10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

kesalahan yang biasa terjadi saat interview kerja

Kesalahan yang Biasa Terjadi saat Interview Kerja dengan HRD

Terdapat kesalahan yang biasa terjadi saat interview kerja ketika berada di tahap seleksi kerja tersebut. Kurangnya pengalaman serta pengetahuan biasanya membuat seseorang lalai dan melakukan kesalahan tersebut.

Baik Anda seorang mahasiswa, lulusan baru, atau bahkan seorang karyawan yang sedang mencari pekerjaan baru, wawancara merupakan langkah yang harus dilalui untuk mendapatkan pekerjaan. Untuk itu, ketahui dulu proses wawancaranya.

Maka dari itu, kesalahan tersebut ketika melakukan wawancara sangat penting untuk Anda ketahui dan dihindari. Dengan begitu, Anda bisa memperluas kemungkinan memperoleh pekerjaan bagus yang diinginkan.

Inilah Kesalahan yang Biasa Terjadi saat Interview Kerja

Terlambat adalah kesalahan yang sangat sering dilakukan oleh pelamar kerja. Padahal datang tepat waktu dalam sesi wawancara merupakan suatu hal wajib dilakukan.

Jika Anda belum mengenal jelas terkait daerah lokasi akan dilakukan wawancara, maka survei tempat tersebut sehari sebelum hari-H. Pelamar kerja harus pintar memperhitungkan waktu digunakan di jalan.

CV yang bagus dalam melamar kerja jika terlambat ketika tahap interview maka akan menunjukkan pribadi kurang profesional dalam memanfaatkan waktu serta tidak bisa mengatur waktu dengan baik. Belajarlah untuk disiplin.

Namun jika hal tersebut terjadi, maka hal utama perlu dilakukan adalah tetap tenangkan diri dan jangan panik. Hal itu memang tidak mudah, namun sangat berbahaya jika larut dalam rasa panik.

Kesalahan yang biasa terjadi saat interview kerja ini jika Anda panik disertai rasa takut, rasanya ingin lari dari tanggung jawab untuk keluar dari wawancara kerja tersebut. Namun jangan pernah lakukan itu.

Bahkan apabila terlambat dan memutuskan untuk menghindari tahap tersebut tentunya tidak mungkin untuk menemukan solusi terbaik terkait bagaimana menghadapi pewawancara kerja. Hadapilah dan bersikap profesional.

Jika terlambat, Anda harus meminta maaf terlebih dahulu atas kejadian tersebut. Alasan apa saja sudah diberikan tetap saja membuat Anda bersalah karena melanggar jadwal telah diberikan sebelumnya.

Maka dari itu, apabila terlambat maka jangan lupa untuk memohon maaf dengan sopan pada bagian awal wawancara sebagai bentuk kesadaran atas masalah yang telah dilakukan. Berikut ini beberapa kesalahan lain yang bisa Anda simak.

Baca juga: Tips Menjawab Pertanyaan Jebakan Interview Kerja

1. Pelamar Tidak Mengetahui Profil Perusahaan

Kesalahan saat wawancara ini juga tidak jarang. Ada banyak kandidat yang tidak memahami atau membaca profil perusahaan (termasuk visi dan misi) perusahaan tersebut. Hal ini bisa memengaruhi penilaian HRD terhadap Anda.

Mungkin Anda dapat dengan mudah menjawab pertanyaan tentang diri dan passion tersebut dimiliki. Tetapi jika Anda tidak dapat menjawab pertanyaan terkait kesalahan yang biasa terjadi saat interview kerja yang satu ini maka bisa jadi kabar buruk.

Ketika ini terjadi, perekrut akan menganggap Anda tidak siap dan tidak tertarik dengan perusahaan. Jadi jangan malas membaca informasi tentang perusahaan yang dituju, ini akan menjadi nilai tambahan untuk Anda.

Namun untuk mencegah kesalahan tersebut adalah dengan membuka situ resmi perusahaan terkait. Dalam situs perusahaan, Anda bisa mengetahui visi, misi, serta sejarah organisasi, dan lainnya.

Perhatikan tema muncul berkali-kali pada situs tersebut. Tema itulah menggambarkan budaya dari perusahaan yang sedang berjalan serta budaya ingin diciptakan. Dengan tahu sedikit mengenai perusahaan, kemungkinan Anda diterima akan lebih besar.

Selanjutnya adalah kunjungi halaman semua sosial media dari perusahaan terkait. Melalui berbagai akun media sosial ini, Anda mendapatkan gambaran baik tentang bagaimana perusahaan itu ada bagi konsumen. 

Ikuti akun perusahaan untuk pembaruan guna meminimalisir kesalahan yang biasa terjadi saat interview kerja. Ada kemungkinan bahwa Anda akan menemukan beberapa informasi lain mungkin belum pernah ditemukan sebelumnya. 

Anda juga perlu waspada jika perusahaan tidak aktif di media sosial atau jika akun media sosial perusahaan tidak dikelola secara profesional. Hal ini terkait dengan perkembangan perusahaan ke depannya.

2. Pelamar Memohon secara Berlebihan ketika Wawancara

Meminta untuk dipekerjakan saat wawancara adalah salah satu hal terburuk yang dapat Anda lakukan. Mungkin Anda lelah pergi untuk wawancara, tetapi tidak satupun yang bisa lulus atau diterima.

Namun, jangan pernah terlihat putus asa di depan pewawancara. Kesalahan wawancara ini tidak membuat perekrut merasa menyesal, tetapi justru membuat mereka semakin enggan mempekerjakan Anda.

Kesalahan yang biasa terjadi saat interview kerja selanjutnya yaitu tidak peduli seberapa besar usaha untuk menginginkan pekerjaan itu. Anda harus mampu mempertahankan sikap terhadap perekrut, lakukan sesuai prosedur telah ditetapkan.

Cobalah untuk bersemangat dengan pekerjaan itu, tetapi jangan berlebihan dan berpura-pura tidak bisa hidup jika tidak diterima di perusahaan tersebut. Kesalahan lain dalam wawancara kerja adalah menyampaikan fakta tersebut tidak jelas. Meski sudah mengajukan lamaran, biasanya akan diminta mengisi resume saat wawancara. Oleh karena itu, perlu benar-benar memperhatikan saat mengisi detail resume guna menghindari kesalahan yang biasa terjadi saat interview kerja.

Bagikan Artikel: