Kenapa Lamaran Pekerjaan Selalu Ditolak

Kenapa Lamaran Pekerjaan Selalu Ditolak? Lakukan 5 Solusi Ini!

Kenapa lamaran pekerjaan selalu ditolak sama perekrut? padahal beberapa hal sudah dilakukan sesuai dengan anjuran saat melamar kerja. Ada yang tau kenapa?

Selain kurang mempersiapkan diri, terdapat banyak alasan lainnya yang membuat lamaran kerja Anda selalu di tolak?

Berikut ini akan dibahas secara lebih lengkap mengenai alasan dari seseorang tidak kunjung mendapatkan panggilan. Hal tersebut, bisa Anda gunakan sebagai langkah perbaikan dalam mendapatkan kerja diinginkan nantinya.

Baca juga: Kesalahan yang Biasa Terjadi saat Interview Kerja dengan HRD

Kenapa Lamaran Pekerjaan Selalu Ditolak? Berikut Alasan dan Solusinya

Ketika Anda merasa kebingungan dengan setiap lamaran pekerjaan diberikan tidak mendapatkan panggilan balasan. Maka kemungkinan ada beberapa kesalahan umum mungkin saja terjadi seperti berikut:

1. Kualifikasi yang dimiliki Tidak Sesuai dengan Lowongan yang Ada

Salah satu alasan kenapa lamaran pekerjaan selalu ditolak adalah karena faktor kualifikasi.

Dimana dalam artikel The Balance Career candidat yang tidak sesuai dengan kualifikasi merupakan kandidat terbanyak yang menerima penolakan lamaran kerja.

Sebagai contoh, saat Anda mencari pekerjaan dengan pengalaman dibawah satu tahun, namun Anda menemukan lowongan pekerjaan dengan kualifikasi pengalaman minimal 3 tahun dan Anda tetap melamar pekerjaan tersebut, Anda akan tergolong sebagai kandidat tidak sesuai kualifikasi.

Untuk itu, pastikan Anda benar benar mamahi kualifikasi lowongan pekerjaan yang Anda lamar telah sesuai dengan kualifikasi yang dimiliki.

2. Anda Masih Belum Mengikuti Instruksi Diberikan

Syarat utama di saat ingin mendapatkan sebuah pekerjaan adalah dengan mengikuti instruksi dari lowongan kerja. Maka dari itu, ketika tidak mengikuti akan terjadi keadaan tidak diharapkan oleh calon karyawan.

Ini menjadi alasan kenapa lamaran pekerjaan selalu ditolak dengan tidak mengikuti instruksi. Maka dari itu, penting agar memerhatikan secara teliti lowongan diberikan sehingga penulisan dari lamaran juga sesuai.

Kegagalan atau ditolaknya surat lamaran telah disampikan karena tidak memerhatikan detail diberikan. Biasanya menjadi kesalahan pertama serta sering terjadi pada para pencari kerja tersebut banyak dilakukan.

3. Terdapat Kesalahan dalam Penulisan Atau Grammar

Dalam menuliskan surat lamaran apa lagi dalam bahasa asing, ketika terdapat kesalahan penulisan apa lagi grammar. Maka biasanya akan menjadi hal minus di saat menulis lamaran kerja tersebut dikerjakan.

Mengetahui kesalahan dikerjakan sebagai alasan kenapa lamaran pekerjaan selalu ditolak. Maka nantinya Anda harus memperbaiki terlebih dahulu kesalahan dibuat tersebut sehingga akan meningkatkan peluang diterima.

Melakukan pengecekan ulang, juga menjadi hal penting agar diperhatikan bagi setiap pelamar. Karena dengan begitu sudah tidak ada lagi kesalahan mungkin terjadi secara keseluruhan dari penulisan.



4. Ketidaknyamanan Saat CV Dibaca Oleh Perekrut

Ketidaknyamanan dari penulisan CV yang dibuat oleh pihak pelamar juga menjadi alasan. Bahasan yang terlalu panjang serta kurang berisi informasi secara detail serta tidak menarik kurang disarankan.

Maka dari itu, Anda harus belajar untuk membuat surat lebih pendek, singkat namun mudah dibaca. Selain itu, memasukkan hanya informasi penting saja sehingga mendukung profil Anda miliki penting diperhatikan.

Keadaan tersebut, akan menghindarkan dari kondisi kenapa lamaran pekerjaan selalu ditolak. Biasanya surat lamaran yang estetik juga memiliki ruang putih polos pada pinggir serta detail poin jelas.

Baca juga: 7 Rekomendasi Celana Wanita Untuk Pergi ke Kantor Lebih Stylish

5. Tidak Detail dalam Menjabarkan Pencapaian

Ketika menjabarkan pencapaian serta tanggung jawab kerja sudah dimiliki sebagai pengalaman. Maka pastikan telah menuliskan secara detail sehingga perekrut lebih mudah dalam menilai diri Anda nantinya.

Pastikan telah menuliskan nilai tambah dimiliki dengan mencantumkan hal – hal penting. Misalnya saja ketika ada nilai harus dicantumkan maka tidak perlu malu dalam mencantumkan angka tersebut sebagai tambahan.

Memberikan detail dari pencapaian telah didapatkan saat berada pada bangku pendidikan. Memberikan poin positif namun harus ditulis secara jelas sehingga tidak membingungkan bagi orang yang membaca nantinya.

6. Masih Belum Menggunakan Email yang Profesional

Kesalahan lain kenapa lamaran pekerjaan selalu ditolak adalah biasanya masih belum menggunakan email professional. Untuk alamat email sendiri menjadi salah satu data penting agar dicantumkan pihak pelamar.

Mereka harus mencantumkan pada setiap proses pembuatan CV serta menggunakan nama panggilan sesuai terhadap nama Anda. Hal tersebut menghindarkan dari nama aneh maupun julukan tertentu digunakan.

Oleh karena itu, menggunakan alamat email yang sudah professional, pastinya dapat membantu. Pengaruh dimiliki oleh penulisan alamat email yang tepat sendiri akan banyak memberikan dampak dalam rekrutmen.

Maka dari itu, akan lebih baik juga ketika menggunakan nama lengkap kita sebagai alamat email dimiliki. Hal tersebut dapat menghindari dari kenapa lamaran pekerjaan selalu ditolak sehingga aman digunakan


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.