Cari Kerja dan Cari Cuan untuk Bahagiakan Keluarga

contoh surat lamaran kerja tulis tangan belum berpengalaman

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan Belum Berpengalaman

Contoh surat lamaran kerja tulis tangan belum berpengalaman hadir menjadi salah satu solusi paling baik untuk Anda agar berani melamar pekerjaan sebagai seorang fresh graduate. Sebagai seorang fresh graduate tentu identik dengan belum berpengalaman sehingga takut kalah bersaing saat melamar pekerjaan.

Karena surat lamaran kerja ini merupakan hal yang penting dan menjadi salah satu pertimbangan seorang HRD menerima pelamar. Maka sebagai fresh graduate harus tahu dulu beberapa cara menulis apabila Anda belum memiliki pengalaman.

Berikut Poin Penting dalam Menulis Surat Lamaran Kerja

Jadi sebelum beralih pada contoh surat lamaran kerja tulis tangan belum berpengalaman, di bawah ini akan kami jelaskan apa saja poin penting yang tidak boleh tertinggal dituliskan dalam membuat surat lamaran bekerja.

  1. Sebut Posisi yang Diinginkan

Saat akan mengajukan suatu lamaran pekerjaan, hal pertama tidak boleh Anda lupakan adalah menyebutkan terlebih dahulu posisi yang ingin ditempati. Penyebutan posisi sesuai keinginan akan memudahkan rekrutrer untuk menyeleksi kesesuaian kualifikasi dengan posisi yang diinginkan.

  1. Perkenalan Diri

Selanjutnya tentu saja perkenalan diri dalam contoh surat lamaran kerja tulis tangan belum berpengalaman tersebut. Perkenalan diri dapat dilakukan secara singkat dengan menuliskan latar belakang pendidikan atau budaya. Tidak perlu bertele-tele karena biasanya akan ada CV yang memperkalkan diri Anda secara keseluruhan.

  1. Pengalaman Organisasi atau Magang

Sebagai seorang fresh graduate mungkin belum memiliki pengalaman bekerja tapi jangan khawatir karena Anda tetap bisa menarik perhatian rekrutrer, yaitu dengan mencantumkan pengalaman dalam mengikuti organisasi, magang, kerja part time, ataupun freelancer selama berkuliah.

Begitu pula bagi seorang lulusan SMA/SMK dapat mencantumkan pengalaman berorganisasi atau mengikuti perlombaan-perlombaan yang sekiranya dapat meyakinkan rekruter untuk menerima Anda. Tidak perlu banyak karena seperti dijelaskan sebelumnya, hal-hal seperti ini seharusnya sudah tercantum pada CV Anda.

  1. Dokumen Pendukung

Selain surat lamaran dan CV biasanya Anda juga diminta beberapa dokumen pendukung lainnya seperti sertifikat, transkrip nilai, maupun ijazah. List dari dokumen-dokumen pendukung tersebut jangan lupa dilampirkan pada isi surat.

Selain itu juga dapat menyebutkan beberapa soft skill yang dimiliki dan sekiranya dapat membantu kelancaran saat bekerja serta meyakinkan rekruter untuk menerima Anda pada posisi yang diinginkan.

  1. Kontak Aktif

Hal tidak boleh terlupakan untuk ditulis dalam contoh surat lamaran kerja tulis tangan belum berpengalaman dan sangat penting adalah mencantumkan kontak aktif. Kontak aktif dapat berupa nomor telepon ataupun alamat email. Apabila Anda mencantumkan alamat email sebagai kontak aktif maka pastikan untuk mengeceknya secara berkala.

Hal ini karena apabila Anda diterima maka pihak rekruter akan menghubungi kontak aktif tersebut. Jangan sampai tidak jadi diterima pekerjaan hanya karena lupa mencantumkan kontak aktif.

Baca juga: Contoh surat lamaran kerja di hotel

Keunggulan Menulis Surat Lamaran Kerja Secara Tulis Tangan

Sebelum mengulik lebih lanjut contoh surat lamaran kerja tulis tangan belum berpengalaman Anda juga perlu tahu hal lain. Salah satunya yaitu alasan mengapa menulis surat lamaran kerja harus dengan tulis tangan.

Sebenarnya tidak ada keharusan untuk membuat secara tulis tangan, namun ada beberapa keunggulan apabila dilakukan. Bahkan ada beberapa perusahaan yang memang mewajibkan pelamar mengirimkan dalam bentuk tulis tangan, loh.

  1. Keseriusan dalam Melamar

Keunggulan pertama yaitu dengan menulis tangan, seorang rekruter dapat melihat keseriusan Anda dalam melamar pekerjaan. Hal ini karena Anda harus mengeluarkan usaha serta meluangkan waktu lebih banyak dibandingkan hanya mengetik pada laptop.

  1. Melihat Karakter Kepribadian Seseorang

Keunggulan selanjutnya yaitu dapat dimanfaatkan perusahaan untuk melihat karakter kepribadian seseorang. Karakter semacam ini dapat diketahui dengan melihat bentuk maupun gaya tulisannya.

Ilmu yang mempelajari tentang membaca tulisan tangan seseorang untuk mengetahui karakter penulisnya disebut grafologi. Ilmu grafologi ini banyak digunakan pada perusahaan maupun pabrik dalam merekrut karyawan baru. 

Selain itu ilmu grafologi juga masih banyak digunakan oleh apparat kepolisian untuk mengungkap kasus, misalnya pelaku bunuh diri yang meninggalkan tulisan, dan lain-lain. Dari grafologi ini aparat kepolisian dapat mengidentifikasi karakter serta sifat pelaku bunuh diri.

  1. Terlihat Lebih Profesional

Selanjutnya, keunggulan dari tulisan tangan yang ditulis dengan baik mampu meyakinkan perusahaan bahwa Anda adalah seseorang yang profesional.

Baca juga: Contoh surat lamaran kerja perawat

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan Belum Berpengalaman

Jadi, berikut adalah beberapa contoh dari surat lamaran kerja tulis tangan belum berpengalaman untuk Anda.

1. Contoh surat lamaran kerja tulis tangan belum berpengalaman Fresh Graduate

2. Contoh surat lamaran kerja tulis tangan belum berpengalaman Untuk Posisi HRD

3. Contoh surat lamaran kerja tulis tangan belum berpengalaman Untuk Bank

4. Contoh surat lamaran kerja tulis tangan belum berpengalaman Untuk Toko Ritel

Contoh surat lamaran kerja tulis tangan belum berpengalaman Untuk Toko Ritel

Setelah membaca ulasan serta contoh surat lamaran kerja tulis tangan belum berpengalaman di atas tentu Anda tidak khawatir lagi kan untuk melamar pekerjaan sebagai seorang fresh graduate?

Bagikan Artikel:

About The Author