Contoh Portofolio Mahasiswa

Tips dan Contoh Portofolio Mahasiswa untuk Melamar Pekerjaan

Mempersiapkan karir setelah menyelesaikan pendidikan, seperti membuat Contoh Portofolio Mahasiswa sangat perlu dilakukan. Mungkin akan sedikit membingungkan, karena masih belajar kenapa harus mempersiapkan portofolio. Apakah tidak bisa dipersiapkan setelah masa studi atau akhir semester menjelang skripsi.

Pertanyaan ini sering sekali muncul dan mulai disadari ketika memasuki dunia kerja. Beberapa perusahaan di bidang tertentu menetapkan persyaratan utama dengan melampirkan sebuah bukti kemampuan. Bukti tersebut sebagai pertimbangan perusahaan dalam proses perekrutan pegawai baru yang mumpuni.

Diterima sebagai karyawan di sebuah perusahaan impian menjadi salah satu dorongan terbesar  untuk mengumpulkan karya terbaik. Selain itu, mampu dijadikan tolak ukur dari waktu ke waktu untuk memantau perkembangan skill. Bagi Anda yang masih bingung mengenai portofolio yang menarik seperti apa, penjelasan berikut ini mampu membantu.

Baca juga: Contoh portofolio desain grafis

Maksud dari Portofolio dan Tipsnya Agar Menarik

Sebelum akhirnya Anda membuat Contoh Portofolio Mahasiswa, apakah sudah mengerti secara benar mengenai hal tersebut. Portofolio bisa dikatakan sebagai media atau dokumen yang berisi kumpulan hasil dari pengalaman. Karya tersebut menunjukkan kemampuan, seperti kualifikasi, keterampilan, pendidikan serta magang. 

Selain memperlihatkan tingkat kemampuan, mampu juga digunakan sebagai rincian kepribadian Anda. Maka dari itu, sangat berfungsi digunakan untuk melamar sebuah profesi bidang tertentu di beberapa Corporate. Siapa saja boleh membuatnya mulai dari lulusan baru maupun yang sudah berpengalaman. 

Agar mudah diterima sebagai karyawan, Tipsnya lampirkan Contoh Portofolio Mahasiswa dengan desain yang menarik. Kemudian buatlah dalam bentuk online, dikarenakan lebih diminati dan dapat dibagikan di mana saja. Kemudian, rencanakan sejak awal di masa perkuliahan, agar terisi secara maksimal dan berkualitas dan buatlah desain tidak terlalu rumit.

Beberapa Contoh Portofolio Mahasiswa yang Keren 

Sebagai simulasi membaca hasilnya, bisa juga menggunakan mesin timer untuk melihat seberapa banyak waktu dihabiskan. Mampu juga mencari beberapa contoh agar dijadikan patokan yang benar seperti apa. Beberapa contoh media di bawah ini mampu diterapkan sebagai referensi ke depannya.

  1. Referensi Lembar Kemampuan Sebagai Freshgraduate

Contoh Portofolio Mahasiswa sebagai Freshgraduate biasanya berisi, karya tulis selama masa studi. Atau saat bergabung dalam organisasi maupun proyek kuliah yang mendapatkan nilai pencapaian terbaik. Hal tersebut sangat mampu dijadikan hasil prestasi terbaik sebagai lulusan baru dalam melamar profesi, contohnya seperti ini.

  1. Referensi Untuk Profesi Bidang Desain Photograpy

Jika Anda berencana melamar pekerjaan bidang Desain Photograpy pastikan melampirkan beberapa hasil foto selama mengikuti beberapa projek. Projek selama kuliah saat menggeluti dunia foto mampu dipakai sebagai ulasan kemampuan. Agar memiliki lebih banyak pegangan referensi ini bisa membantu mengembangkan ide.

  1. Contoh Dokumen Karya Untuk Melamar Arsitektur

Bagi mahasiswa jurusan Arsitektur tentu memiliki beberapa pengalaman magang dari kampus ataupun mengikuti secara mandiri. Hasil projek tersebut jadikanlah sebagai media bukti karya saat melamar sebagai Arsitektur di Perusahaan Properti. Apabila membutuhkan beberapa referensi desain penambah ide, contoh tersebut mampu dipakai untuk menambah ide.

  1. Media Dokumen Untuk Bidang Desain Grafis

Contoh Portofolio Mahasiswa selanjutnya bagi profesi Desain Grafis sekarang ini sangat dibutuhkan. kemajuan jaman menuntut siapa saja maupun ahlinya memiliki kemampuan mendesain secara tingkat tinggi. Untuk itu, mahasiswa berkapasitas skill mumpuni dibuktikan dengan hasilnya akan jauh di prioritaskan.

Seperti tersebut mungkin bisa dipakai simulasi seberapa lamanya pembuatan dan HR dalam membacanya. Tujuannya saat pembuatan jauh lebih maksimal hasil akhirnya dan proses perekrutan berhasil. 

contoh portofolio design grafis
  1. Referensi Untuk Melamar Profesi Fashion Design

Dalam bidang Fashion Design juga memerlukan Contoh Portofolio Mahasiswa guna memilih kandidat tertinggi.  Selama masa studi, mahasiswa akan diberikan beberapa projek pembuatan baju untuk disuguhkan bagi ajang penilaian atau acara tersendiri. Mempunyai pengalaman lain di luar kolaborasi dengan brand lain bisa dijadikan lampiran saat melamar.

Sebagai contohnya berikut ini akan memperkaya ide membuat desain portofolio. Selain itu juga menambah wawasan terhadap apa saja yang perlu dimuat di dalamnya. Sehingga, menghasilkan dokumen sesuai kebutuhan dan mampu dilirik oleh staff perekrutan secara mudah.

Ternyata membaca beberapa referensi mampu memperkaya ide tambahan untuk membuatnya. Sementara itu, sebuah portofolio sangat penting diperhatikan untuk pengembangan karir masa depan. Adanya Contoh Portofolio Mahasiswa, bagi Anda yang mungkin belum ada rencana membuatnya menjadi sesegera mungkin merencakannya.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!