10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

bolehkah membuat CV 2 halaman?

Bolehkah Membuat CV 2 Halaman? Berikut Jawabannya

Dalam melamar pekerjaan CV merupakan hal yang sangat penting. umumnya CV ini dibuat hanya satu halaman saja, lalu bolehkah membuat CV 2 halaman? Sebenarnya jumlah halaman CV ini justru menjadi hal yang membingungkan untuk sebagian pelamar pekerjaan.

Hal ini berdasarkan pada setiap pelamar pekerjaan memiliki pandangan yang berbeda perihal jumlah halaman pada CV yang Anda kirim ke alamat tempat kerja yang Anda tuju. Namun, sebagai pelamar Anda harus memiliki gambaran yang tepat perihal berapa jumlah halaman CV yang tepat.

Sebaiknya Satu atau Dua Halaman CV?

Sebagai pelamar kerja, Anda tentu memiliki bayangan bagaimana lamaran Anda diterima dan diproses oleh pihak perusahaan yang bersangkutan. Adakalanya Anda bertanya-tanya bolehkah membuat CV 2 halaman? dan memberi informasi yang detail atau lebih memilih satu halaman CV yang singkat dan padat.

Dalam menulis CV memang idealnya disesuaikan dengan perjalanan karir yang selama ini dialami oleh pelamar. Maka semakin panjang perjalanan karir seorang pelamar, maka akan semakin banyak ruang yang dibutuhkan untuk mencantumkan pengalaman tersebut.

Namun, tentu berbeda dengan fresh graduate atau pelamar yang belum memiliki pengalaman kerja yang profesional. Dengan demikian Anda nantinya akan kesusahan jika ingin membuat CV lebih dari satu lembar. Lalu, kira-kira bolehkah membuat CV 2 halaman?

Untuk membuat CV bagi fresh graduate, maka Anda bisa menuliskan CV satu halaman saja dan buatlah CV yang memberi informasi yang padat dan berisi perihal yang perlu Anda jelaskan. Namun, jangan lupa untuk tetap mengupayakan supaya CV Anda tidak terlalu singkat.

Pada dasarnya CV itu sendiri merupakan hal yang penting apabila dibandingkan dengan jumlah halamannya. Dengan demikian anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan juga kondisi Anda.

Lalu, bolehkah membuat CV 2 halaman? Dari hasil penelitian menunjukkan CV dengan jumlah satu halaman akan lebih cocok untuk fresh graduate yang belum memiliki pengalaman kerja atau bagi karyawan baru yang baru memiliki pengalaman kerja yang sedikit.

Sedangkan untuk CV yang terdiri atas dua halaman ini biasanya diperuntukkan bagi karyawan yang sudah memiliki berbagai pengalaman kerja atau sudah berpengalaman di atas lima tahun.

Baca juga: 3 Langkah Mudah Membuat dan Memilih Warna CV yang Menarik

CV 1 Halaman atau Cv 2 Halaman?

Bagaimana sudah mengetahui jawaban bolehkah membuat CV 2 halaman? lalu, apa saja keuntungan membuat Cv 1 halaman dan membuat CV 2 halaman? berikut beberapa keuntungannya membuat CV 1 halaman atau 2 halaman.

1. Keuntungan Membuat CV 1 Halaman

Dalam membuat CV satu halaman ini tentu memiliki keunggulan tersendiri jika dibanding dengan membuat CV 2 lembar. Berikut adalah keuntungan membuat CV 1 halaman.

  • Mudah diakses

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, maka semakin singkat CV yang Anda buat maka akan semakin dilirik oleh HRD. Hal ini biasanya dikarenakan perekrut hanya membaca dan memproses dengan cepat.

  • Cocok untuk ATS

Dengan membuat CV satu halaman akan menimbulkan kesan yang friendly jika dibanding dengan membuat Cv 2 halaman. hal ini disebabkan ATS hanya terdapat pada program untuk scan satu halaman untuk mencari kata kunci.

  • Terlihat rapi

CV yang dibuat dengan hanya satu halaman tentu dapat dibuka dan dibaca secara langsung. Sebab seluruh data akan dapat terlihat secara langsung diwaktu yang sama. hal ini tentu berbeda jika Anda membuat CV 2 halaman yang mana HRD harus menggulir dari halaman 1 ke halaman berikutnya.

2. Keuntungan Membuat CV 2 Halaman

Jadi, bolehkah membuat CV 2 halaman? maka jawabannya adalah boleh. Cv dengan jumlah halaman yang lebih dari satu ini tentunya memiliki keuntungan tersendiri bagi para pelamar. Berikut adalah beberapa keuntungan yang didapat dengan menggunakan CV 2 halaman.

  • Memberi kesan positif pada HRD

Jika Anda menggunakan CV lebih dari satu halaman atau membuat CV 2 halaman, keuntungan yang bisa Anda dapatkan yang pertama adalah sebagai tanda jika Anda antusias dan bersemangat untuk melamar di posisi tersebut.

  • Dapat menulis banyak informasi

Dengan membuat CV dua halaman Anda bisa menuliskan semua informasi yang relevan. Selain itu Anda juga bisa memasukkan semua pengalaman kerja dan keterampilan yang Anda miliki agar dilirik oleh HRD.

  • Bisa mendeskripsikan tugas dan prestasi

Selain kedua keuntungan di atas Anda juga bisa menjelaskan tugas serta prestasi yang Anda miliki pada komponen pengalaman kerja. Hal ini tentu akan sangat membantu HRD untuk menilai secara optimal dari CV Anda.

Jadi, bolehkah membuat CV 2 halaman? tentu saja diperbolehkan. Anda bisa membuat CV sesuai dengan kebutuhan Anda. Bagi yang fresh graduate bisa membuat CV 1 halaman sedangkan bagi yang memiliki pengalaman kerja lebih dari 5 tahun bisa membuat CV 2 halaman.

Bagikan Artikel: