Mengapa CV Hardcopy Masih di Perlukan?

Mengapa CV Hardcopy Masih Diperlukan? Ini Alasannya

Tahukah Anda mengapa CV hardcopy masih di perlukan?

Padahal saat ini sudah banyak perusahaan yang menerima CV digital atau softcopy.

Sebenarnya penyerahan berkas-berkas secara hardcopy dan softcopy mempunyai beberapa perbedaan yang cukup signifikan sehingga berpengaruh pada lamaran kerja.

Walaupun sebenarnya kedua jenis CV atau surat lamaran kerja tersebut baik dalam hardcopy maupun softcopy mempunyai fungsi yang sama.

Namun terkadang ada beberapa perusahaan yang memang mewajibkan bagi para pelamar untuk mengirim berkas dalam bentuk hardcopy ataupun softcopy.

Baca juga: Alasan Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan Masih Diperlukan

Mengapa CV Hardcopy Masih Diperlukan?

Di zaman digital ini memang semakin banyak perusahaan yang lebih menerima surat lamaran dalam bentuk softcopy dibandingkan hardcopynya.

Namun ada juga perusahaan yang masih mewajibkan dan hanya menerima berkas-berkas hardcopy surat lamaran ketika membuka lowongan kerja.

Berkas lamaran atau CV baik dalam softcopy maupun hardcopy mempunyai fungsi yang sama dan isinya juga sama namun berbeda fisiknya saja.

Ada beberapa alasan mengapa CV hardcopy masih di perlukan? saat ini oleh beberapa perusahaan tertentu, simak berikut ini alasannya.

1. Untuk Melihat Keaslian Berkas

Biasanya bagi beberapa perusahaan yang ingin melihat secara langsung berkas akan melakukan pemeriksaan keaslian pada berkas tersebut.

Sehingga dengan melihat berkas asli, perusahaan bisa lebih yakin bahwa berkas-berkas yang dikumpulkan adalah asli dan legal.

Biasanya untuk lamaran pekerjaan di awal sendiri hanya membutuhkan softcopy saja namun ketika sudah dipanggil wawancara membutuhkan hardcopynya.

Agar nantinya ketika dilakukan wawancara, penguji bisa langsung membuktikan dan mengecek keaslian dari berkas-berkas yang ada.

2. Untuk Melengkapi Arsip Karyawan

Mengapa CV hardcopy masih di perlukan? Karena pada akhirnya CV hardcopy adalah berkas fisik yang akan dibutuhkan juga.

Apalagi jika pelamar sudah dipilih dan lolos seleksi menjadi karyawan maka dibutuhkan berkas-berkas untuk menjadi arsip karyawan di perusahaan tersebut.

Pemberkasan ini biasanya dibutuhkan sebagai arsip perusahaan untuk mengetahui identitas lengkap dari karyawannya.

Dengan begitu perusahaan bisa mempunyai data lengkap mengenai karyawan dan tidak perlu lagi bertanya mengenai kelengkapan identitas karyawan tersebut karena sudah ada semuanya dalam berkas.

Baca juga: Cara Membuat CV di HP dengan Lengkap

3. Untuk Menghindari Manipulasi Data

Alasan selanjutnya mengapa CV hardcopy masih di perlukan?

Karena semakin canggih teknologi semakin mudah pula bagi setiap orang untuk melakukan manipulasi terhadap suatu data atau berkas.

Bukan tidak mungkin berkas yang dikumpulkan secara digital atau softcopy bisa dimanipulasi oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Misalnya dengan merubah tanggal atau mengganti nama pada sertifikat semua itu bisa dilakukan dengan mudah hanya menggunakan aplikasi editor foto saja.

Maka dari itu dengan mengirimkan berkas hardcopy keaslian bisa terjamin karena berkas sudah dikirim secara asli atau fotocopy legalisir.

Manipulasi data ini sangat berbahaya karena dengan menggunakan aplikasi editor foto saja Anda sudah bisa membuat SKCK tanpa harus pergi ke kantor polisi.

Atau membuat persyaratan surat lamaran kerja lain yang tidak diketahui keasliannya jika hanya dikirim menggunakan versi digital.



Lebih Baik Kirim Berkas Hardcopy atau Softcopy?

Bagi Anda yang mungkin masih bertanya-tanya apakah lebih baik mengirimkan berkas softcopy atau hardcopy ketika membuat lamaran pekerjaan.

Jawabannya bisa Anda temukan melihat dari persyaratan yang diberikan oleh perusahaan tersebut apakah membutuhkan lamaran softcopy atau hardcopy.

Karena biasanya setiap perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan menawarkan persyaratan yang berbeda-beda, jika menerima lamaran melalui email maka harus dikirimkan softcopy.

Atau jika perusahaan hanya menerima lamaran yang dikirimkan ke alamat perusahaan maka harus dikirimkan lamaran hardcopynya.

Jadi mengapa CV hardcopy masih di perlukan? Jawabannya kembali pada perusahaan itu sendiri.

Tidak semua perusahaan menerima berkas softcopy saja walaupun sudah memiliki tenaga itu, website dan email yang diperlukan untuk menerima lamaran digital.

Walaupun saat ini dunia teknologi sudah semakin canggih namun berkas-berkas hardcopy masih dibutuhkan karena berkaitan dengan keabsahan berkas tersebut.

Terkadang berkas hardcopy memang cukup merugikan karena membutuhkan biaya untuk membuatnya dan cukup merepotkan ketika harus mengirimkannya ke perusahaan.

Jika dibandingkan pengiriman surat lamaran menggunakan email atau Google form yang hanya perlu menggunakan internet saja lebih mudah dan cepat.

Jadi mengapa CV hardcopy masih di perlukan? Karena sampai saat ini berkas-berkas di perusahaan memang harus ada sebagai arsip perusahaan dan berkaitan juga dengan keaslian berkas.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.