perbedaan cover letter dengan surat lamaran kerj

Perbedaan Cover Letter dengan Surat Lamaran Kerja

Belakangan banyak yang menanyakan perbedaan cover letter dengan surat lamaran kerja. Kedua dokumen tersebut berbeda meskipun keduanya memiliki kesamaan sebagai surat pengantar. Berikut ini perbedaan cover letter dengan surat lamaran kerja, yuk simak!!!

Apa Itu Cover Letter?

Menurut Indeed, cover letter merupakan dokumen yang dikirim bersama CV yang memberikan informasi tambahan tentang keterampilan dan pengalaman terkait pekerjaan yang sedang dilamar. Cover letter adalah kesempatan untuk “menjual diri” kepada perusahaan dan menyoroti mengapa Anda adalah kandidat yang tepat untuk posisi yang dilamar.

Apa Itu Surat Lamaran Kerja?

Menurut Indeed, surat lamaran kerja merupakan dokumen yang menyertai CV saat melamar pekerjaan, tidak ada nformasi tambahan tentang keterampilan dan pengalaman terkait pekerjaan yang sedang dilamar.

Baca juga: 7 Tips Membuat CV yang Pasti Lolos Seleksi Perusahaan

Perbedaan Cover Letter Dengan Surat Lamaran Kerja

1. Tujuan

Tujuan utama dari cover letter adalah memberikan pengenalan diri Anda kepada calon pemberi kerja, menjelaskan mengapa Anda cocok untuk posisi yang Anda lamar, dan mengekspresikan minat serta motivasi Anda terhadap pekerjaan tersebut.

Sedangkan, Surat lamaran kerja bertujuan untuk secara formal mengajukan permohonan pekerjaan kepada calon pemberi kerja. Ini adalah dokumen resmi yang menyertai CV atau resume Anda.



2. Isi

Cover letter berisi informasi tentang diri Anda, alasan Anda tertarik pada pekerjaan dan perusahaan tersebut, serta mengapa Anda merupakan kandidat yang cocok. Ini juga dapat mencakup penjelasan tentang pengalaman dan keterampilan yang relevan.

Sedangkan, Surat lamaran kerja lebih formal dan biasanya berisi elemen-elemen seperti nama, alamat, jabatan yang Anda lamar, pengalaman kerja sebelumnya, pendidikan, dan informasi kontak.

3. Waktu Pengiriman

Cover letter biasanya dikirim bersama dengan CV saat Anda mengajukan lamaran pekerjaan. Ini adalah dokumen yang disertakan dengan lamaran Anda.

Sedangkan, Surat lamaran kerja adalah dokumen yang menjadi isi lamaran kerja lengkap Anda. Ini bisa disertakan bersama dengan CV, atau dalam beberapa kasus, surat lamaran kerja dapat digunakan sebagai email atau dokumen terpisah yang dikirimkan setelah Anda mengajukan permohonan pekerjaan.

Aplikasi Produktivitas Diskon Hingga 95%

4. Fokus

Cover letter lebih fokus pada aspek pribadi dan motivasi Anda terhadap pekerjaan dan perusahaan. Ini memberikan kesempatan untuk menunjukkan kepribadian dan minat Anda kepada pemberi kerja.

Sedangkan, Surat lamaran kerja lebih bersifat formal dan lebih banyak berisi informasi seperti riwayat pekerjaan dan pendidikan Anda yang relevan untuk posisi yang Anda lamar.

Baca juga: Cara Menulis Pengalaman Kerja di CV dan Contohnya

Contoh Cover Letter Dengan Surat Lamaran Kerja

1. Contoh Cover Letter

[Alamat Anda]
[Kota, Kode Pos Anda]
[Tanggal]

[Nama Penerima Lamaran]
[Posisi Penerima Lamaran]
[Alamat Perusahaan]
[Kota Perusahaan, Kode Pos Perusahaan]

Kepada [Nama Penerima Lamaran],

Saya ingin menyampaikan lamaran saya untuk posisi [Nama Posisi] yang saya temukan melalui [Sumber Informasi Lowongan]. Saya sangat tertarik dengan perusahaan [Nama Perusahaan] dan percaya bahwa kualifikasi dan pengalaman saya sesuai dengan kebutuhan yang Anda cari.

Dalam [Jumlah Tahun Pengalaman] tahun terakhir, saya telah bekerja sebagai [Nama Posisi] di [Nama Perusahaan Sebelumnya]. Selama waktu ini, saya berhasil [Menggambarkan Pencapaian Utama yang Relevan]. Saya memiliki keahlian dalam [Mention Keterampilan atau Bidang yang Relevan] dan telah [Menggambarkan Kontribusi Positif kepada Perusahaan Sebelumnya].

Salah satu hal yang menarik saya untuk bergabung dengan [Nama Perusahaan] adalah [Sebutkan Alasan Anda untuk Tertarik dengan Perusahaan]. Saya sangat menghargai fokus [Nama Perusahaan] pada [Menggambarkan Nilai atau Pencapaian Perusahaan]. Saya percaya bahwa pengalaman dan keterampilan saya dapat berkontribusi secara positif untuk mencapai tujuan perusahaan.

Saya sangat bersemangat untuk berdiskusi lebih lanjut tentang bagaimana bakat dan pengalaman saya dapat mendukung misi [Nama Perusahaan]. Saya ingin berterima kasih atas pertimbangan Anda terhadap lamaran saya. Saya tersedia untuk wawancara kapan pun sesuai dengan jadwal Anda.

Terima kasih banyak atas perhatian Anda. Saya sangat berharap dapat bergabung dengan [Nama Perusahaan] dan berkontribusi pada keberhasilan perusahaan ini.

Hormat saya,

[Tanda Tangan ]
[Nama Anda ]



2. Contoh Surat Lamaran Kerja

[Alamat Anda]
[Kota, Kode Pos Anda]
[Tanggal]

[Nama Penerima Lamaran]
[Posisi Penerima Lamaran]
[Alamat Perusahaan]
[Kota Perusahaan, Kode Pos Perusahaan]

Kepada [Nama Penerima Lamaran],

Saya menulis surat ini untuk mengajukan lamaran pekerjaan untuk posisi [Nama Posisi] yang saya temukan melalui [Sumber Informasi Lowongan]. Saya tertarik untuk bergabung dengan tim [Nama Perusahaan] dan percaya bahwa pengalaman dan keterampilan saya sesuai dengan kebutuhan yang Anda cari.

Saya telah menghabiskan [Jumlah Tahun Pengalaman] tahun dalam industri [Industri Terkait], yang telah memungkinkan saya untuk mengembangkan pemahaman yang kuat tentang [Mention Keterampilan atau Pengetahuan yang Relevan]. Selama waktu tersebut, saya berhasil mencapai [Menggambarkan Pencapaian Utama yang Relevan]. Saya juga memiliki keahlian dalam [Sebutkan Keterampilan atau Kemampuan yang Menonjol].

Salah satu hal yang menarik saya untuk bekerja di [Nama Perusahaan] adalah [Sebutkan Alasan Anda untuk Tertarik dengan Perusahaan]. Saya sangat menghargai fokus [Nama Perusahaan] pada [Menggambarkan Nilai atau Pencapaian Perusahaan]. Saya yakin bahwa bakat dan pengalaman saya akan berkontribusi positif untuk mencapai tujuan perusahaan.

Saya senang untuk berdiskusi lebih lanjut tentang bagaimana saya dapat memberikan nilai tambah kepada [Nama Perusahaan]. Saya ingin mengucapkan terima kasih atas pertimbangan Anda terhadap lamaran saya. Saya bersedia untuk menjalani wawancara atau tes apabila diperlukan.

Terima kasih banyak atas perhatian Anda. Saya berharap untuk memiliki kesempatan untuk bergabung dengan tim [Nama Perusahaan] dan berkontribusi pada kesuksesan perusahaan ini.

Hormat saya,

[Tanda Tangan (jika mencetak surat lamaran)]
[Nama Anda (diketik)]


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!