Contoh Surat Lamaran Kerja Perawat Untuk Berbagai Tempat

5 Contoh Surat Lamaran Kerja Perawat untuk Berbagai Tempat

Artikel ini akan memberikan panduan serta contoh surat lamaran kerja yang khusus ditujukan untuk posisi perawat di berbagai tempat. Sebagai profesi yang sangat penting dalam dunia kesehatan, perawat memiliki peran utama dalam memberikan perawatan medis dan kenyamanan kepada pasien.

Oleh karena itu, proses melamar pekerjaan sebagai perawat memerlukan surat lamaran yang baik dan menarik perhatian pihak yang bertanggung jawab atas penerimaan. Dalam artikel ini, kami akan membahas langkah-langkah kunci dan contoh dalam menulis surat lamaran yang efektif dan memberikan contoh surat lamaran yang dapat menjadi referensi bagi para calon perawat yang ingin mengembangkan karir mereka di berbagai tempat.

Syarat Melamar Kerja Sebagai Perawat

1. Ijazah Pendidikan Minimal Diploma Keperawatan

Untuk melamar pekerjaan sebagai perawat, Anda perlu memiliki setidaknya diploma keperawatan sebagai dasar pendidikan Anda. Ijazah ini akan menjadi bukti bahwa Anda telah menyelesaikan pendidikan formal dalam bidang keperawatan.

2. Mempunyai STR

STR adalah dokumen yang menunjukkan bahwa Anda terdaftar sebagai perawat yang memiliki lisensi resmi untuk praktik keperawatan. Ini adalah syarat wajib untuk bekerja sebagai perawat di berbagai tempat.

3.  Mempunyai Sertifikat PPGD (Posisi Perawat)

Sertifikat PPGD adalah sertifikat yang menunjukkan bahwa Anda telah mengikuti pelatihan atau kursus dalam posisi perawat tertentu. Ini dapat menjadi nilai tambah dalam proses lamaran Anda.



4. Punya Kemampuan Yang Baik Dalam Hal Berkomunikasi, Jujur, Ramah, Disiplin Dan Berkomitmen

Sebagai perawat, kemampuan berkomunikasi yang baik sangat penting untuk berinteraksi dengan pasien dan tim medis. Selain itu, integritas, keramahan, disiplin, dan komitmen terhadap pekerjaan adalah nilai-nilai yang sangat dihargai dalam profesi ini.

5. Bisa Bekerjasama Dengan Team Work

Kemampuan untuk bekerja sama dengan baik dalam tim adalah keterampilan yang sangat penting dalam pekerjaan perawat. Pasien menerima perawatan terbaik ketika tim medis dapat bekerja bersama-sama dengan efektif.

6. Surat Lamaran

Surat lamaran adalah dokumen yang berisi niat Anda untuk melamar posisi perawat. Ini juga bisa menjadi kesempatan untuk menunjukkan minat Anda dalam posisi tersebut dan mengapa Anda adalah kandidat yang cocok.

Baca juga: Berapa Gaji Perawat di Indonesia?

7. CV

CV adalah rangkuman singkat tentang riwayat pendidikan, pengalaman kerja, dan keterampilan Anda. Ini memberikan gambaran lengkap tentang keperawatan kepada pihak penerimaan tentang latar belakang Anda.

8.  Fotokopi Ktp, Ijazah Dan Transkrip Nilai

Fotokopi KTP digunakan untuk verifikasi identitas Anda, sedangkan fotokopi ijazah dan transkrip nilai digunakan untuk menunjukkan latar belakang pendidikan Anda.



9.  Pas Foto 3×4 Sebanyak 2 Lembar

Pas foto digunakan untuk identifikasi Anda dalam berbagai dokumen administratif. Biasanya, ini harus berukuran 3×4 cm dan ada dua lembar.

10.  Fotokopi STR

Fotokopi STR adalah bukti bahwa Anda memiliki lisensi untuk praktik keperawatan yang sah.

11.  Fotokopi Sertifikat PPGD (Posisi Perawat)

Fotokopi sertifikat PPGD menunjukkan bahwa Anda telah mengikuti pelatihan tambahan yang relevan dengan posisi perawat yang Anda lamar.

12.  Fotokopi Sertifikat Pendukung Lain

Jika Anda memiliki sertifikat pendukung atau pelatihan lain yang relevan dengan keperawatan, fotokopi sertifikat tersebut dapat memperkuat lamaran Anda.

 13. Fotokopi Kartu Ak/1 Yang Sudah Dilegalisir (Dapat Diberikan Menyusul)

Kartu AK/1 adalah kartu tanda anggota yang menunjukkan keanggotaan Anda dalam organisasi profesi keperawatan. Legalisasi mungkin diperlukan untuk memastikan keaslian dokumen ini.

Baca juga: Beberapa Tipe Kandidat yang Masuk Blacklist HRD, Hindari!

Tahapan Yang Mesti Dilalui Seorang Perawat Sebelum Melamar Kerja

1. Jurusan Ipa Di SMA

Banyak perawat memulai persiapan mereka dengan menyelesaikan pendidikan menengah di jurusan IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) di SMA atau sekolah setara. Ini memberikan dasar ilmiah yang penting untuk memahami prinsip-prinsip medis yang akan digunakan dalam praktik keperawatan.

2. Fakultas Keperawatan

Setelah lulus dari SMA, seseorang dapat melanjutkan pendidikan keperawatan di perguruan tinggi atau universitas yang memiliki fakultas keperawatan. Ini adalah tahap awal dalam mempersiapkan diri untuk menjadi seorang perawat.

3. Kelulusan

Setelah menyelesaikan program pendidikan keperawatan di perguruan tinggi, individu tersebut harus lulus dari program tersebut dengan sukses. Kelulusan dari program pendidikan keperawatan adalah langkah penting untuk mendapatkan ijazah keperawatan.

4. Sumpah Perawat

Sumpah perawat adalah komitmen moral dan etika yang diucapkan oleh perawat yang baru lulus. Ini mencakup janji untuk memberikan perawatan yang aman, peduli, dan etis kepada pasien. Sumpah perawat menandai pengakuan formal seorang individu sebagai perawat terlatih.

5.  Sarjana Keperawatan

Beberapa perawat memilih untuk mengejar gelar sarjana keperawatan setelah lulus dari program pendidikan keperawatan dasar. Ini adalah pilihan tambahan yang dapat meningkatkan pemahaman dan kualifikasi mereka dalam praktik keperawatan.

6. Pendidikan Profesi Ners

Pendidikan profesi ners adalah tahap lanjutan dalam pendidikan keperawatan yang mempersiapkan perawat untuk menjadi seorang ners yang sangat terlatih. Ini melibatkan studi lebih mendalam dalam praktek klinis dan manajemen perawatan.

7. Surat Tanda Registrasi (STR)

STR adalah dokumen yang dikeluarkan oleh otoritas yang berwenang yang menunjukkan bahwa seseorang telah terdaftar sebagai perawat yang memiliki lisensi resmi untuk praktik keperawatan. Ini adalah syarat wajib yang harus dimiliki sebelum seseorang dapat bekerja sebagai perawat.

Baca juga: Contoh surat lamaran kerja di rumah sakit

Dokumen Yang Mesti Dilengkapi Selain Surat Lamaran Kerja Untuk Melamar Sebagai Perawat

1.  Ijazah Yang Dilegalisir

Ijazah Anda dari program pendidikan keperawatan harus dilengkapi dengan legalisasi resmi, biasanya oleh kantor pendidikan setempat atau instansi yang berwenang. Legalisasi memastikan bahwa ijazah Anda adalah dokumen sah yang diakui.

2.  STR

STR adalah bukti bahwa Anda terdaftar sebagai perawat yang memiliki lisensi resmi untuk praktik keperawatan. Ini adalah syarat wajib yang harus Anda miliki untuk melamar pekerjaan sebagai perawat.

3. SKCK

SKCK adalah dokumen yang menunjukkan catatan kepemilikan Anda dalam hal catatan kriminal. Biasanya, sebelum Anda dipekerjakan dalam bidang kesehatan, Anda harus memberikan bukti bahwa Anda tidak memiliki catatan kriminal yang serius.

4. KTP

KTP adalah dokumen identifikasi yang digunakan untuk memverifikasi identitas Anda. Ini diperlukan dalam proses perekrutan untuk memastikan Anda adalah warga negara yang sah.

5. CV

CV adalah rangkuman singkat tentang riwayat pendidikan, pengalaman kerja, dan keterampilan Anda. Ini memberikan gambaran lengkap kepada pihak penerimaan tentang latar belakang Anda sebagai calon perawat.

6. Pas Foto

Pas foto adalah foto yang biasanya digunakan untuk keperluan administratif. Biasanya, ada ketentuan khusus tentang ukuran dan format pas foto yang diterima oleh institusi atau perusahaan yang Anda lamar. Ukuran pas foto biasa yang digunakan yaitu 3×4 dan 4×6.

Baca juga: Contoh surat lamaran kerja di hotel

Struktur Penulisan Surat Lamaran Kerja Perawat

1. Tanggal Surat

Pertama yang juga ditulis pada beberapa surat lainnya tentu saja tanggal surat. Tanggal surat berada pada ujung kanan atas dan ditulis tanpa akhiran tanda titik. Dalam penulisan tanggal surat juga menyertakan kota atau tempat pembuatan suratnya. Contoh penulisan tanggal surat yaitu ‘Jakarta, 13 Januari 2023’.

2. Alamat Surat

Komponen kedua contoh surat lamaran kerja perawat yaitu alamat surat. Jadi, alamat surat ini biasanya mengenai identitas penerima. Komponen alamat surat ini mencantumkan kepada siapa surat tersebut ditujukan, misalnya ‘HRD’, nama rumah sakit, serta alamatnya. 

3. Salam Pembuka

Karena surat lamaran ini termasuk resmi maka harus menunjukkan sopan santun seorang pelamar, salah satunya dengan memberikan salam pembuka. Biasanya salam pembuka ini sebatas ‘Dengan hormat,’ namun dapat menunjukkan rasa hormat Anda kepada pihak penerima.

4. Isi

Komponen selanjutnya merupakan tujuan dari pembuatan surat ini yaitu bagian isi. Dari isi ini biasanya mencakup beberapa hal yaitu

5. Identitas Diri

Identitas atau biodata pelamar yang berisi nama, tempat tanggal lahir, pendidikan terakhir, alamat, serta nomor telepon.

6. Tujuan Pembuatan

Selanjutnya Anda harus menjelaskan tujuan dari pengiriman surat tersebut, yaitu melamar untuk mengisi posisi perawat di rumah sakit tersebut.

7. Lampiran Berkas

Bagian akhir dari isi surat biasanya merupakan lampiran berkas sesuai syarat yang diberikan dalam pengumuman lowongan pekerjaan. Lampiran berkas ini biasanya berupa CV, fotokopi ijazah, transkrip nilai, pas foto, fotokopi KTP, SKCK, serta dokumen-dokumen penting lain sesuai yang diminta.

8. Penutup

Komponen contoh surat lamaran kerja perawat selanjutnya yaitu penutup. Pada bagian ini Anda dapat memberikan beberapa kalimat untuk menunjukkan rasa terima kasih. Buatlah kalimat sebagus mungkin agar penerima yakin untuk menerima Anda. Misalnya dengan kalimat, “Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.”

9. Tanda Tangan dan Nama Jelas

Komponen terakhir yaitu tanda tangan serta nama jelas. Tujuan dari pembubuhan tanda tangan dan nama jelas yaitu sebagai bukti bahwa pelamar menulis berdasarkan keinginan sendiri bukan atas paksaan pihak lain.

Baca juga: Contoh surat lamaran kerja di rumah sakit

Contoh Surat Lamaran Kerja Perawat yang Baik dan Benar

Berikut merupakan format contoh surat lamaran kerja untuk profesi perawat yang dapat Anda jadikan sebagai acuan.

contoh surat lamaran kerja perawat

Apabila contoh di atas masih belum menggambarkan diri Anda, berikut di bawah ini beberapa contoh surat lamaran kerja perawat lainnya yang dapat dijadikan sebagai referensi.

1. Contoh Surat Lamaran Kerja Perawat di Rumah Sakit

Jakarta, 15 Juni 2023

Kepada Yth.,
Manajer SDM Rumah Sakit Yaop Sejahtera Bersama
Jalan Swadaya 1 No.76
RT 05 RW 03 Sumur Batu
Jakarta Pusat, 11765

Dengan Hormat,

Saya Aji Darmawan, dengan ini mengajukan lamaran kerja untuk posisi Perawat di Rumah Sakit Yaop Sejahtera Bersama, sebagaimana yang saya temukan dalam pengumuman lowongan yang tertera pada website resmi rumah sakit. Saya sangat bersemangat dan tertarik untuk menjadi bagian dari tim medis yang terhormat di Rumah Sakit Yaop Sejahtera Bersama.

Berikut adalah informasi singkat mengenai diri saya:

Nama Lengkap: Aji Darmawan
Tempat Tanggal Lahir: Jakarta, 15 Juni 1996
Umur: 27 Tahun
Nomor Telepon: 08991818xxxx
Email: ajidarmawan@iniemail.com
Pendidikan Terakhir: S1 Keperawatan, Universitas XYZ

Selama beberapa tahun terakhir, saya telah mengumpulkan pengalaman berharga dalam bidang perawatan di rumah sakit Sehati Kita Happy. Selama bekerja di sana, saya telah menangani berbagai jenis pasien dengan berbagai kondisi kesehatan. Saya terampil dalam memberikan perawatan yang holistik, merencanakan dan melaksanakan tindakan medis, serta berkomunikasi dengan baik dengan pasien dan keluarga mereka. Saya juga sangat memahami pentingnya menjaga standar keamanan dan kebersihan dalam lingkungan rumah sakit.

Saya adalah individu yang berdedikasi, memiliki etos kerja tinggi, serta mampu bekerja dalam tim dengan baik. Saya juga terbiasa dengan penggunaan peralatan medis dan teknologi terkini untuk memberikan perawatan yang terbaik kepada pasien.

Saya merasa bahwa posisi perawat di Rumah Sakit Yaop Sejahtera Bersama akan memberi saya kesempatan untuk terus berkembang dan berkontribusi lebih banyak dalam bidang perawatan kesehatan. Saya sangat tertarik dengan visi dan misi Rumah Sakit ini dalam memberikan pelayanan kesehatan berkualitas kepada masyarakat.

Saya sangat berharap untuk diberikan kesempatan wawancara lebih lanjut agar saya dapat menjelaskan lebih detail mengenai pengalaman dan kualifikasi saya. Saya siap untuk menghadiri wawancara kapan saja yang sesuai dengan jadwal Anda. Untuk informasi lebih lanjut, saya dapat dihubungi melalui nomor telepon di atas atau melalui email.

Terima kasih atas perhatian Anda terhadap lamaran ini. Saya berharap dapat bergabung dengan Rumah Sakit Yaop Sejahtera Bersama dan berkontribusi dalam upaya memberikan perawatan kesehatan yang terbaik kepada pasien.

Hormat saya,

Aji Darmawan

2. Contoh Surat Lamaran Kerja Perawat Berbahasa Inggris

Jakarta, October 17, 2023

Yaop Sejahtera Bersama Hospital
Jalan Swadaya 1 No. 76
RT 05 RW 03 Sumur Batu
Central Jakarta, 11765

Dear HRD,

I am Aji Darmawan, wish you peace. I want to apply for a job as a nurse at Yaop Sejahtera Bersama Hospital according to the vacancy information I found. I am interested in joining the nursing team at Yaop Sejahtera Bersama Hospital which is leading and has a good reputation in the health sector.

As a Fresh Graduate from XYZ University with an educational background and passion in the health care field, I am confident that I can contribute significantly in providing quality care to patients at Yaop Sejahtera Bersama Hospital.

Here is some more information about me:

Name: Aji Darmawan
Date of Birth: Jakarta, June 15 1996
Age: 27 Years
Telephone Number: 08991818xxxx
Email: ajidarmawan@iniemail.com
Last Education: XYZ University

Although I am a Fresh Graduate, during my studies at XYZ University, I have acquired strong knowledge and skills in nursing science, clinical practice, and professional ethics. I have also done work practice in hospitals and other health facilities, which helped me understand firsthand the duties and responsibilities of a nurse. I have a good ability to care for patients with empathy, effective communication, and solid clinical skills.

Apart from that, I worked at Sehati Kita Happy Hospital, where I learned the importance of teamwork, time management and responsibility in my work.

I am very interested in joining Yaop Sejahtera Bersama Hospital and contributing in providing the best care to patients. I am ready to learn and develop further under the guidance of experienced nursing seniors.

Attached, I have included my resume which is more detailed about my education and experience. I hope to be given the opportunity to meet with you in a further interview to further discuss how I can be a valuable part of the nursing team at Yaop Sejahtera Bersama Hospital.

Thank you for your attention. I really hope to hear good news from Yaop Sejahtera Bersama Hospital soon. You can contact me via telephone number 08991818xxxx or via email ajidarmawan@iniemail.com.

Sincerely,

Aji Darmawan

3. Contoh Surat Lamaran Kerja Perawat Fresh Graduate

Jakarta, 17 Oktober 2023

Kepada Yth.,
HRD Manager/Bagian Rekrutmen
Rumah Sakit Yaop Sejahtera Bersama
Jalan Swadaya 1 No.76 RT 05 RW 03
Sumur Batu Jakarta Pusat, 11765

Dengan Hormat,

Saya Aji Darmawan, mengucapkan salam sejahtera. Saya ingin mengajukan lamaran pekerjaan sebagai perawat di Rumah Sakit Yaop Sejahtera Bersama sesuai dengan informasi lowongan yang saya temukan. Saya tertarik untuk bergabung dengan tim perawat di Rumah Sakit Yaop Sejahtera Bersama yang terkemuka dan memiliki reputasi baik di bidang kesehatan.

Sebagai seorang Fresh Graduate dari Universitas XYZ dengan latar belakang pendidikan dan semangat dalam bidang perawatan kesehatan, saya yakin bahwa saya dapat berkontribusi secara signifikan dalam memberikan perawatan yang berkualitas kepada pasien di Rumah Sakit Yaop Sejahtera Bersama.

Berikut adalah beberapa informasi lebih lanjut tentang diri saya:

Nama: Aji Darmawan
Tanggal Lahir: Jakarta, 15 Juni 1996
Umur: 27 Tahun
Nomor Telepon: 08991818xxxx
Email: ajidarmawan@iniemail.com
Pendidikan Terakhir: Universitas XYZ

Meskipun saya adalah seorang Fresh Graduate, selama studi saya di Universitas XYZ, saya telah memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang kuat dalam ilmu keperawatan, praktik klinis, dan etika profesi. Saya juga telah melakukan praktek kerja di rumah sakit dan fasilitas kesehatan lainnya, yang membantu saya memahami secara langsung tugas dan tanggung jawab seorang perawat. Saya memiliki kemampuan yang baik dalam merawat pasien dengan empati, komunikasi yang efektif, serta keterampilan klinis yang solid.

Selain itu, saya pernah bekerja di rumah sakit Sehati Kita Happy, di mana saya belajar mengenai pentingnya kerjasama tim, manajemen waktu, dan tanggung jawab dalam pekerjaan saya.

Saya sangat tertarik untuk bergabung dengan Rumah Sakit Yaop Sejahtera Bersama dan berkontribusi dalam memberikan perawatan terbaik kepada pasien. Saya siap untuk belajar dan berkembang lebih lanjut di bawah bimbingan senior perawat yang berpengalaman.

Terlampir, saya sertakan resume saya yang lebih rinci tentang pendidikan dan pengalaman saya. Saya berharap dapat diberikan kesempatan untuk bertemu dengan Anda dalam wawancara lebih lanjut guna membahas lebih lanjut bagaimana saya dapat menjadi bagian berharga dari tim perawat di Rumah Sakit Yaop Sejahtera Bersama.

Terima kasih atas perhatian Anda. Saya sangat berharap untuk mendengar kabar baik dari Rumah Sakit Yaop Sejahtera Bersama segera. Anda dapat menghubungi saya melalui nomor telepon 08991818xxxx atau melalui email ajidarmawan@iniemail.com.

Hormat saya,

Aji Darmawan

4. Contoh Surat Lamaran Kerja Perawat Berpengalaman

Jakarta, 15 November 2023

Kepada
Manajer HRD Rumah Sakit Yaop Sejahtera Bersama
Jakarta Pusat

Dengan hormat,
Saya, Aji Darmawan ingin mengajukan lamaran pekerjaan sebagai perawat di Rumah Sakit Yaop Sejahtera Bersama. Saya tertarik untuk bergabung dengan tim medis yang terhormat di rumah sakit ini dan berkontribusi dalam memberikan perawatan kesehatan berkualitas kepada pasien.
Saya memiliki latar belakang pendidikan yang kuat, dengan gelar sarjana dalam bidang keperawatan dari Universitas XYZ. Selama berkarir sebagai perawat berpengalaman, saya telah mengembangkan keterampilan klinis yang solid, termasuk pemahaman mendalam tentang prosedur perawatan medis, pemantauan pasien, dan perawatan luka. Saya juga memiliki kemampuan komunikasi yang baik, yang memungkinkan saya berinteraksi dengan pasien dengan penuh empati dan kepedulian.
Selain itu, saya memiliki pengalaman kerja yang berharga di berbagai bidang, termasuk perawatan intensif, perawatan jangka panjang, dan kebidanan. Saya telah berkontribusi dalam tim medis untuk mencapai hasil perawatan yang optimal bagi pasien.
Saya sangat tertarik untuk menjadi bagian dari Rumah Sakit Yaop Sejahtera Bersama, yang dikenal karena komitmen mereka terhadap pelayanan medis berkualitas dan perawatan pasien yang sempurna. Saya percaya bahwa pengalaman dan kompetensi saya akan menjadi aset berharga bagi rumah sakit ini.
Saya melampirkan CV saya untuk informasi lebih lanjut tentang latar belakang, pengalaman, dan kualifikasi saya. Saya sangat berharap untuk mendapatkan kesempatan wawancara dengan Anda untuk lebih lanjut membahas bagaimana saya dapat berkontribusi dalam tim medis Rumah Sakit Yaop Sejahtera Bersama. Saya dapat dihubungi melalui telepon di nomor 08991818xxxx atau melalui email di ajidarmawan@iniemail.com.
Terima kasih atas perhatian Anda terhadap lamaran kerja saya, dan saya menantikan kesempatan untuk bergabung dengan Rumah Sakit Yaop Sejahtera Bersama.

Hormat saya,
Aji Darmawan

5. Contoh Surat Lamaran Kerja Perawat Di Klinik

Jakarta, 15 November 2023

Kepada,
Manajer Klinik Happy Sejahtera
Jalan Swadaya 1 No.76 RT 05 RW 03
Sumur Batu Jakarta Pusat, 11765

Dengan hormat,
Saya, Aji Darmawan, ingin mengajukan lamaran kerja sebagai perawat di Klinik Happy Sejahtera, sebagaimana yang saya ketahui dari sumber informasi yang saya temukan. Saya sangat tertarik untuk bergabung dengan tim medis yang terhormat di klinik ini dan memberikan kontribusi positif bagi pelayanan kesehatan kepada pasien.
Saya adalah lulusan Universitas XYZ dengan latar belakang pendidikan yang kuat dalam ilmu keperawatan. Selama studi saya, saya telah mengembangkan pemahaman mendalam tentang prinsip-prinsip perawatan pasien yang baik dan praktik keperawatan yang aman. Saya juga memiliki pengalaman praktik klinikal yang relevan selama studi, di mana saya belajar berinteraksi dengan pasien dengan empati, memberikan perawatan yang berkualitas, serta bekerja dalam tim yang terkoordinasi.
Saya percaya bahwa komitmen saya untuk memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas, keterampilan komunikasi yang baik, serta kemampuan untuk bekerja dengan berbagai kasus medis akan membuat saya menjadi aset berharga bagi Klinik Happy Sejahtera. Saya juga siap untuk belajar dan beradaptasi dengan cepat dengan standar operasional dan prosedur yang berlaku di klinik ini.
Saya melampirkan CV saya untuk informasi lebih lanjut mengenai pendidikan dan pengalaman saya. Saya sangat berharap dapat diberikan kesempatan untuk mengikuti wawancara lebih lanjut dan menjelaskan bagaimana saya dapat berkontribusi secara positif kepada Klinik Happy Sejahtera.
Saya dapat dihubungi melalui telepon di nomor 08991818xxxx atau melalui email di ajidarmawan@iniemail.com.
Terima kasih atas perhatian Anda terhadap lamaran kerja saya. Saya sangat berharap untuk dapat bergabung dengan tim medis di Klinik Happy Sejahtera dan berkontribusi dalam memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik kepada pasien.

Hormat saya,
Aji Darmawan

Baca juga: Contoh Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate, Lengkap dengan Struktur dan Cara Membuatnya

Tips Membuat Surat Lamaran Kerja Perawat

Mencari pekerjaan sebagai perawat bisa menjadi proses yang menantang, terutama saat menulis surat lamaran kerja. Surat lamaran kerja adalah dokumen yang penting untuk memperkenalkan diri Anda kepada calon pemberi kerja. Untuk membantu Anda membuat surat lamaran kerja perawat yang efektif, berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda ikuti:

  • Perkenalkan Diri dengan Jelas
  • Tunjukkan Minat dan Motivasi Anda
  • Sorot Keahlian dan Pengalaman
  • Ceritakan Pencapaian Anda
  • Tampilkan Kemampuan Komunikasi dan Kerjasama
  • Gunakan Bahasa yang Tepat dan Jelas
  • Periksa Kembali Surat Lamaran

Pastikan untuk mengikuti tips di atas dan menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda sendiri. Ingatlah bahwa surat lamaran kerja merupakan kesempatan bagi Anda untuk menunjukkan kemampuan dan minat Anda sebagai perawat.

Referensi:

  • Meja Dokter. Diakses pada 2023. Mau jadi Perawat? Ini Persiapan untuk Melamar Kerja jadi Perawat.

Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!