10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

hal yang mesti dihapus dalam CV agar ringkas

5 Hal yang Mesti Dihapus Dalam CV Agar Ringkas

Banyak yang bertanya tentang hal yang mesti dihapus dalam CV agar ringkas dan tidak terlihat kuno? Umumnya hal ini dilakukan untuk menonjolkan bahwa Anda memiliki kemampuan dan pengalaman yang berbeda dari yang lainnya.

Setiap pelamar memang disarankan agar bisa membuat CV yang menarik HRD. Hal ini bertujuan mempromosikan diri melalui CV. Untuk lebih jelasnya berikut adalah beberapa hal yang harus dihilangkan dalam membuat CV yang ringkas.

5 Hal yang Mesti Dihapus Dalam CV Agar Ringkas

Curriculum vitae atau yang biasa disebut CV merupakan informasi pribadi pelamar kerja. Dengan melalui CV inilah HRD akan menilai dan juga mengevaluasi calon tenaga yang dianggap pantas. Untuk itu hilangkah 5 hal ini untuk menarik perhatian HRD.

1. Pengalaman Kerja yang tidak Relevan

Hal yang mesti dihapus dalam CV agar ringkas yang pertama adalah dengan menghapus atau menghilangkan pengalaman kerja yang tidak sesuai dengan pekerjaan yang dilamar. Memiliki pengalaman kerja yang banyak memang bagus, namun alangkah baiknya tidak mencantumkan semuanya.

Terutama jika pengalaman tersebut tidak sesuai dengan posisi yang Anda lamar. Hapuslah beberapa pengalaman kerja yang tidak relevan dengan posisi yang Anda lamar sekarang. Selain memenuhi tempat, perekrut juga tidak tertarik dengan pengalaman tersebut.

2. Detail Riwayat Pendidikan

Pada CV yang perlu Anda cantumkan adalah jenjang pendidikan yang terakhir. Detail riwayat pendidikan, seperti tahun masuk atau bahkan Anda menghabiskan waktu yang lebih lama di kampus merupakan hal yang mesti dihapus dalam CV agar ringkas.

Selain itu perihal indeks prestasi juga tidak harus Anda cantumkan apabila nilai IPK Anda tidak seberapa. Selain itu juga terdapat beberapa poin dalam riwayat pendidikan yang harus Anda hilangkan, seperti jenjang sekolah dasar hingga sekolah menengah pertama.

Bakan bagi fresh graduate tidak perlu mengikuti aturan penulisan da jenjang pendidikan terakhir. Dengan demikian akan membuat Cv yang Anda buat terlihat lebih ringkas dan juga mudah untuk dibaca. Pastikan HRD atau perekrut menemukan semua keunggulan Anda dalam CV yang Anda buat.

3. Judul

Salah satu hal yang mesti dihapus dalam CV agar ringkas yang selanjutnya adalah judul ‘Curriculum Vitae’. Hal ini dianggap sebagai hal yang kuno. Untuk menggantinya Anda bisa menuliskan nama lengkap Anda pada bagian yang paling atas CV.

Selain itu di era yang serba digital ini sebagian besar lamaran kerja dikirim melalui email. Jadi, perekrut atau HRD sudah mendapat informasi perihal CV dari dokumen yang Anda lampirkan. Meski tidak memberi nama berkas dengan ‘CV’, namun pihak HRD sudah mengenalnya dengan baik.

Baca juga: Bolehkah Membuat CV 2 Halaman? Berikut Jawabannya

4. Keterangan Pekerjaan

Apabila Anda bekerja dibidang yang sama selama bertahun-tahun, pastinya pekerjaan tersebut sudah relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar sekarang. Apalagi jika dalam perjalanan Anda bisa menunjukkan bahwa Anda pernah bekerja pada sebuah perusahaan kecil dan besar.

Apabila Anda merasa harus memasukkan pengalaman kerja tersebut, maka tulislah pengalaman kerja tersebut sesingkat mungkin. Anda bisa mencantumkan jabatan dan nama perusahaan. Kemudian hapus semua deskripsi pekerjaan yang ada dibawahnya.

Tujuannya adalah untuk menjadi bahan wawancara di kemudian hari. namun, apabila Anda berpikir tidak perlu mencantumkan keterangan, maka sertakanlah pencapaian tertinggi ketika menduduki jabatan tertentu. Hal yang mesti dihapus dalam CV agar ringkas ini perlu Anda pertimbangkan dengan sungguh-sungguh.

5. Alamat Lengkap

Hal yang harus dihapus dalam CV agar ringkas yang selanjutnya adalah alamat lengkap. Pasalnya menulis alamat lengkap pada Cv merupakan penting untuk urusan surat menyurat. Namun, untuk saat ini hal ini sudah tidak dibutuhkan kembali karena sudah dikirim melalui email.

Namun, Anda tetap saja boleh menuliskan lokasi tempat tinggal secara umum, seperti nama kota. Pada pekerjaan tertentu tempat tinggal justru bisa menjadi keunggulan jika dibandingkan dengan kandidat yang lainnya.

Meski demikian HRD atau perut dapat saja memilih kandidat yang tinggal didekat tempat bekerja. atau sebaliknya jika lokasi tempat tinggal jauh akan menimbulkan efek negatif. Jadi alangkah baiknya jika alamat lengkap dalam CV tersebut dihilangkan saja.

Bagaimana sudah mengetahui hal yang mesti dihapus dalam CV agar ringkas? Anda bisa mencantumkan hal-hal yang penting saja agar Cv yang Anda buat terlihat lebih menarik HRD. 

Bagikan Artikel: