fungsi paklaring

Berbagai Fungsi Paklaring Bagi Pemula

Fungsi paklaring sering dipertanyakan oleh berbagai pihak, khususnya bagi Anda yang baru saja memutuskan untuk mengundurkan diri maupun mendapatkan musibah berupa pemutusan hubungan kerja oleh perusahaan. Biasanya perusahaan akan memberikan surat.

Surat inilah yang biasa disebut dengan sebutan paklaring, namun tidak semua karyawan mengerti serta memahami fungsi dan kelebihan dari surat tersebut. Beberapa karyawan bahkan sampai ada yang belum mengerti apa yang dimaksud sebagai surat paklaring saat ini.

Terlebih jika Anda merupakan pemula dan ingin mengundurkan diri atau resign dari pekerjaan sebelumnya, pasti tidak begitu memahami kegunaan serta betapa krusialnya penggunaan surat tersebut. Sebelum memahami fungsi paklaring, sebaiknya Anda mengerti definisinya.

Pengertian dari Paklaring

Secara bahasa sendiri istilah paklaring berasal dari bahasa Belanda yaitu verklaring, memiliki artian sebagai pernyataan atau bisa juga disebut dengan penerangan. Oleh karena itu dapat dikatakan merupakan sebuah surat yang berfungsi sebagai pernyataan setelah keluar kerja.

Sedangkan menurut Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN), surat tersebut didefinisikan sebagai sebuah dokumen untuk menyatakan seseorang pernah bekerja pada perusahaan dalam bagian serta jangka waktu tertentu, sehingga fungsi paklaring sangat penting sekarang.

Pada saat ini hampir semua perusahaan akan melihat surat milih Anda jika ingin mendaftar disana, hal tersebut dilakukan supaya dapat melihat bagaimana kinerja karyawan pada perusahaan sebelumnya. Didalamnya berisi jenjang karier serta diberikan setelah mundur.

Baca juga: Perbedaan Paklaring dengan Surat Keterangan Kerja

Syarat untuk Membuatnya

Setelah memahami pengertian serta beberapa fungsi paklaring, Anda pasti merasa penasaran mengenai beberapa syarat yang dibutuhkan supaya dapat membuat serta mengurus dokumen surat tersebut. 

Beberapa persyaratan tersebut umumnya diperlukan, sehingga HRD akan membuatkan Anda surat tersebut dengan mudah. Langkah pertama untuk mendapatkan dokumen ini adalah harus melakukan resing dengan baik-baik, biasa dilakukan dengan 30 hari sebelum resign.

Selanjutnya adalah dilakukan dengan mengurus segala kewajiban yang harus dilakukan sebelum resign, biasanya mengikuti kebijakan setiap perusahaan. Selain itu Anda juga harus bekerja selama minimal 1 tahun untuk dapat mengurus dan menggunakan fungsi paklaring.

Baca juga: Perbedaan Surat Keterangan Kerja dengan Paklaring

Berbagai Macam Fungsinya

Karena memiliki beragam fungsi paklaring cukup penting didalamnya, membuat surat tersebut begitu krusial. Karena dengan menggunakan surat tersebut, perusahaan akan mampu melihat kondisi serta kinerja karyawan pada perusahaan sebelumnya baik atau tidak.

Surat tersebut biasanya diterbitkan kepada beberapa karyawan yang menyudahi masa kerjanya pada saat ini, baik karena ingin mengundurkan diri atau mendapatkan pemutusan hubungan kerja. Biasanya akan diberikan langsung oleh HRD kepada karyawan tersebut.

Penggunaannya cukup krusial, karena biasa digunakan sebagai pengantar karyawan sehingga dapat mendaftar pada perusahaan berikutnya dengan lancar. Namun bukan itu saja fungsi paklaring, karena didalamnya terdapat beberapa fungsi lainnya yang patut Anda pahami.

1. Mencairkan Dana BPJS

Setelah Anda keluar dari perusahaan, biasanya pihak perusahaan akan memberikan dana tunjangan kepada karyawannya. Namun terdapat juga perusahaan yang bekerja sama dengan BPJS ketenagakerjaan, sehingga karyawan akan mendapatkan santunan dua kali lipat saat itu.

Fungsi paklaring sendiri digunakan sebagai syarat untuk mencairkan dana santunan yang berasal dari BPJS ketenagakerjaan tersebut, karena digunakan sebagai bukti bahwa Anda selaku pengambil dana santunan sudah benar-benar keluar dari perusahaan sebelumnya.

Oleh karena itu untuk mendapatkan dana tersebut, harus memastikan terlebih dahulu bahwa semua surat serta dokumen yang dibutuhkan sudah lengkap. Karena biasanya banyak sekali karyawan melupakan paklaring, akhirnya dana BPJS miliknya tidak dapat dicairkan saat itu.



2. Mengajukan Pinjaman Bank

Selain digunakan sebagai syarat dokumen untuk mengambil dana santunan BPJS, fungsi paklaring juga sering digunakan oleh mantan karyawan guna mendapatkan pinjaman dari bank. Biasanya mereka membutuhkan pinjaman untuk mulai berwirausaha secara mandiri.

Terdapat beberapa pinjaman yang bisa Anda pilih, dengan menggunakan syarat tersebut sebagai dokumen persyaratan guna mengambil pinjaman pada bank tersebut. Biasanya terdiri dari kredit tanpa agunan (KTA), kredit kendaraan bermotor (kkb), serta KPR.

Surat tersebut biasa digunakan sebagai jaminan ketika Anda ingin mengambil pinjaman pada bank, sehingga dapat dikatakan surat paklaring cukup krusial. Karena dapat digunakan sebagai jaminan ketika ingin meminjam di bank, setara dengan sertifikat tanah.

Dengan kegunaan yang cukup bermanfaat serta krusial, pastikan Anda mengurus surat tersebut setelah keluar dari perusahaan. Berbagai kemudahan bisa Anda dapatkan ketika memiliki surat tersebut, sehingga fungsi paklaring cukup krusial.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.