Ratusan HRD sering online dan aktif mencari pegawai!

contoh CV magang

Contoh CV Magang untuk Mahasiswa Beserta Syaratnya

Para mahasiswa tentu perlu mengetahui bagaimana contoh CV magang, sehingga ketika magang dibutuhkan, Anda sudah tahu cara membuat CV yang baik, dan berpeluang diterima magang di perusahaan yang dipilih. 

Saat ini rekrutmen magang sudah hampir sama dengan recruitment tenaga kerja, di mana para pelamar diwajibkan membuat CV. Memang masih ada juga tempat kerja atau perusahaan yang menerima anak magang begitu saja, tetapi trennya sudah mulai berubah dengan menyertakan CV sebagai salah satu persyaratan. 

Jika Anda belum pernah membuat CV sebelumnya, tentu akan merasa kesulitan ketika disuruh membuat CV magang. Jadi penting untuk melihat contoh CV magang sehingga Anda tahu apa yang harus dibuat. Sudah banyak contoh CV di internet yang bisa Anda tiru.

Jika sudah terbiasa membuat CV untuk magang, maka ketika tiba waktunya melamar kerja, Anda pasti mudah membuat CV melamar kerja. Karena secara umum tidak ada perbedaan baik CV untuk magang maupun CV untuk melamar kerja. 

Baca juga: Contoh cv barista

Hal yang Harus Ada di CV Magang

CV boleh dibuat sedemikian rupa untuk membuat kualifikasi diri semakin menarik. Meski tidak ada aturan baku dalam pembuatan CV, hanya saja perlu dicantumkan beberapa data yang sifatnya wajib dalam CV tersebut. Ketika Anda membuat CV, sebaiknya data berikut dicantumkan. 

  1. Data Diri

Ketika Anda hendak membuat contoh CV magang, maka hal yang harus selalu dicantumkan adalah data diri. Data diri ini usahakan diisi selengkap mungkin, seperti nama lengkap, tempat tanggal lahir, alamat, nomor telepon, tempat tinggal, dan yang lainnya. 

Dengan demikian, perusahaan nantinya lebih mudah menghubungi Anda ketika membutuhkan sesuatu. Pastikan tidak pernah lupa mencantumkan data diri ketika Anda membuat CV. 

  1. Riwayat Pendidikan Terakhir

Selanjutnya dalam CV magang juga harus dicantumkan riwayat pendidikan terakhir. Dulunya orang-orang sering mencantumkan riwayat pendidikan secara lengkap dalam CV, tetapi trend zaman sekarang cukup mencantumkan riwayat pendidikan terakhir saja. 

Misalnya Anda menempuh kuliah di mana, jurusannya, serta semester berapa. Informasi riwayat pendidikan terakhir sudah cukup tanpa perlu menyebutkan secara detail. 

  1. Pengalaman Atau Prestasi yang Pernah Dicapai

Hal selanjutnya yang juga sebaiknya dicantumkan ketika Anda membuat contoh CV magang pengalaman organisasi yang dimiliki, atau pengalaman yang berkaitan dengan posisi magang yang diincar. Misalnya jika Anda aktif di organisasi mahasiswa, sebaiknya dicantumkan. 

Atau jika Anda pernah memiliki prestasi yang berkaitan dengan bidang magang yang dipilih, juga perlu dicantumkan. Misalnya pernah menang lomba olimpiade, atau pernah ikut dalam olimpiade, sebaiknya dicantumkan dalam CV. 

  1. Skill atau Kelebihan yang Dimiliki

Tentu dalam membuat CV, skill atau keterampilan yang dimiliki harus disebutkan, sehingga perusahaan tahu apa kemampuan yang Anda miliki. Misalnya jika Anda jurusan IT dan sudah tahu cara membuat program atau membuat software, sebaiknya dicantumkan.

Karena skill yang dimiliki akan menjadi nilai lebih bagi perusahaan, dan memuluskan langkah Anda diterima magang di perusahaan tersebut. Semakin bergengsi atau besar perusahaan tempat Anda magang, maka semakin bermanfaat untuk CV melamar kerja nantinya. 

Baca juga: Cara menghindari penalti kontrak kerja

Tips Membuat CV Magang yang Benar

Tentu dalam membuat contoh CV magang kita tidak boleh asal-asalan dalam membuatnya, karena CV magang juga sifatnya serius. Oleh sebab itu, perlu membuat CV semenarik mungkin, agar dibaca oleh perusahaan tempat Anda ingin magang.

Salah satu tips dalam membuat CV magang adalah pastikan mencantumkan data yang benar, serta jangan bertele-tele dalam menyebutkan informasi. Lebih baik memuat informasi yang singkat, padat, dan jelas.

Selain itu, pastikan juga membuat desainnya secara menarik, atau tidak membosankan, karena pihak HRD pasti melihat banyak CV pelamar lain. jadi perlu membuat CV yang mencuri perhatian, dan informasinya mudah dipahami. 

Tentu saja dalam CV magang, skill dan pengalaman yang dimiliki merupakan yang paling penting, karena ini yang paling banyak dibutuhkan perusahaan. 

Contoh CV Magang yang Bisa Dijadikan Panduan

Setelah mengetahui apa saja hal yang harus dicantumkan dalam membuat CV magang, maka Anda pasti bisa membuat CV yang baik dan benar. Di bawah ini dicantumkan gambar atau contoh CV yang ditujukan untuk keperluan magang. 

Contoh CV Magang

Gambar contoh CV magang di atas bisa dijadikan panduan ketika Anda hendak membuat CV yang bagus dan menarik.

Bagikan Artikel: