Contoh motivation letter beasiswa

Buat Contoh Motivation Letter Beasiswa dan Formatnya

Contoh motivation letter beasiswa saat ini memang dibutuhkan bagi para pelamar. Motivation letter merupakan salah satu syarat yang biasanya dibutuhkan oleh pelamar beasiswa atau lowongan pekerjaan. 

Surat motivasi ini akan melengkapi syarat dokumen lain, contohnya saja curriculum vitae (CV) dan portfolio. Pernyataan dalam motivation letter ini telah menegaskan keyakinan penyedia kerja atau beasiswa terhadap kandidat. 

Apa Itu Motivation Letter Beasiswa?

Motivation letter atau surat motivasi adalah surat yang digunakan untuk memberikan alasan atau motivasi mengapa seseorang pantas mendapatkan beasiswa. Biasanya, surat ini menjadi salah satu syarat penting dalam proses seleksi penerima beasiswa.

Tujuan Motivation Letter Beasiswa Dibuat

Motivation letter atau surat motivasi adalah salah satu syarat penting dalam mengajukan beasiswa. Surat ini digunakan untuk menjelaskan motivasi dan alasan mengapa Anda layak untuk mendapatkan beasiswa yang Anda inginkan. Tujuan utama dari membuat motivation letter adalah untuk memberikan gambaran yang jelas mengenai kemampuan dan potensi diri Anda kepada pihak yang memberikan beasiswa.

Dalam membuat motivation letter, Anda harus menulis dengan gaya bahasa yang jelas dan ringkas, serta tidak berlebihan dalam penggunaan kata-kata. Pastikan untuk menulis dengan struktur yang baik dan benar, sehingga pesan yang ingin disampaikan dapat tersampaikan dengan baik. Penting juga untuk menunjukkan keaslian dan orisinalitas dalam penulisan surat motivasi. Hindari menyalin atau menjiplak isi dari sumber lain, dan pastikan bahwa surat motivasi yang Anda buat benar-benar unik dan orisinal.

Cara Buat Contoh Motivation Letter Beasiswa

Contoh motivation letter beasiswa ini berisi penjelasan ketertarikan. Selain itu, beri penjelasan alasan harus memperoleh beasiswa. 

Pelamar dapat menuliskan beberapa alasan yang telah menegaskan dirinya yakni kandidat terbaik untuk mendapatkan beasiswa. Khususnya, rencana atau target setelah resmi menerima bantuan sebuah pendidikan.

Tujuan dibuatnya motivation letter biasanya untuk meyakinkan penyedia beasiswa maupun perusahaan. User harus lebih yakin terhadap seorang kandidat yang memang berminat dan layak lolos seleksi.

Motivation letter mempunyai peran yang krusial untuk meloloskan pelamar mengisi lowongan di dalam maupun luar negeri. Selain contoh motivation letter beasiswa, tidak lupa membuat CV yang sama menariknya.

Pada dasarnya, untuk membuat motivation letter tidak memiliki cara khusus. Anda hanya perlu mengolah kata dengan baik dan mampu menarik hati pembaca, berikut penjelasannya.

  1. Pertama, curi perhatian pemberi beasiswa atau perusahaan dengan kalimat yang menarik. Apabila isi contoh motivation letter beasiswa menarik, tentunya user tidak akan melewatkannya.
  2. Lalu gunakan kalimat yang lebih menjual, menarik, sederhana, serta orisinil. Oleh karena itu, penting sekali memilih kata yang tepat dan lebih mudah dimengerti.
  3. Jelaskanlah juga seluruh aktivitas Anda saat ini. Ceritakan juga semua pengalaman dan pencapaian Anda baik di bidang pendidikan maupun pekerjaan tempat sebelumnya.
  4. Lalu tekankan pada kualitas dan bidang keahlian yang Anda tekuni. Hal ini tentunya bisa memperbesar peluang Anda untuk lolos ke tahap selanjutnya.
  5. Jika Anda ingin mendaftar beasiswa, maka tulis alasan yang kuat kenapa ingin mendaftar beasiswa. Apabila jurusan yang diambil berbeda dengan pendidikan sebelumnya, tulis juga alasannya kenapa rela “menyebrang” ke jurusan lainnya.
  6. Riset juga tentang perusahaan tempat Anda melamar kerja atau universitas tempat ingin mendaftar beasiswa. Sehingga, nantinya pembaca bisa mengetahui jika sudah paham mengenai latar belakang perusahaan atau universitas yang dituju.
  7. Tentukan juga rencana masa depan secara jelas. Usahakan juga untuk tidak menuliskan kalimat yang terkesan lebih diplomatis atau terlalu umum.
  8. Jelaskanlah dampak apa yang Anda berikan jika diterima di perusahaan tersebut. Jika ingin mendaftar beasiswa, maka jelaskan apa yang Anda lakukan setelah lulus nanti.

Tips Membuat Motivation Letter Beasiswa

Membuat surat motivasi untuk beasiswa memang tidak mudah. Namun, dengan beberapa tips berikut, Anda dapat membuat surat motivasi yang baik dan memperbesar peluangmu mendapatkan beasiswa yang diinginkan.



1. Mulai dengan perencanaan yang matang

Sebelum menulis surat motivasi, pikirkan terlebih dahulu tujuan Anda mengajukan beasiswa dan apa yang membuat Anda pantas untuk mendapatkannya. Buat daftar pencapaian dan pengalaman yang Anda miliki yang relevan dengan bidang studi atau program beasiswa yang Anda inginkan. Selain itu, pelajari juga tentang lembaga yang menawarkan beasiswa, misalnya tujuan mereka, nilai-nilai yang dijunjung tinggi, dan program yang ditawarkan.

2. Buatlah surat yang unik dan orisinal

Pastikan surat motivasi yang Anda buat adalah orisinal dan tidak menjiplak dari sumber lain. Gunakan gaya penulisanmu sendiri dan jangan takut untuk menunjukkan kepribadianmu. Tuliskan juga hal-hal spesifik yang membuat Anda tertarik dengan program beasiswa yang ditawarkan.

Aplikasi Produktivitas Diskon Hingga 95%

3. Gunakan kata kunci yang relevan

Pilih kata kunci yang relevan dengan topik yang dibahas di surat motivasi, seperti nama program beasiswa, bidang studi yang diinginkan, dan pencapaian yang relevan. Namun, pastikan penggunaan kata kunci terasa alami dan tidak berlebihan.

4. Hindari duplikasi konten

Pastikan surat motivasi yang Anda buat adalah sepenuhnya orisinal dan tidak mengandung duplikasi konten yang sudah ada di internet. Ini akan memastikan bahwa surat motivasi Anda memenuhi standar etika dan profesionalisme yang diperlukan.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat membuat surat motivasi yang baik dan memperbesar peluangmu mendapatkan beasiswa yang Anda inginkan. Selamat mencoba!

Baca juga: Contoh motivation letter untuk magang

Format dari Sebuah Motivation Letter Beasiswa

Membuat contoh motivation letter beasiswa tidak boleh dilakukan sembarangan. Sama halnya seperti menulis surat, ada berbagai macam struktur tertentu yang wajib Anda perhatikan saat menyusun motivation letter.



1. Pembuka

Sama halnya seperti membuat surat, pertama yang harus ditulis dalam motivation letter yaitu kalimat pembuka. Buatlah kalimat pembuka semenarik mungkin, sehingga user tidak ragu untuk terus membacanya.

Contohnya saja, menjelaskan latar belakang pendidikan di Indonesia bagi yang ingin mendapatkan beasiswa pendidikan. Bagi yang ingin memilih jurusan tertentu dapat ditambah pentingnya bidang ilmu tersebut di Indonesia.

2. Isi

Setelah kalimat pembuka, tidak lupa masukkan isi di dalam contoh motivation letter beasiswa. Usahakanlah untuk menulis isi di dalam motivation letter secara lengkap, padat, serta tidak bertele-tele.

Sebagai tips, Anda bisa tulis tiga hal penting di dalam isi yaitu pengalaman, motivasi, serta tujuan. Anda bisa jelaskan pengalaman sebelumnya saat kuliah S1 atau bekerja di suatu perusahaan.

Setelah itu, jelaskan motivasi Anda ke depannya seperti apa. Baru setelah itu tulis tujuan Anda kenapa ingin mendaftar beasiswa atau melamar pekerjaan di perusahaan tersebut.

Baca juga: Contoh cv waitress

3. Penutup

Setelah Anda selesai menulis kalimat isi, kini tinggal membuat kalimat penutup. Di sini, tulis kalimat penutup yang bisa langsung meyakini penyedia beasiswa atau perusahaan jika Anda merupakan orang yang tepat untuk dipilih.

Lalu, sampaikan kembali poin-poin utama kenapa Anda harus terpilih. Tulislah saja secara singkat, jelas, serta tegas untuk bisa menunjukkan rasa percaya diri Anda.

Beberapa penjelasan di atas tentunya bisa membantu Anda untuk membuat motivation letter. Contoh motivation letter beasiswa ini sebenarnya singkat dan padat.

Contoh Motivation Letter Beasiswa

Contoh Motivation Letter Beasiswa Bank Indonesia

Contoh Motivation Letter Beasiswa Bank Indonesia

Contoh Motivation Letter Beasiswa Luar Negeri

Contoh Motivation Letter Beasiswa Luar Negeri

Contoh Motivation Letter Beasiswa LPDP

Contoh Motivation Letter Beasiswa LPDP


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!