apa saja yang dimasukan di amplop lamaran kerja

Apa Saja yang Dimasukan di Amplop Lamaran Kerja? Yuk Simak Penjelasannya Berikut Ini

Ketika Anda melamar pekerjaan, hal apa saja yang dimasukan di amplop lamaran kerja perlu diketahui dan pererhatikan dengan baik. Dokumen lamaran merupakan hal penting untuk perlu Anda persiapkan jika ingin melamar pekerjaan. Berikut ini merupakan penjelasan terkait apa saja yang dimasukkan di amplop lamaran kerja, yuk simak!!!

Apa itu Amplop Lamaran Kerja?

Amplop lamaran kerja adalah sebuah amplop yang digunakan untuk mengirimkan surat lamaran kerja dan dokumen terkait kepada perusahaan atau organisasi yang sedang Anda lamar. Amplop ini berfungsi untuk melindungi surat lamaran kerja Anda dan dokumen-dokumen lainnya selama proses pengiriman dan penyampaian kepada penerima yang dituju.

Menurut Robert Half, sangat penting untuk mempersiapkan amplop lamaran kerja dengan baik agar dapat lolos ke tahap berikutnya. Amplop lamaran kerja adalah bagian penting dari proses melamar pekerjaan. Ini menciptakan kesan pertama yang profesional dan membantu memastikan bahwa lamaran Anda sampai dengan aman kepada pihak yang dituju. Pastikan Anda memeriksa petunjuk dan persyaratan yang diberikan oleh perusahaan yang Anda lamar untuk memastikan amplop lamaran Anda sesuai dengan kebutuhan mereka.

Baca Juga : 10 Situs Bikin CV ATS Gratis

Format Amplop Lamaran Kerja

1. Nama Anda

Tuliskan nama lengkap Anda di bagian atas amplop dengan jelas dan rapi. Ini memungkinkan penerima untuk mengidentifikasi pengirim dengan cepat.

2. Alamat Anda

Cantumkan alamat lengkap Anda, termasuk nomor rumah, nama jalan, apartemen (jika ada), dan daerah jika diperlukan. Pastikan alamat ini akurat dan lengkap.



3. Kota dan Kode Pos Anda

Cantumkan nama kota tempat Anda tinggal dan kode posnya di bawah alamat Anda. Informasi ini penting untuk pengiriman amplop.

4. Alamat Penerima

Tuliskan alamat lengkap perusahaan atau organisasi yang Anda lamar. Ini mencakup nomor jalan, nama jalan, apartemen atau suite (jika ada), dan daerah jika perlu.

Baca juga: Temukan Alasan Kenapa Lamaran Kerja Harus Pakai Amplop

5. Kota, Kode Pos Penerima

Cantumkan juga kota di mana perusahaan tersebut berlokasi dan kode posnya. Pastikan alamat ini akurat dan sesuai dengan informasi yang Anda temukan dalam iklan pekerjaan atau situs web perusahaan.

Baca Juga : 10 Rekomendasi Pekerjaan untuk Lulusan SMA!

Apa Saja yang Dimasukan di Amplop Lamaran Kerja?

1. Surat Lamaran

Surat lamaran kerja berfungsi untuk meyakinkan tim perekrutan untuk mengundang Anda ke langkah selanjutnya, seperti tes tertulis dan tes wawancara. Dalam surat pengantar ini, ada beberapa aturan penulisan harus diperhatikan dalam kaitannya dengan struktur dan penggunaan bahasa. 

Surat lamaran biasanya berisi tanggal dan alamat surat, salam, isi, nama dan alamat pengirim serta penutup. Pastikan juga menggunakan bahasa Indonesia formal dan kaidah penulisan berlaku. Dengan demikian, surat Anda akan lebih mudah dibaca oleh rekruter.



2. CV

CV adalah hal kedua dari apa saja yang dimasukan di amplop lamaran kerja. Anda dapat membuat CV Anda dengan desain atau template paling menarik agar lebih menarik perhatian perusahaan.  Namun, perlu diingat adalah format CV harus dibuat sesuai dengan bidang pekerjaan yang akan dilamar. Gunakan CV kreatif untuuk perusahaan di bidang kreatif dan sejenisnya. Tetapi Anda juga bisa menggunakan CV ATS untuk melamar di BUMN, konsultan hukum, dan perusahaan sejenis lainnya.

Isi CV terdiri dari identitas, latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, keahlian dan keterampilan dimiliki oleh pelamar. Jika Anda baru saja lulus atau baru lulus sebagai pencari kerja tanpa pengalaman kerja, Anda dapat memasukkan organisasi, magang, atau menjadi sukarelawan dalam kolom pengalaman.

3. Portofolio

Dalam beberapa bidang, portofolio sangat dibutuhkan sebagai penunjang kualifikasi. Semakin banyak pengalaman kerja Anda, maka semakin banyak pula portofolio untuk bisa dilampirkan. Namun, lulusan baru tetap dapat melampirkan portofolio yang diambil dari pengalaman berorganisasi atau magang.

Anda dapat membuat portofolio dalam bentuk teks, gambar, atau desain. Dokumen agar menjadi salah satu hal apa saja yang dimasukan di amplop lamaran kerja ini juga penting untuk membantu HRD membangun gambaran keterampilan pelamar. 

4. Identitas Pribadi

Dokumen identitas biasanya diartikan sebagai prasyarat untuk mencari pekerjaan adalah Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK). Anda tidak perlu melampirkannya dalam format aslinya. Untuk menghindari penyalahgunaan data, Anda cukup melampirkan fotokopi KTP atau KK saja. Selain itu, perusahaan hanya membutuhkan satu lembar dari setiap dokumen tersebut.

5. Pas Foto

Secara umum, pas foto berukuran 3×4 atau 4×6 menjadi salah satu hal yang dapat dimasukan di amplop lamaran kerja. Selain pas foto ukuran ini, beberapa perusahaan juga memberikan persyaratan foto dengan berbagai aturan. Untuk itu, pastikan agar membaca persyaratan dengan lengkap. Foto lainnya seperti foto full body.

Baca Juga : Apa Itu Company Confidential? Bagaimana Cara Aman Aksesnya?

Contoh Amplop Surat Lamaran Kerja

1. Contoh Amplop Lamaran Kerja Resmi

2. Contoh Penulisan Amplop Lamaran Kerja Guru

3. Contoh Amplop Surat Lamaran Kerja Pabrik / PT

4. Contoh Amplop Lamaran Kerja Tulis Tangan

5. Contoh Tulisan di Map Lamaran Kerja


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.