contoh cv driver

Contoh CV Driver untuk Berbagai Jenis Transportasi, Lengkap dengan Template!

Sebagai seorang pengemudi, membuat CV yang menarik dan informatif merupakan langkah penting dalam mencari pekerjaan. CV yang baik akan memberikan gambaran yang jelas tentang pengalaman mengemudi, keterampilan, dan kualifikasi Anda sebagai seorang driver. Namun, seringkali orang menghadapi kesulitan dalam membuat CV yang efektif.

Untuk membantu Anda dalam menyusun CV yang kuat, penting untuk memiliki contoh CV driver yang baik sebagai referensi. Contoh CV driver dapat memberikan panduan dan inspirasi dalam menyusun CV Anda sendiri. Berikut di bawah ini merupakan contoh CV driver lengkap beserta tips dan hal-hal yang wajib ada di dalamnya.

Tips Agar CV Driver Terlihat Menonjol di Mata Recruiter

Menjadi seorang driver yang profesional adalah impian banyak orang. Namun, untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan, kita harus dapat memikat hati recruiter melalui contoh CV driver yang menarik dan menonjol. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantu CV driver Anda menjadi lebih menonjol di mata recruiter:

1. Desain CV yang Menarik dan Bersih

Pertama-tama, penting untuk menciptakan desain CV yang menarik dan bersih. Gunakan format yang rapi, dengan pengaturan yang mudah dibaca dan dipahami. Pastikan penggunaan font yang konsisten dan hindari penggunaan warna yang terlalu mencolok. Jaga agar tata letak informasi terorganisir dengan baik, sehingga rekruter dapat dengan mudah menemukan informasi yang mereka cari.

2. Sertifikat dan Pelatihan Terkait

Jika Anda telah mengikuti sertifikat atau pelatihan terkait dengan dunia pengemudi, pastikan untuk mencantumkannya di CV Anda. Ini dapat mencerminkan komitmen Anda terhadap profesi Anda dan menunjukkan bahwa Anda mengambil langkah ekstra untuk meningkatkan keterampilan Anda. Misalnya, sertifikat pelatihan keselamatan jalan, manajemen waktu, atau penanganan kendaraan khusus dapat menjadi nilai tambah yang menarik bagi rekruter.

3. Pengalaman Kerja yang Relevan

Rekruter cenderung mencari pengalaman kerja yang relevan ketika meninjau CV seorang driver. Jadi, pastikan untuk mencantumkan pengalaman kerja sebelumnya yang berkaitan dengan dunia pengemudi. Sertakan informasi tentang perusahaan atau organisasi yang Anda kerjakan, jenis kendaraan yang Anda kendalikan, dan tanggung jawab Anda selama masa kerja. Jangan lupa untuk menyoroti prestasi atau penghargaan yang pernah Anda terima selama bekerja sebagai driver.



4. Keterampilan yang Dikuasai

Selain pengalaman kerja, rekruter juga tertarik dengan keterampilan yang Anda kuasai sebagai driver. Jangan lupa untuk mencantumkan keterampilan seperti pengetahuan tentang aturan lalu lintas, kemampuan memperbaiki kendaraan darurat, atau kemahiran dalam menggunakan teknologi GPS. Jika Anda memiliki sertifikasi khusus seperti lisensi truk atau kendaraan komersial lainnya, pastikan untuk menyebutkannya juga.

5. Catatan Bersih dalam Mengemudi

Salah satu hal yang paling penting bagi seorang driver adalah memiliki catatan mengemudi yang bersih. Pastikan untuk menyertakan informasi tentang catatan mengemudi Anda yang baik, termasuk ketiadaan pelanggaran lalu lintas atau kecelakaan dalam periode waktu tertentu. Jika Anda memiliki penghargaan atau pengakuan resmi terkait dengan catatan mengemudi yang baik, pastikan untuk menyebutkannya sebagai bukti kualitas Anda sebagai driver yang bertanggung jawab.

Baca juga: Cara Daftar Lion Parcel Driver yang Mudah

Hal-hal yang Wajib Ada dalam CV Driver

Berikut adalah beberapa hal yang wajib ada dalam CV driver Anda:

  1. Informasi Kontak: Informasi kontak pribadi Anda harus jelas tercantum di bagian atas CV Anda. Sertakan nama lengkap, alamat tempat tinggal, nomor telepon, dan alamat email yang aktif. Pastikan informasi ini mudah ditemukan oleh calon pemberi kerja.
  1. Ringkasan Profil: Buat ringkasan profil singkat yang mencerminkan keahlian dan pengalaman Anda sebagai driver. Jelaskan kualifikasi Anda dengan jelas dan singkat, termasuk jenis kendaraan yang dapat Anda kendalikan (misalnya mobil, truk, atau sepeda motor), kategori SIM yang Anda miliki, dan lamanya pengalaman mengemudi.
  1. Pendidikan: Jika Anda memiliki pendidikan yang relevan dengan pekerjaan sebagai driver, sebutkan dengan jelas. Misalnya, jika Anda memiliki sertifikat atau pelatihan mengemudi yang spesifik, sebutkan institusi yang memberikannya dan tahun kelulusan.
  1. Pengalaman Kerja: Bagian ini merupakan salah satu yang paling penting dalam CV driver Anda. Sebutkan pengalaman kerja terkait dengan pekerjaan sebagai driver secara terperinci. Cantumkan nama perusahaan, jabatan Anda, dan rentang waktu kerja. Jelaskan tugas dan tanggung jawab Anda sebagai driver, serta jenis kendaraan yang Anda kendalikan.
  1. Lisensi dan Sertifikasi: Lampirkan informasi tentang kategori SIM yang Anda miliki, serta masa berlaku dan nomor SIM. Jika Anda memiliki sertifikasi lain yang relevan, seperti sertifikat pelatihan pengemudi yang diperoleh, sertakan juga informasinya.
  1. Kemampuan dan Keahlian: Jelaskan kemampuan dan keahlian khusus yang Anda miliki sebagai driver. Misalnya, kemampuan mengemudi dalam kondisi cuaca yang sulit atau pengalaman mengemudi di daerah perkotaan yang padat lalu lintas. Jelaskan juga pengetahuan Anda tentang peraturan lalu lintas dan kepatuhan terhadap aturan tersebut.
  1. Referensi: Jika memungkinkan, sertakan referensi dari pemberi kerja sebelumnya yang dapat memberikan rekomendasi positif tentang kemampuan mengemudi Anda. Jangan lupa untuk meminta izin terlebih dahulu sebelum mencantumkan nama dan kontak mereka.
  1. Tautan Profil Online: Jika Anda memiliki profil online yang relevan dengan pekerjaan sebagai driver, seperti LinkedIn atau platform khusus untuk pencarian pekerjaan, sertakan tautan tersebut agar pemberi kerja dapat melihat lebih banyak informasi tentang Anda.

Baca juga: Berapa Penghasilan Driver Shopee Food? Simak Informasinya!

Contoh CV Driver untuk Berbagai Jenis Angkutan Transportasi

1. Contoh CV Driver fresh Graduate

Contoh CV Driver fresh Graduate



2. Contoh CV Driver Berpengalaman

Contoh CV Driver Berpengalaman

Pastikan untuk menyesuaikan contoh CV driver  ini sesuai dengan pengalaman dan kualifikasi Anda sendiri. Periksa dengan cermat untuk kesalahan tata bahasa dan pengejaan sebelum mengirimkan CV Anda kepada pemberi kerja potensial. Semoga sukses dalam mencari pekerjaan sebagai seorang sopir profesional!


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!