10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

manfaat membuat portofolio

Manfaat Membuat Portofolio untuk Melamar Kerja

Banyaknya orang mengabaikan portofolio karena tidak bisa membuatnya serta ketidaktahuan akan manfaatnya, maka pentingnya mengetahui manfaat membuat portofolio. Hal ini penting diketahui demi kemajuan karirnya. 

Saat Anda memutuskan untuk melamar pekerjaan, sama saja dengan Anda memutuskan untuk berkarir selama waktu tertentu. Dan itu berarti Anda harus mengetahui cara menunjukkan keahlian Anda. 

Salah satu cara menunjukkan keahlian tersebut dengan membuat portofolio. Portofolio dibuat oleh pelamar kerja itu sendiri karena hanya dia yang mengetahui keahlian yang dimilikinya. 

Namun, saat melamar pekerjaan harus menunjukkan keahlian tersebut dengan cara yang elegan. Maka buatlah portofolio. Sayangnya, banyak orang yang tidak memahami akan hal ini. 

Beberapa Manfaat Membuat Portofolio yang Penting Diketahui

Membangun karir itu tidak mudah. Anda membutuhkan kerja keras dan juga cerdas agar bisa berkembang. Semua itu bisa Anda dapatkan dengan mengenali potensi diri. 

Potensi yang terdapat pada diri sendiri dapat mengembangkan keahlian yang Anda miliki sehingga bisa berkarir lebih lama dan berkembang dalam menjalankan karirnya. 

Itulah mengapa pentingnya portofolio dan Anda harus tahu akan manfaat membuat portofolio. Dengan demikian, Karir gemilang bisa Anda dapatkan dengan mudah karena sebetulnya Anda juga sedang membangun citra positif melaluinya. Berikut ini manfaat portofolio, yaitu: 

1. Eksplorasi Kreativitas

Manfaat yang pertama dari manfaat membuat portofolio adalah mengasah kreativitas dan mengeksplorasinya. Anda sendiri bahkan tidak akan menyadari akan hal ini.

Hal ini tercipta dengan sendirinya karena ide seringkali muncul tiba-tiba. Bahkan saat Anda sedang menuangkan keahlian dalam portofolio. Anda pastinya ingin menunjukkan keahlian terbaik Anda. Sebetulnya, Anda sedang eksplorasi kreativitas. 

Anda akan mendapatkan ide secara tiba-tiba untuk mengupgrade diri sendiri agar bisa membuat portofolio menarik yang menceritakan keahlian dalam diri Anda sendiri dan Anda bisa menjadi yang terbaik. 

Baca juga: Cara Membuat Portofolio untuk Fresh Graduate Harus Dicoba

2. Membentuk Personal branding yang Powerful

Setiap orang pasti berkeinginan untuk terlihat lebih baik di mata orang lain. Begitu juga dengan pelamar yang ingin mendapatkan pekerjaannya. 

Semua keahlian yang dipresentasikan pada portofolio membuat Anda membangun personal branding sendiri secara tidak langsung karena ingin portofolionya lebih baik dari yang lain.

Anda akan tahu potensi unik lainnya yang belum Anda ketahui dan menjadi personal branding yang terbaik di antara yang lain. Hal ini akan terasah dengan sendirinya jika sering membuat portofolio. 

3. Menunjukkan Profesionalitas

Manfaat membuat portofolio adalah menunjukkan profesionalitas. Anda akan dinilai sebagai seorang yang cakap dan berkompeten. HRD akan mempercayai Anda sebagai seorang profesional. 

Karyawan yang profesional akan disiplin dan memiliki etos kerja tinggi. Hal tersebut dapat menguntungkan perusahaan. Maka HRD akan langsung melirik Anda bila membuat portofolio saat melamar pekerjaan. 

Sikap profesional dalam bekerja sangat penting. Namun, tidak semua karyawan memilikinya. HRD bahkan kesulitan untuk melihat seorang yang profesional dan tidak, kecuali melalui portofolio. 

4. Berpotensi Mendapatkan Klien

Portofolio yang Anda buat ditujukan untuk HRD akan tetapi, akan dibaca oleh orang yang tergabung dalam tim rekrutmen. Bisa saja salah satu dari mereka tertarik dan ingin menjadi klien. 

Itulah mengapa bahwa membuat portofolio bermanfaat untuk mendapatkan klien. Anda bisa mendapatkan klien dan berpotensi untuk membuat Anda semakin terkenal untuk melakukan profesi tersebut. 

Terlebih hal ini bisa terjadi pada Anda yang melamar pekerjaan dengan posisi sebagai pekerja freelance. Semua itu bisa Anda dapatkan dengan mudah dan Anda bisa mendapatkan penghasilan karena hal itu. 

Alasan Seseorang Tidak Membuat Portofolio

Selama ini beberapa orang enggan untuk membuat portofolio karena alasan malas, tidak memiliki ide serta bingung harus memulai dari mana. Alasan tersebut sama saja mengungkung diri sendiri tidak berkembang. 

Padahal saat ini banyak referensi yang bisa didapatkan dengan mudah untuk membuat portofolio menarik. Terlebih bagi Anda yang ingin berkarir, maka sebaiknya Anda tidak boleh mengabaikan hal ini. 

Anda harus mengetahui bahwa banyak manfaat membuat portofolio yang belum Anda pelajari. Jadi jangan langsung berkata malas dan tidak bisa atau alasan lain yang sebetulnya memblokade jalan karir Anda sendiri. 

Seperti pepatah, bahwa sukses tidak akan datang dengan sendirinya, melainkan kita sendiri yang harus meraihnya. Maka dari itu, sebaiknya tidak beralasan untuk tidak membuat portofolio.
Karir seorang yang sukses tidak bisa didapatkan dengan mudah. Ada beberapa tahapan penting yang harus dilakukan oleh seseorang untuk meraihnya. Maka, pentingnya mengetahui manfaat membuat portofolio.

Bagikan Artikel: