10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

kenapa lamaran kerja harus pakai amplop

Temukan Alasan Kenapa Lamaran Kerja Harus Pakai Amplop

Berkas lamaran yang diajukan dalam satu amplop menjadi sangat penting. Hal pertama yang dilihat dalam berkas lamaran para pelamar adalah amplop yang digunakan.

Bukan sekedar bentuk dari amplop, tetapi cara penulisan dari amplop memiliki poin utama dalam penilaian. Oleh sebab itu, hindari menyepelekan penggunaan amplop ini dalam mengirimkan surat lamaran ke berbagai perusahaan.

Jangan sampai hanya karena kesalahan pada bagian amplop lamaran membuat penilaian Anda menjadi menurun. Untuk itu, Pelajari trik penting agar lamaran kerja Anda dilirik oleh rekruter. 

4 Alasan Kenapa Lamaran Kerja Harus Pakai Amplop Sangat Penting Dilakukan

Jika masih merasa amplop tidak diperlukan untuk mengirimkan berkas lamaran, Anda salah besar. Justru amplop menjadi salah satu hal penting pertama yang dibutuhkan untuk mengirimkan berkas lamaran secara manual atau fisik ke perusahaan yang dituju. Seberapa pentingkah? Berikut alasannya.

1. Untuk Membuat Berkas Lamaran Lebih Rapi

Alasan pertama kenapa lamaran kerja harus pakai amplop adalah nilai kerapian. Beberapa perusahaan membutuhkan lebih dari 1 jenis dokumen dari pelamar sebagai persyaratan administrasi. Oleh sebab itu, amplop ini berguna agar dokumen-dokumen Anda tersortir sekaligus.

Bahkan dengan adanya amplop ini, Anda akan lebih mudah menuliskan alamat tujuan ke perusahaan yang dituju. Dengan demikian, surat lamaran beserta berkas-berkas lainnya akan tersampaikan dengan cepat dan sesuai.

Pada bagian amplop ini, Anda perlu menuliskan data diri lengkap beserta alamat tujuan. Jika tida tertuliskan secara detail, kemungkinan balasan dari lamaran Anda tidak akan diterima. Oleh sebab itu, amplop pada lamaran menjadi sangat penting digunakan.

2. Menghindari Berkas yang Tercecer

Jika dokumen-dokumen yang dikirimkan dimasukan ke dalam satu amplop, maka kemungkinan besar dokumen lamaran Anda tidak akan tercecer. Inilah alasan kenapa lamaran kerja harus pakai amplop sangatlah penting.

Jika rekrukter membutuhkan lebih dari 3 jenis dokumen, maka sudah dipastikan sebanyak apa lembaran yang perlu Anda kirimkan. Oleh sebab itu, pastikan untuk memasukannya ke dalam amplop besar dan menutupnya dengan aman. Tidak ada lagi surat lamaran, foto, ataupun ijazah yang terpisah-pisah. 

3. Melindungi Kerusakan Dokumen Penting Dalam Lamaran

Beberapa surat lamaran akan diminta untuk dikirimkan via pos. Dengan kondisi seperti ini, Anda sendiri yang harus memastikan dokumen terkirim dalam kondisi yang aman. Untuk itu, menggunakan  amplop menjadi salah satu cara untuk melindungi dokumen-dokumen terkirim.

Risiko terkena air atau tergores sangatlah dimungkinan. Oleh sebab itu, menggunakan amplop pada lamaran kerja menjadi alasan terkuat kenapa lamaran kerja harus pakai amplop. Untuk itu, gunakanlah amplop yang benar-benar bisa melindungi dokumen yang dikirimkan secara menyeluruh.

Masukan surat lamaran beserta dokumen-dokumen penting lainnya ke dalam satu map. Setelah itu, lindungi kembali map tersebut ke dalam amplop besar yang memiliki ruang cukup untuk dokumen lamaran yang dikirimkan. Cara ini akan membuat dokumen Anda menjadi lebih aman dalam pengiriman.

4. Memudahkan Rekruter dalam Penyortiran Berkas Lamaran Kerja

Penggunaan amplop pada lamaran pekerjaan juga memiliki fungsi yang penting bagi rekruter. Tidak hanya puluhan bahkan ratusan orang bisa melamar dalam satu perusahaan. Anda bisa bayangkan ribuan orang melamar dalam satu perusahaan untuk beberapa divisi di dalamnya.

Dalam beberapa perusahaan biasanya akan memberikan kode jabatan pada setiap lamaran yang diberikan. Cara ini berikan agar mempermudah penyotiran pada divisi-divisi tertentu. Kode inilah yang perlu Anda tuliskan pada amplop lamaran.

Bahkan cara ini akan membuat lamaran kerja Anda langsung terproses karena memiliki detail pengiriman dan kode yang tepat. Hal ini juga menjadi penting kenapa lamaran kerja harus pakai amplop. Dokumen akan cepat sampai pada tujuan yang ditujukan.

Jika Anda akan mengirimkan dokumen lamaran secara fisik melalui pos, amplop menjadi hal yang penting untuk digunakan. Cara ini agar lamaran Anda menjadi lebih aman untuk sampai ke perusahaan tujuan. Inilah kenapa lamaran kerja harus pakai amplop agar lebih rapi, aman, dan juga tersampaikan.

Bagikan Artikel: