10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

Cara membuat CV ATS friendly

8 Cara Membuat CV ATS Friendly dengan Mudah

Cara membuat CV ATS friendly, dapat membantu proses screening lebih mudah. Dengan memanfaatkan format dari CV ATS ini Anda bisa mendapatkan panggilan kerja dengan cepat.

Hal ini terjadi, karena sistem ATS merupakan mesin yang mampu menganalisis dan membaca CV selayaknya HRD perusahaan. Tapi hanya curriculum vitae tertentu, dapat lolos dan memenuhi kriteria yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Untuk itu, Anda perlu mengetahui bagaimana cara mudah membuat CV ATS friendly baik dan benar. Agar bisa lebih mudah dibaca oleh sistemnya.

Baca juga: Contoh CV ATS Friendly Bisa Cepat Dipanggil Kerja

Cara Membuat CV ATS Friendly

Sebelum melamar pekerjaan, pastikan Anda sudah mengetahui cara membuat curriculum vitae ATS terlebih dahulu. Dengan begitu HRD dan mesin bisa membaca riwayat hidup dengan baik dan singkat. Berikut ini cara membuatnya.

1. Pahami Posisi yang Dilamar

Cara membuat CV ATS friendly yang pertama, Anda perlu melakukan riset terlebih dahulu terkait pekerjaan yang akan dilamar. Pastikan juga jika posisi tersebut, sesuai dengan skill dimiliki serta mampu dikerjakan dengan baik

Menggunakan sistem Applicant Tracking System, lebih disarankan untuk memakai bahasa Inggris. Termasuk ketika Anda melamar di perusahaan Indonesia sekalipun.

2. Gunakan Template Ramah ATS

Supaya lebih mudah melalui proses screening, gunakan template curriculum vitae applicant tracking systems friendly. Karena tidak semua dokumen dapat terdeteksi oleh sistem ini.

Menggunakan template dapat mengurangi kesalahan formatting, serta memastikan CV bisa lulus seleksi. Template ini juga sudah disesuaikan dengan sistem. Untuk mendapatkannya cari di internet dan unduh dokumennya.

3. Lamar Satu Posisi

Cara membuat CV ATS friendly selanjutnya, lamar satu posisi. Meskipun dokumen sudah lulus dan memasuki standar tetap akan dibaca langsung oleh HRD. Kesalahan fatal seringkali dilakukan oleh pelamar pemula, melamar seluruh lowongan pekerjaan di perusahaan.

Hal ini justru menjadi red flag bagi HRD, karena tidak dapat mengetahui apa yang diinginkan oleh pelamar kerja. Dengan begitu HRD juga tidak bisa mengetahui skill spesifik yang dimiliki.

4. Isi Informasi Relevan

Isilah informasi dalam curriculum vitae sesuai dengan kriteria yang diinginkan oeh rekruter. Apabila tidak diisi dengan baik, mesin Applicant Tracking System akan menganggap kualifikasi dimiliki tidak sesuai dengan kriteria.

Pastikan juga tidak ada kesalahan ketika mengetik atau typo. Perlu diketahui, beberapa curriculum vitae tidak lolos hanya karena kesalahan penulisan kata yang dibuat. 

5. Buat Poin-poin

Cara membuat CV ATS friendly berikutnya, buatlah poin-poin atau judul agar lebih mudah dibaca. Misalnya gunakan judul untuk bagian profil atau data diri, riwayat pendidikan, skill, pengalaman kerja, dan lainnya. Hindari penggunaan tabel, header, footer, terlalu banyak grafik atau gambar, dan hindari penjelasan bertele-tele.

6. Gunkan Kata Kunci

Sistem Applicant Tracking System akan membaca dokumen, sebagaimana HRD yang membacanya. Sistem ini akan melakukan penyaringan dan mencari sesuai dengan kata kunci, berkaitan dengan lowongan pekerjaan tersebut.

Misalnya saja, untuk pekerjaan digital marketing mesin akan mencari sesuai dengan kata kunci. Saat CV memiliki kata kunci relevan dengan lowongan kerja, curriculum vitae Anda akan mendapatkan skor tinggi.

Oleh sebab itu, cara membuat CV ATS friendly pastikan memasukan kata kunci ke dalam riwayat hidup. Supaya mesin dapat mengetahui kriteria yang diinginkan oleh HRD serta curriculum vitae bisa lolos proses screening dengan baik. 

Tips paling penting, sebelum melamar pekerjaan baca kembali kualifikasi lowongan kerja. Kemudian masukan ke dalam CV sebagai bentuk kata kunci yang mudah deteksi mesin.

7. Gunkan Font ATS Friendly

Selain memerhatikan format cara membuat CV ATS friendly, Anda juga perlu menggunakan font yang bisa dibaca oleh mesin ini. Cobalah gunakan font; calibri, cambia, Helvetica, Lato, Georgia, Verdana dan Arial.

8. Simpan dengan Format Tepat

Cara mudah membuat CV ATS friendly tahap terakhir, Anda harus menyimpan dalam format yang tepat. Gunakan Docx atau Pdf agar mudah dibaca secara jelas. Hindari menggunakan format jpeg, jpg, dan png, karena sistem tidak bisa membaca data dalam bentuk foto. 

Itu dia cara membuat CV ATS dengan mudah dan dapat diaplikasikan. Gunakan cara membuat CV ATS friendly, supaya dokumen yang Anda buat lebih mudah dibaca oleh sistem Applicant Tracking System.

Bagikan Artikel: