bagian-bagian surat lamaran pekerjaan

Bagian-bagian Surat Lamaran Pekerjaan yang Penting untuk Diketahui

Anda harus membuat setiap bagian di dalam surat lamaran pekerjaan dengan baik, benar dan menarik. Hal ini sangat berpengaruh untuk lolos ke tahap seleksi berikutnya. Berikut ini bagian-bagian surat lamaran pekerjaan, yuk simak!!!

Apa Itu Surat Lamaran Pekerjaan?

Menurut Indeed, surat lamaran pekerjaan merupakan dokumen yang dikirimkan ke perusahaan untuk mendapatkan pekerjaan. Surat lamaran pekerjaan adalah komponen penting dalam proses seleksi pekerjaan. Tujuan utamanya adalah untuk menarik perhatian perekrut perusahaan sehingga tertarik untuk melanjutkan dengan tahap seleksi lebih lanjut, seperti wawancara kerja.

Baca juga: Dimana letak tempat dan tanggal pembuatan surat lamaran pekerjaan

Bagian – Bagian Surat Lamaran Pekerjaan

1. Tempat dan tanggal surat

Tempat dan tanggal surat adalah bagian atas surat lamaran yang berisi tempat di mana surat ini ditulis dan tanggal penulisannya. Contohnya yaitu :

Jakarta, 24 Oktober 2023

2. Hal atau perihal surat

Perihal surat mencantumkan judul atau perihal surat, yaitu informasi singkat tentang tujuan surat lamaran. Contohnya yaitu :

Perihal: Lamaran Pekerjaan Sebagai Digital Marketing



3. Lampiran

LApiran adalah bagian di mana Anda mencantumkan dokumen-dokumen pendukung yang disertakan bersama surat lamaran, seperti CV, sertifikat, atau referensi. Contohnya yaitu :

Lampiran:

1. CV

2. Salinan Sertifikat Pendidikan

4. Nama dan alamat surat

Nama dan alamat surat merupakan adalah informasi lengkap Anda sebagai pengirim surat dan alamat tempat Anda dapat dihubungi. Contohnya yaitu :

Aji Darmawan

Jalan Swadaya 1 No.76 RT 05 RW 03 Sumur Batu Jakarta Pusat,11765

08991818xxxx

ajidarmawan@iniemail.com

Aplikasi Produktivitas Diskon Hingga 95%

5. Salam pembuka

Salam pembuka adalah adalah salam atau pembukaan resmi yang menunjukkan sopan santun dalam penulisan surat. Contohnya yaitu :

Kepada Yth.,

HRD PT Mekar Bunga

6. Paragraf pembuka surat

Paragraf pembuka surat merupakan bagian di mana Anda memulai surat lamaran dengan mengenalkan diri dan menyebutkan cara Anda mengetahui tentang lowongan pekerjaan. Contohnya yaitu :

Saya Aji Darmawan, dengan ini mengajukan lamaran pekerjaan sebagai Digital Marketing, yang saya ketahui dari Kompas yang saya baca pada tanggal 24 Oktober 2023.

7. Paragraf isi surat

Paragraf isi surat mencakup informasi mengenai mengapa Anda tertarik dengan posisi tersebut, kualifikasi Anda, dan bagaimana Anda dapat berkontribusi pada perusahaan. Contohnya yaitu :

Saya sangat tertarik dengan posisi ini karena memiliki passion dalam dunia marketing dan saya percaya bahwa pengalaman saya di bidang digital marketing dan keterampilan komunikasi membuat saya menjadi kandidat yang tepat untuk peran ini. Selama magang, saya berhasil melakukan branding yang meningkatkan engagement 90% selama 6 bulan.



8. Bagian penutup surat

Penutup surat adalah bagian di mana Anda merangkum surat lamaran Anda dan mengungkapkan harapan Anda untuk dipertimbangkan lebih lanjut. Contohnya yaitu :

Saya berharap dapat diberikan kesempatan untuk menjelaskan lebih lanjut bagaimana saya dapat berkontribusi pada PT Mekar Bunga dalam sebuah wawancara. Terima kasih atas perhatian Anda terhadap lamaran saya.

9. Salam penutup

Sala penutup adalah bagian penutup surat yang mengucapkan salam penutup dan biasanya berisi kata-kata sopan. Contohnya yaitu :

Hormat saya,

10. Tanda tangan dan nama jelas

Tanda tangan dan nama jelas mencakup tanda tangan fisik Anda jika surat lamaran dikirimkan dalam bentuk fisik. Juga, nama lengkap Anda biasanya dicetak di bawah tanda tangan. Contohnya yaitu :

[Tanda tangan Anda]

Aji Darmawan

Baca juga: Contoh resume lamaran kerja

Reference :

https://uk.indeed.com/career-advice/finding-a-job/application-letter


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!