contoh motivation letter untuk magang

Mengenal Contoh Motivation Letter untuk Magang dan Panduannya

Contoh motivation letter untuk magang saat ini sebenarnya sangat penting. Memang selain CV dan cover letter, tidak jarang perusahaan meminta motivation letter dalam proses rekrutmen. 

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk melihat contoh motivation letter. Mulai dari untuk magang agar mengetahui struktur di dalamnya.

Mengenal Contoh Motivation Letter untuk Magang 

Contoh motivation letter untuk magang ini bisa jadi acuan utama Anda. Apalagi jika Anda sudah berada di semester akhir kuliah dan belum mempunyai pengalaman magang atau organisasi sama sekali. 

Motivation letter dikenal sebagai salah satu dokumen yang berisi rincian kemampuan profesional. Bahkan, hal yang paling penting alasan melamar pekerjaan atau beasiswa.

Akan tetapi, berbeda dengan cover letter yang hanya untuk pekerjaan saja. Contoh motivation letter untuk magang ini lebih sering digunakan untuk keperluan di bidang akademis.

Mayoritas orang yang mendaftar magang memang tidak mempunyai pengalaman profesional banyak. Paling-paling, hanya ada kemampuan dasar dan pengalaman organisasi saja yang dapat dipamerkan.

Oleh karena itu, perusahaan biasanya akan meminta motivation letter untuk mencari kandidat magang. Umumnya, yang paling berpotensi dan terlihat memiliki ambisi.

Surat ini merupakan kesempatan Anda untuk menunjukkan kesungguhan ingin mengikuti program magang. Jadi hanya dengan memberikan beberapa alasan kenapa Anda harus dipilih untuk program ini. 

Untuk bisa benar-benar menunjukkan bakat dan potensi, maka perlu melihat contoh motivation letter untuk magang. Hal ini tentunya sebagai acuan ketika menyusunnya.

Baca juga: Contoh motivation letter untuk organisasi

Panduan untuk Membuat Motivation Letter

Setelah Anda mengetahui apa itu motivation letter dan kegunaannya untuk daftar magang. Maja akan menjelaskan panduan membuat contoh motivation letter untuk magang dan struktur di dalamnya.

  1. Membuat outline yang jelas

Selain melihat contoh motivation letter, Anda juga harus membuat outline sebagai acuan dalam menulisnya. Outline ini sebenarnya berguna untuk mendata apa saja poin yang perlu Anda sampaikan. 

Ada beberapa poin paling umum yang harus ada di dalam outline. Biasanya poin tersebut akan dijelaskan di bawah ini:

  • Kenapa Anda ingin mengikuti program magang ini.
  • Kemampuan yang dimiliki seperti (akademis dan non akademis)
  • Tujuan yang ingin sekali dicapai setelah magang di sana.
  • Jika merasa ada poin lain yang harus disampaikan, maka coba tuliskan dulu dalam outline.

Intinya, tuliskan semua kebutuhan program dari magang dan kemampuan yang dimiliki. Kemudian, bisa atur apa saja yang wajib sekali disampaikan dalam motivation letter milik Anda.

  1. Mulai dengan pembuka yang lebih menarik

Setelah membuat outline, sudah saatnya membuka motivation letter dibuat lebih menarik. Saran ini disebutkan contohnya saja oleh Zety.

Perkenalkan diri Anda, lalu sebutkan nama penerima surat tersebut (jika informasinya ada). Hanya dengan menyebutkan nama penerima, surat Anda akan tetap profesional namun perlu sedikit sentuhan personal. 

Di bagian pembuka, Anda bisa langsung ceritakan mengenai dirimu dan pencapaianmu. Hal ini tentunya agar penerima tertarik untuk membaca sampai habis.

  1. Mengembangkan isi sesuai outline

Di bagian isi, Anda bisa kembangkan poin-poin yang telah berhasil dibuat di outline awal. Untuk setiap poin yang berbeda, Anda bisa langsung mengusahakan untuk membuat paragraf baru.

Hal ini dilakukan agar tersampaikan dengan baik. Ingat untuk bisa membuat poin penting dari diri Anda terlihat semenarik mungkin. Hal ini karena memang itulah fungsi Contoh motivation letter untuk magang.

  1. Menutup dengan kesimpulan

Saat menulis bagian penutup, maka bisa buat kesimpulan berisikan tujuan dan harapan Anda. Intinya, impresi yang baik di akhir sebenarnya tidak kalah penting dengan di awal.

Oleh karena itu, jelaskan bahwa Anda berterima kasih sudah dipertimbangkan. Setelah itu, beri tahu pihak perusahaan jika Anda dapat dihubungi jika ada pertanyaan seputar surat.

  1. Proofread tulisan

Setelah selesai menulis struktur secara menyeluruh, proofread tulisan Anda. Anda harus mencari kesalahan penulisan yang mungkin saja ada, lalu buat alur kalimat jadi enak dibaca.

Selanjutnya, bisa pastikan tulisan Anda dengan menggunakan bahasa baku. Jadi baku ini bukan berarti kaku.

Jadi dapat dipastikan bahwa Anda tidak menggunakan bahasa santai atau bahasa gaul. Hal ini karena akan terkesan tidak profesional.

Jadi beberapa informasi di atas wajib Anda tiru untuk membuat surat sendiri. Jika contoh motivation letter untuk magang Anda sudah siap, maka bisa langsung melamar ke perusahaan incaran.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!