cara mudah membuat CV ATS friendly tahap terakhir, Anda harus menyimpan dalam format yang tepat. Gunakan Docx atau Pdf agar mudah dibaca secara jelas. Hindari menggunakan format jpeg, jpg, dan png, karena sistem tidak bisa membaca data dalam bentuk foto. 


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.