lowongan kerja langsung diterima

Ingin Mendapat Lowongan Kerja Langsung Diterima? Simak Tipsnya

Setiap pencari kerja tentunya mencari lowongan kerja langsung diterima. Akan tetapi Sebagian orang tidak mengetahui hal-hal penting yang dapat mempengaruhi diterimanya lamaran pekerjaan.

Namun Anda tidak perlu lagi khawatir karena Anda telah mengunjungi halaman yang tepat. Ikuti beberapa tips berikut ini yang akan berguna untuk para pencari kerja.

Lowongan Kerja Langsung Diterima dengan CV ATS Friendly

Saat ini hampir semua perusahaan mencari pelamar dengan CV ATS friendly. Tidak dipungkiri bahwa seringnya penyebab kegagalan sebuah lamaran adalah karena CV yang kurang mendukung.

ATS adalah istilah untuk singkatan dari Applicant Tracking System. Ini adalah sebuah sistem yang berperan dalam membuat tampilan sederhana dan efektif tanpa memerlukan desain rumit dan terkesan bertele-tele.

CV yang efektif menampilkan informasi secara urut, terperinci, namun dengan Bahasa efektif dan efisien. Jad perhatikan betul penggunaan diksi dalam menjelaskan setiap komponen di CV Anda agar lowongan kerja langsung diterima.

Selalu perbarui CV Anda sesuai dengan informasi terbaru tentang diri Anda. Pastikan semua kontak tercantum masih aktif seperti email, nomor telepon, dan sosial media lainnya sehingga tidak ada kendala jika HRD ingin menghubungi Anda.

Jangan menggunakan email yang terkesan tidak professional. Gunakan email dengan nama simple dan tidak terdapat banyak angka. Disarankan agar nama email sesuai dengan nama Anda agar lebih mudah.

Perlu diperhatikan untuk tidak mencantumkan informasi yang tidak benar di CV Anda. Misalnya menulis keahlian yang sebenarnya tidak dimiliki. Hal ini akan menjadi boomerang karena kemungkinan saat sesi wawancara akan diminta pembuktian oleh pihak perusahaan.

Review akun media sosial Anda karena biasanya HRD juga melacak reputasi pelamar melalui akun sosial media mereka. Pastikan bahwa Anda tidak memiliki postingan tidak baik dan mungkin saja dapat mempengaruhi penilaian mereka.

Baca juga: Cara melamar kerja Sinar Mas Group

Sesuai dengan Pengalaman dan Keterampilan

Tips lowongan kerja langsung diterima selanjutnya adalah mendaftar lowongan yang relevan dengan pengalaman dan keterampilan. Namun hal ini tentunya tidak berlaku untuk para fresh graduate yang sama sekali belum memiliki pengalaman bekerja.

Meskipun demikian, para fresh graduate juga tetap bisa membranding diri dengan baik saat melamar. Caranya bisa dengan menyampaikan pencapaian-pencapaian yang dimiliki baik dalam hal sosial, akademik, dan lainnya.

Tunjukkan bahwa Anda adalah seseorang yang profesional dan antusias untuk belajar hal-hal baru, serta dapat mengemban tugas dengan baik. Sedangkan bagi yang sudah memiliki pengalaman, peluang untuk diterima bisa lebih besar jika pekerjaan baru yang dilamar relevan dengan sebelumnya.

Selain itu, tunjukkan bahwa Anda cukup proaktif dengan melakukan follow up secara baik agar lowongan kerja langsung diterima. Jangan ragu untuk menanyakan status lamaran Anda ke perusahaan jika memang belum mendapat update.

Persiapan Interview yang Matang

Selain pemberkasan, wawancara adalah tahap penting yang menentukan diterima atau tidaknya suatu lamaran. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mempersiapkan diri sebelum menghadapi sesi menegangkan ini.

Pahami kualifikasi dan job desk dengan detail. Hal ini akan menunjukan bahwa Anda mengerti betul dengan tanggung jawab apa yang akan dilakukan nantinya. Tunjukkan bahwa Anda memenuhi kualifikasi untuk sebuah posisi.

Lakukan riset tentang pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan HRD saat interview sehingga lowongan kerja langsung diterima. Dalam sesi ini, akan ada pertanyaan yang bertujuan untuk mengetahui kepribadian Anda dan juga skill Anda.

Ada banyak tips cara memberi jawaban yang berkesan berkaitan dengan hal tersebut. Anda dapat melakukan riset secara online melalui YouTube, blog penulis dengan kredibilitas baik, atau berdiskusi dengan orang lain yang pernah mengikuti wawancara.

Datanglah tepat waktu baik dalam interview online maupun offline. Gunakan pakaian sopan sehingga Anda memberikan kesan positif dan professional dan menunjukkan bahwa Anda benar-benar bersungguh-sungguh. 

Penampilan adalah hal krusial dan berpengaruh terhadap kepercayaan diri. Pastikan Anda merasa nyaman dan nantinya tidak akan terganggu karena risih dengan baju yang tidak sesuai.

Pada intinya tetaplah optimis, lakukan upgrade skill, dan jangan menyerah. Terapkan tips-tips terbaik agar lowongan kerja langsung diterima dan mendapat karir impian Anda.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!