gaji barista Janji Jiwa

Besaran Gaji Barista Janji Jiwa dan Fasilitasnya

Besaran gaji barista Janji Jiwa ini cukup dipertanyakan. Sebab seperti yang telah diketahui oleh khalayak ramai Kopi Janji Jiwa merupakan sebuah brand kopi yang ternama. Selain jumlah outlet sangat banyak yang tersebar luas di seluruh Indonesia, tentunya bergabung menjadi barista janji jiwa memiliki gaji menarik. Berikut ini penjelasan dan besaran gaji barista janji jiwa, yuk simak!!!

Mengenal Lebih Banyak Tentang Janji Jiwa

Dikutip dari Jiwa Group, janji jiwa merupakan salah satu brand kopi Indonesi. Brand kopi ini yang sangat populer karena telah memiliki lebih dari 900 outlet hingga saat ini. Brand Janji jiwa mengusung tema fresh to cup, dengan value “A Cup for the Farmers, A Cup for the Partners, and A Cup for the People”.

Baca juga: Cara Melamar Kerja di Janji Jiwa Sebagai Barista

Gaji Barista Janji Jiwa

Dilansir dari Upah Kerja, gaji barista janji jiwa adalah Rp 3.100.000 per bulan. Sedangkan untuk barista part time adalah Rp 1.900.000. Barista merupakan seorang profesional yang terampil dalam membuat dan menyajikan minuman kopi. Sehingga posisi barista sangat penting bagi keberlangsungsungan brand janji jiwa. Barista harus memahami juga berperan sebagai pelayan, menerima pesanan pelanggan, memberikan rekomendasi, dan menjawab pertanyaan tentang kopi. Keterampilan komunikasi dan pelayanan pelanggan yang baik juga sangat penting.

Fasilitas Kerja Karyawan Janji Jiwa

Barista merupakan salah satu posisi pekerjaan dalam struktur karyawan di Janji Jiwa. Oleh karena itu, barista akan mendapatkan fasilitas kerja karyawan yang terdapat di Janji Jiwa, yaitu:

1. Tunjangan

Tunjangan adalah kompensasi tambahan yang diberikan kepada karyawan di luar gaji pokok mereka. Tunjangan dapat mencakup berbagai macam hal, seperti tunjangan kesehatan, tunjangan makan, tunjangan transportasi, dan lain sebagainya. Tunjangan ini bertujuan untuk membantu karyawan menjaga kesejahteraan mereka dan mengurangi beban biaya hidup.



2. Jenjang Karir

Banyak perusahaan termasuk Janji Jiwa, memberikan peluang untuk pengembangan karir bagi karyawan mereka. Ini dapat mencakup peluang untuk promosi dan peningkatan tanggung jawab, serta jenjang karir yang jelas dan rencana pengembangan untuk membantu karyawan mencapai tujuan karir mereka.

3. Pelatihan dan Pengembangan

Perusahaan janji jiwa sering menyediakan pelatihan dan program pengembangan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan karyawan. Ini dapat mencakup pelatihan dalam teknis khusus, pelatihan manajerial, atau pelatihan keahlian lunak seperti keterampilan komunikasi dan kepemimpinan.

4. Bonus

onus adalah kompensasi tambahan yang diberikan kepada karyawan berdasarkan kinerja individu atau kinerja perusahaan secara keseluruhan. Bonus bisa berupa bonus tahunan, bonus kinerja, atau bonus proyek khusus, tergantung pada kebijakan perusahaan janji jiwa.

Baca juga: Berapa gaji seorang barista di Starbucks? Simak Jawabannya!

Cara Menjadi Seorang Barista Profesional 

Dikutip dari Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industrian, berikut ini cara untuk menjadi seorang barista yang profesional yaitu:

1. Ikut Pelatihan Barista

Cara pertama yang paling penting adalah mengikuti pelatihan barista. Anda dapat mencari kursus pelatihan barista yang ditawarkan oleh sekolah kuliner atau kedai kopi terkemuka. Pelatihan ini akan mengajarkan Anda dasar-dasar pembuatan kopi, termasuk penggilingan biji kopi, penggunaan mesin espresso, teknik pengekstrakan, dan seni pembuatan minuman.



2. Pahami Cara Menggunakan Mesin Pengolah Kopi

Mesin pengolah kopi adalah alat utama yang digunakan oleh barista. Anda perlu memahami cara mengoperasikan mesin kopi dengan baik, termasuk pengaturan suhu, tekanan, dan alat bantu yang ada. Pemahaman tentang perawatan dan pemeliharaan mesin juga penting untuk menjaga kualitas kopi yang dihasilkan.

3. Pahami Jenis-Jenis Kopi

Mengetahui berbagai jenis kopi dan karakteristiknya adalah kunci untuk menjadi barista yang terampil. Pelajari tentang berbagai varietas biji kopi, metode pengolahan, dan asal-usul kopi. Ini akan membantu Anda memberikan rekomendasi kepada pelanggan, memahami perbedaan rasa, dan meracik kopi sesuai dengan preferensi mereka

4. Melamar Magang Atau Kerja Paruh Waktu Jadi Barista

Setelah Anda mendapatkan dasar-dasar melalui pelatihan, Anda dapat mencari peluang magang atau pekerjaan paruh waktu sebagai barista. Ini akan memberi Anda pengalaman praktis dalam mengoperasikan mesin espresso, meracik minuman, dan berinteraksi dengan pelanggan. Magang atau pekerjaan paruh waktu ini juga dapat membantu Anda memahami dinamika pekerjaan di kedai kopi atau kafe.

Reference:

https://jiwagroup.com/id/whaton/detail/39/JANJIJIWA3RDANNIVERSARY

https://cdcbpsdmi.kemenperin.go.id/article/detail/daftar-gaji-barista-di-starbuck-janji-jiwa-dan-kopi-kenangan-terbaru-2022

upahkerja.com/gaji-barista-janji-jiwa


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.