10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

cara menjadi cleaning service yang baik

Cara Menjadi Cleaning Service yang Baik Dan Profesional

Cara menjadi cleaning service yang baik, harus Anda ketahui sebelum melamar atau mulai bekerja sebagai petugas kebersihan. Supaya atasan bisa merasa puas dengan pelayanan serta kinerja yang dimiliki.

Pada dasarnya profesi ini juga tidak jauh berbeda dengan housekeeping. Yakni melayani pada bidang kebersihan, hygenisasi, juga kerapian. Oleh sebab itu, keberadaannya sangat dibutuhkan dalam sebuah Industri atau perusahaan.

Kegiatan tersebut memiliki tujuan dalam jangka pendek, yakni menunjang aktivitas sehari-hari. Selain dari kebutuhan jangka pendek, ada juga kebutuhan jangka panjang untuk merawat barang di dalam lingkup kerja.

Dari tugas tersebut bisa menghasilkan kualitas terbaik serta memuaskan atasan. Meski begitu ada beberapa cara menjadi cleaning service yang baik, perlu Anda perhatikan.

Cara Menjadi Cleaning Service yang Baik

Menjadi petugas kebersihan terbaik tentunya membuat kinerja tampak sangat cemerlang dihadapan atasan. Tidak hanya itu, Anda juga dapat merasa puas dan bisa saja mendapatkan pujian dari banyak orang.

Ada beberapa tips bisa dijadikan sebagai panduan menjadi seorang Cleaning Service yang baik. Berikut ini caranya yang bisa Anda jadikan referensi yang mudah.

1. Bersih

Sesuai dengan namanya, seorang petugas kebersihan harus bisa menjaga kebersihan. Hal ini meliputi untuk memelihara bagian dalam gedung, membersihkan bagian luar, serta menjaga kebersihan lantai.

Tidak hanya itu, bertugas juga untuk membersihkan bagian area toilet. Cara menjadi cleaning service yang baik ini, intinya Anda harus bisa menjaga kebersihan seluruh ruangan dengan baik. Meski begitu, biasanya tugas tersebut dibagi-bagi dengan pekerja lainnya jadi tidak terasa berat.

2. Teliti

Cara menjadi cleaning service yang baik selanjutnya, harus memiliki sikap teliti. Memerhatikan setiap sudut ruangan untuk tetap bersih dan tidak ada kotoran sedikitpun.

Termasuk di dalamnya, membersihkan meja yang berdebu. Mengepel dan menyapu lantai, membersihkan bagian-bagian yang berdebu, serta membereskan berkas-berkas berserakan.

3. Kerapian

Selanjutnya, Anda harus menyuguhkan tampilan konsisten rapi pada ruangan. Baik itu dengan cara membersihkan sampah-sampah berserakan, merapikan dokumen, menyusun tanaman serta merawatnya.

Buat tampilan ruangan tetap terlihat rapi serta bersih. Dengan begitu Anda bisa dicap sebagai petugas kebersihan terbaik dan memiliki kinerja sangat berkualitas.

4. Cekatan

Tidak hanya harus bersih, teliti serta rapi. Cara menjadi cleaning service yang baik lainnya adalah cekatan. Dengan sikap cekatan, tentunya kinerja Anda bisa dilihat bahkan diandalkan oleh perusahaan.

Sikap cekatan ini bisa menerapkan kebersihan secara raba, rasa, juga pandang. Misalnya terlihat ada sampah berserakan segera bersihkan sampah tersebut. 

6. Rajin

Dalam setiap pekerjaan rajin adalah hal paling utama. Jangan bermalas-malasan dan tenggelam dalam rasa malas tersebut. Jika bisa setelah pekerjaan utama selesai, lihat pekerjaan lainnya apakah perlu perawatan dan perlu dibersihkan atau tidak.

Tapi usahkan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut secara ringkas atau menggunakan cara yang efektif juga efisien.

7. Merawat Fasilitas Perusahaan 

Cara menjadi cleaning service yang baik selanjutnya harus merawat fasilitas kantor atau perusahaan dengan baik. Misalnya merawat tanaman-tanaman sudah ada, kemudian menjaga peralatan kerja cleaning service. Seperti merawat sapu, pengki, pelan, tempat sampah, perlatan kebersihan serta menjaga peralatan lainnya

8. Memiliki Kepribadian yang Baik

Selain memerhatikan kualitas pekerjaan, Anda juga harus memiliki kepribadian baik. Selalu bersikap jujur serta memberikan pelayanan pada semua orang dengan ramah.

Misalnya menerapkan 3S (Senyum, Salam, dan Sapa). Dengan kepribadian tersebut, orang-orang bisa merasa nyaman menjadi rekan kerja Anda.

Selalu bersikap tanggung jawab terhadap pekerjaan yang dimiliki. Bersikap disiplin, loyal serta ikhlas dalam menjalankan pekerjaan.

Berikan juga servis terbaik, serta jaga komunikasi dengan atasan maupun sesama pekerja petugas kebersihan. Tidak hanya berdampak mendapatkan energi positif, Anda juga bisa dikelilingi oleh orang-orang baik, seperti Anda.

Dalam dunia pekerjaan serta kehidupan bersosialisasi, kualitas serta kepribadian menjadi nilai utama seseorang merasa puas dengan pelayanan jasa. Usahkan selalu memberikan yang terbaik bagi setiap perusahaan tempat Anda bekerja.

Dengan begitu, Anda bisa menjadi pekerja yang andal. Untuk itulah mengapa harus mengetahui bagaimana cara menjadi cleaning service yang baik sebelum mulai bekerja sebagai petugas kebersihan.

Bagikan Artikel: