Ratusan HRD sering online dan aktif mencari pegawai!

contoh resume lamaran kerja

Contoh Resume Lamaran Kerja Lengkap Dijamin Lolos

Anda akan menemukan berbagai contoh resume lamaran kerja di artikel ini. Pernahkah Anda mengirimkan lamaran pekerjaan tanpa menyertakan resume Anda saat diperlukan? Jika demikian, Anda jelas tidak tahu apa itu resume.

Beberapa contoh resume untuk berbagai lamaran kerja bisa Anda lihat di artikel kali ini. Dimulai dengan resume khusus untuk lulusan baru, kebutuhan magang dan beasiswa, dan resume dalam bahasa Inggris.

Mengenal Lebih Dekat Apa Itu Resume?

Beberapa orang sering salah mengira resume sebagai CV. Sebenarnya resume berbeda dengan curriculum vitae atau CV. Dari panjang hingga maksud tulisannya, perbedaannya sangat jelas. 

Hal ini dimaksudkan karena resume lebih banyak digunakan untuk melamar pekerjaan dan CV lebih banyak digunakan untuk keperluan lain.

Resume untuk lamaran kerja pada dasarnya adalah sinopsis CV. Ini termasuk ringkasan yang menggambarkan kemampuan seseorang serta beberapa informasi pribadi dasar, pendidikan, dan riwayat pekerjaan. Resume, bagaimanapun, tidak selengkap CV.

Penjelasan dalam CV akan jauh lebih menyeluruh daripada penjelasan dalam resume. Panjang CV bisa mencapai dua halaman jika resume hanya satu halaman. Ini karena, tentu saja, Anda harus meringkas secara singkat pengalaman yang Anda peroleh selama studi dan profesi Anda.

Jangan pernah lagi membandingkan resume Anda dengan CV Anda. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa banyak pemberi kerja menginginkan CV dan resume dilampirkan.

Bagian-Bagian Pada Contoh Resume Lamaran Kerja

Berikut adalah bagian-bagian dari resume secara rinci:

  1. Header

Merupakan bagian paling atas dari contoh resume lamaran kerja yang mencakup informasi kontak seperti nama, alamat, nomor telepon, dan email.

  1. Objective/Summary

Bagian kedua ini yang memberikan gambaran singkat tentang tujuan dan kualifikasi yang dimiliki oleh pelamar.

  1. Education

Merupakan bagian yang menjabarkan pendidikan formal yang pernah diikuti. Baik dari sekolah dasar hingga pendidikan tinggi, serta prestasi yang pernah dicapai.

  1. Experience

Anda harus menjabarkan pengalaman kerja yang pernah dijalani pada bagian ini. Mulai dari posisi, perusahaan, tanggal mulai dan selesai, serta tanggung jawab yang pernah diemban.

  1. Skills

Pada bagian contoh resume lamaran kerja ini, menjabarkan keahlian atau kompetensi yang dimiliki, seperti bahasa asing, kemampuan teknis, atau sertifikasi yang diperoleh.

  1. Awards and Accomplishments

Bagian awards ini merupakan bagian yang menjabarkan penghargaan atau prestasi yang pernah dicapai

  1. Volunteer or Community Involvement

Bagi Anda yang aktif berkegiatan, Anda bisa menjabarkan kegiatan sosial atau kegiatan yang dilakukan di lingkungan masyarakat pada bagian ini.

  1. Certification

Merupakan bagian dari contoh resume lamaran kerja yang menjabarkan sertifikasi atau lisensi yang dimiliki

  1. Reference

Anda juga perlu menjabarkan nama dan kontak seseorang yang dapat dihubungi untuk menjadi referensi di bagian ini. Contohnya seperti mantan atasan atau rekan kerja.

  1. Additional Information

Terakhir, bagian ini merupakan tambahan yang dapat digunakan untuk menyertakan informasi yang tidak dapat dijabarkan di bagian sebelumnya

Pastikan untuk menyertakan informasi yang relevan dan menggunakan format yang profesional serta memperhatikan detail-detail yang diperlukan dalam setiap bagian.

Contoh Resume Lamaran Kerja Berbagai Kebutuhan

Berikut pembahasan tentang unsur-unsur yang harus ada dalam sebuah resume, kami memberikan contoh resume kerja yang bisa Anda gunakan sebagai inspirasi.

1. Contoh Lamaran Resume untuk Lulusan Baru

Untuk lulusan baru dengan sedikit atau tanpa pengalaman kerja, Anda dapat menjelaskan pengalaman organisasi atau magang Anda. Setelah memasukkan data Anda, Anda dapat memberikan informasi ini dengan memasukkannya ke bagian keunggulan diri Anda.

Contoh Lamaran Resume untuk Lulusan Baru

2. Contoh Resume Lamaran Kerja Berpengalaman

Jika Anda memiliki pengalaman kerja sebelumnya, Anda juga dapat menyertakan portofolio dengan meja kerja yang Anda lakukan untuk pemberi kerja sebelumnya. 

Untuk meyakinkan perusahaan tempat Anda melamar bahwa informasi yang Anda berikan akurat, Anda juga perlu mengirim surat yang menyatakan bahwa Anda telah bekerja di perusahaan.

Contoh Resume Lamaran Kerja Berpengalaman

3. Contoh resume lamaran kerja Bahasa Inggris

Sebuah perusahaan secara rutin meminta calon karyawan menggunakan Bahasa Inggris di berbagai makalah, termasuk resume, portofolio, dan CV. 

Berikut adalah contoh resume untuk melamar kerja Bahasa inggris yang bisa Anda gunakan sebagai inspirasi jika saat ini Anda sedang melamar pekerjaan di perusahaan yang memiliki persyaratan tersebut.

Contoh resume untuk aplikasi pekerjaan yang dapat Anda periksa dan gunakan sebagai inspirasi untuk Anda sendiri. Pastikan bahwa semua yang Anda sertakan dalam contoh resume lamaran kerja Anda relevan, Anda harus sepenuhnya menguasai apa yang Anda buat.

Bagikan Artikel: