contoh CV magang

10 Contoh CV Magang untuk Mahasiswa Beserta Do’s and Don’ts dalam Membuatnya

Para mahasiswa tentu perlu mengetahui bagaimana contoh CV magang, sehingga ketika magang dibutuhkan, Anda sudah tahu cara membuat CV yang baik, dan berpeluang diterima magang di perusahaan yang dipilih. 

Saat ini rekrutmen magang sudah hampir sama dengan recruitment tenaga kerja, di mana para pelamar diwajibkan membuat CV. Memang masih ada juga tempat kerja atau perusahaan yang menerima anak magang begitu saja, tetapi trennya sudah mulai berubah dengan menyertakan CV sebagai salah satu persyaratan. 

Jika Anda belum pernah membuat CV sebelumnya, tentu akan merasa kesulitan ketika disuruh membuat CV magang. Jadi penting untuk melihat contoh CV magang sehingga Anda tahu apa yang harus dibuat. Sudah banyak contoh CV di internet yang bisa Anda tiru.

Jika sudah terbiasa membuat CV untuk magang, maka ketika tiba waktunya melamar kerja, Anda pasti mudah membuat CV melamar kerja. Karena secara umum tidak ada perbedaan baik CV untuk magang maupun CV untuk melamar kerja. 

Baca juga: Contoh cv barista

Hal yang Harus Ada di CV Magang

CV boleh dibuat sedemikian rupa untuk membuat kualifikasi diri semakin menarik. Meski tidak ada aturan baku dalam pembuatan CV, hanya saja perlu dicantumkan beberapa data yang sifatnya wajib dalam CV tersebut. Ketika Anda membuat CV, sebaiknya data berikut dicantumkan. 

1. Data Diri

Ketika Anda hendak membuat contoh CV magang, maka hal yang harus selalu dicantumkan adalah data diri. Data diri ini usahakan diisi selengkap mungkin, seperti nama lengkap, tempat tanggal lahir, alamat, nomor telepon, tempat tinggal, dan yang lainnya. 

Dengan demikian, perusahaan nantinya lebih mudah menghubungi Anda ketika membutuhkan sesuatu. Pastikan tidak pernah lupa mencantumkan data diri ketika Anda membuat CV. 

2. Riwayat Pendidikan Terakhir

Selanjutnya dalam CV magang juga harus dicantumkan riwayat pendidikan terakhir. Dulunya orang-orang sering mencantumkan riwayat pendidikan secara lengkap dalam CV, tetapi trend zaman sekarang cukup mencantumkan riwayat pendidikan terakhir saja. 

Misalnya Anda menempuh kuliah di mana, jurusannya, serta semester berapa. Informasi riwayat pendidikan terakhir sudah cukup tanpa perlu menyebutkan secara detail. 

3. Pengalaman Atau Prestasi yang Pernah Dicapai

Hal selanjutnya yang juga sebaiknya dicantumkan ketika Anda membuat contoh CV magang pengalaman organisasi yang dimiliki, atau pengalaman yang berkaitan dengan posisi magang yang diincar. Misalnya jika Anda aktif di organisasi mahasiswa, sebaiknya dicantumkan. 

Atau jika Anda pernah memiliki prestasi yang berkaitan dengan bidang magang yang dipilih, juga perlu dicantumkan. Misalnya pernah menang lomba olimpiade, atau pernah ikut dalam olimpiade, sebaiknya dicantumkan dalam CV. 



4. Skill atau Kelebihan yang Dimiliki

Tentu dalam membuat CV, skill atau keterampilan yang dimiliki harus disebutkan, sehingga perusahaan tahu apa kemampuan yang Anda miliki. Misalnya jika Anda jurusan IT dan sudah tahu cara membuat program atau membuat software, sebaiknya dicantumkan.

Karena skill yang dimiliki akan menjadi nilai lebih bagi perusahaan, dan memuluskan langkah Anda diterima magang di perusahaan tersebut. Semakin bergengsi atau besar perusahaan tempat Anda magang, maka semakin bermanfaat untuk CV melamar kerja nantinya. 

Baca juga: Cara menghindari penalti kontrak kerja

Tips Membuat CV Magang yang Benar

Tentu dalam membuat contoh CV magang kita tidak boleh asal-asalan dalam membuatnya, karena CV magang juga sifatnya serius. Oleh sebab itu, perlu membuat CV semenarik mungkin, agar dibaca oleh perusahaan tempat Anda ingin magang.

Salah satu tips dalam membuat CV magang adalah pastikan mencantumkan data yang benar, serta jangan bertele-tele dalam menyebutkan informasi. Lebih baik memuat informasi yang singkat, padat, dan jelas.

Selain itu, pastikan juga membuat desainnya secara menarik, atau tidak membosankan, karena pihak HRD pasti melihat banyak CV pelamar lain. jadi perlu membuat CV yang mencuri perhatian, dan informasinya mudah dipahami. 

Tentu saja dalam CV magang, skill dan pengalaman yang dimiliki merupakan yang paling penting, karena ini yang paling banyak dibutuhkan perusahaan. 

Baca juga: Cara Mengirim CV Lewat Email ke Perusahaan

Aplikasi Produktivitas Diskon Hingga 95%

Do’s and Don’ts Membuat CV Magang

Untuk membantu Anda mencapai CV magang yang memukau, berikut adalah beberapa “do’s” dan “don’ts” yang perlu diperhatikan:

Do’s:

1. Tulislah menggunakan bahasa yang sopan: CV Anda adalah gambaran pertama tentang diri Anda kepada calon perekrut. Pastikan Anda menggunakan bahasa yang profesional dan sopan, hindari bahasa yang terlalu santai atau informal.

2. CV ditulis dengan padat dan singkat: Pilih kata-kata dengan bijak dan hindari penggunaan berlebihan. CV yang terlalu panjang dapat membuat perekrut kehilangan minat. Usahakan agar CV Anda tidak melebihi satu halaman.

3. Tulis informasi yang penting yang relevan dengan lowongan yang ingin dilamar: Selalu sesuaikan CV Anda dengan lowongan magang yang Anda inginkan. Sorotkan keterampilan, pengalaman, dan pencapaian yang paling relevan dengan pekerjaan yang Anda incar.

4. Fokus pada pencapaianmu: Daripada hanya mencantumkan tugas dan tanggung jawab Anda, soroti pencapaian-pencapaian spesifik yang pernah Anda raih. Ini akan memberikan gambaran lebih baik tentang kemampuan Anda.

5. Desain CV menarik: CV yang rapi dan menarik secara visual akan menciptakan kesan yang baik. Gunakan format yang konsisten, font yang mudah dibaca, dan pertimbangkan untuk menambahkan elemen desain sederhana yang membedakan Anda.

Don’ts:

1. Typo atau salah ketik dalam penulisan: Kesalahan pengetikan adalah kesalahan yang mudah dihindari. Selalu periksa kembali CV Anda untuk memastikan tidak ada kesalahan tata bahasa atau ejaan.

2. CV terlalu panjang layaknya esai: Panjang CV yang berlebihan dapat membuat perekrut kehilangan minat. Konsentrasikan diri pada informasi yang paling penting dan relevan.

3. Menulis informasi yang tidak sesuai fakta dan berlebih-lebihan: Jujurlah dalam CV Anda. Menyajikan informasi palsu atau berlebihan dapat merugikan Anda jika ketahuan.

4. Menggunakan alamat email dengan nama yang tidak profesional: Gunakan alamat email yang terdengar profesional, hindari alamat email yang terlalu casual atau aneh.

5. Desain CV terlalu apa adanya: Meskipun desain CV yang terlalu kreatif dapat menarik perhatian, hindari desain yang terlalu berlebihan atau membingungkan. Konsistensi dan kejelasan dalam desain tetap penting.

Baca juga: Bagaimana Cara Membuat CV yang Menarik dan Profesional? Ini 6 Tipsnya Agar Dilirik HRD!



Contoh CV Magang yang Bisa Dijadikan Panduan

Setelah mengetahui apa saja hal yang harus dicantumkan dalam membuat CV magang, maka Anda pasti bisa membuat CV yang baik dan benar. Di bawah ini dicantumkan gambar atau contoh CV yang ditujukan untuk keperluan magang. 

Contoh CV Magang

Gambar contoh CV magang di atas bisa dijadikan panduan ketika Anda hendak membuat CV yang bagus dan menarik. Untuk beberapa contoh CV magang lainnya Anda dapat mengamatinya berikut di bawah ini.

1. Contoh CV Magang Tanpa Pengalaman Kerja

Contoh CV Magang Tanpa Pengalaman Kerja

2. Contoh CV Magang Mahasiswa yang Belum Lulus

Contoh CV Magang Mahasiswa yang Belum Lulus

3. Contoh CV Magang Mahasiswa Ilmu Komputer

Contoh CV Magang Mahasiswa Ilmu Komputer

4. Contoh CV Magang Mahasiswa Akuntansi

Contoh CV Magang Mahasiswa Akuntansi

5. Contoh CV Magang Mahasiswa dalam Bahasa Inggris

Contoh CV Magang Mahasiswa dalam Bahasa Inggris

6. Contoh CV Magang Mahasiswa Komunikasi

Contoh CV Magang Mahasiswa Komunikasi

7. Contoh CV Magang Mahasiswa yang Masih Kuliah

Contoh CV Magang Mahasiswa yang Masih Kuliah

8. Contoh CV Magang Simple

Contoh CV Magang Simple

9. Contoh CV Magang Mahasiswa Aktif

Contoh CV Magang Mahasiswa yang Masih Kuliah

10. Contoh CV Magang Mahasiswa yang Sudah Lulus

Contoh CV Magang Mahasiswa yang Sudah Lulus


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!