Cara Mengisi Summary Lamaran Kerja Agar Dilirik HRD

Cara mengisi summary lamaran kerja agar dilirik HRD menjadi hal yang perlu diperhatikan. Hal ini karena summary merupakan salah satu senjata berperang para jobseeker untuk menarik perhatian recruiter di awal proses melamar. Berikut ini cara mengisi summary lamaran kerja, yuk simak!!!

Pengertian Summary Lamaran Kerja

Menurut Columbia University, summary lamaran kerja adalah pernyataan singkat tentang diri untuk mempromosikan diri. Summary lamaran kerjamemberikan gambaran singkat tentang diri Anda sebagai pelamar. Ini adalah bagian yang penting karena pertama-tama akan dibaca oleh perekrut.

Summary lamaran kerja harus singkat dan jelas. Tujuannya adalah untuk menarik perhatian perekrut dan membuat mereka tertarik untuk membaca seluruh lamaran.

Baca juga : Contoh Resume Lamaran Kerja Lengkap Dijamin Lolos

Cara Mengisi Summary Lamaran Kerja

1. Tulis Secara Ringkas Tanpa Bertele-tele

Penulisan data diri sebaiknya dinarasikan seringkas mungkin. Meskipun dituntut ringkas namun juga perlu memperhatikan kelengkapan informasi yang ingin disajikan kepada bagian personalia. 

Anda perlu menyeleksi informasi apa saja guna mendukung latar belakang untuk dilirik HRD. Lalu selanjutnya sajikan ke dalam bentuk poin atau list. Hal ini bertujuan agar data terbaca lebih efektif saat recruiter menyeleksinya.

2. Buat List Kemampuan dan Prestasi

Cara mengisi summary lamaran kerja selanjutnya Kenali diri sendiri dan temukan kemampuan yang dapat dijadikan sebagai kebanggaan untuk dipilih oleh HRD. Sajikan beberapa prestasi terkait posisi yang dilamar agar semakin mendapat nilai tambahan dari pihak penyeleksi.

Narasi terkait kemampuan dan prestasi terlampir secara keseluruhan akan memberikan kesan membosankan. Mengingat rukruter hanya melihat apa yang mereka butuhkan.



3. Cantumkan Pengalaman Magang atau Kerja

Bagi para senior di dunia kerja, tentu sudah memiliki pengalaman kerjasama dengan perusahaan-perusahaan sebelumnya. Sehingga mencantumkan pengalaman atau sejarah masa lalu menjadi poin yang perlu dilakukan untuk memperkuat summary. 

Sedangkan alternatif bagi para freshgraduate, maka hal ini dapat digantikan dengan mencantumkan pengalaman organisasi maupun magang. Cantumkan keterlibatan Anda di sana sebagai nilai tambah keunggulan diri.

4. Tonjolkan Skill dan Kepribadian

Cara mengisi summary lamaran kerja berikutnya yaitu perlunya menampilkan beberapa skill yang berkaitan dengan posisi tujuan. Misalnya saja lowongan penulis artikel tentu Anda perlu menuliskan skill menulis dengan hasil unik dan bebas plagiat.

Selain hard skill atau soft skill penunjang, ternyata sepenggal kepribadian pelamar juga hal yang akan dilihat oleh HRD. Pihak recruiter akan menilai seseorang dari kepribadian apakah masih relevan untuk sebuah pekerjaan tersebut atau tidak.

Aplikasi Produktivitas Diskon Hingga 95%

5. Perhatikan Kriteria Pelamar Calon Pekerja

Memperhatikan kriteria pelamar menjadi salah satu yang perlu diperhatikan. Lihat kriteria kemampuan, hingga daftar tugas yang dibebankan pada calon pekerja untuk posisi tujuan.

Hal ini supaya penulisan CV dapat merujuk pada apa yang dibutuhkan oleh perusahaan. Sehingga jika penawaran Anda jawaban pencarian mereka, tentu potensi dipanggil akan lebih besar.

6. Analisis bidang Industri Tujuan

Agar lebih terlihat mendalami benar apa yang perusahaan cari, maka sebaiknya Anda perlu banyak melakukan riset mengenai bidang industri tujuan. Selain menguatkan summary ini juga berpotensi agar terlihat profesional dengan pengalaman lebih unggul.

7. Ubah Draft Poin Sesuai Kebutuhan Perusahaan

Setelah draft poin data diri serta keunggulan dibuat maka langkah selanjutnya yaitu mereview ulang dan eliminasi menyesuaikan kebutuhan perusahaan. Hal ini agar menonjolkan bahwa Anda spesialis pada posisi yang dibutuhkan perusahaan.

Misalnya saja Anda berpengalaman sebagai penulis dari buku teks, majalah, jurnalis, artikel SEO hingga copywriting. Namun lowongan yang dibuka adalah penulis artikel SEO sehingga Anda perlu menonjolkan skill terkait pemahaman SEO, traffic, plagiarism checker dan sebagainya. 

Baca Juga : Contoh CV Lulusan SMA Tanpa Pengalaman Tapi Menarik HRD



Contoh Summary Lamaran Kerja

1. Contoh Summary CV untuk Penulis

” Saya adalah seorang penulis kreatif dengan pengalaman selama lima tahun dalam industri tulisan. Saya telah menghasilkan berbagai jenis konten, mulai dari artikel berita, blog, hingga konten pemasaran yang menarik dan informatif. Keahlian saya terutama terletak pada penulisan kreatif dan penelitian yang mendalam untuk menghasilkan materi yang relevan dan berkualitas. Dalam perjalanan karir saya, saya telah berhasil bekerja dengan berbagai klien dan topik, dari industri teknologi hingga kesehatan dan gaya hidup. Kemampuan saya dalam memahami target audiens dan mengadaptasi gaya penulisan saya membuat saya mampu menghasilkan konten yang efektif dalam mencapai tujuan komunikatif. Selain itu, saya sangat peduli terhadap tata bahasa yang tepat dan ketelitian dalam setiap kata yang saya tulis. Saya senang berkolaborasi dengan tim untuk menciptakan konten yang menginspirasi dan bermanfaat. Saya yakin bahwa kemampuan saya dalam berkomunikasi secara efektif melalui tulisan akan menjadi aset berharga untuk proyek-proyek masa depan. Saya sangat antusias untuk berkontribusi dalam proyek-proyek menarik dan beragam serta terus mengasah keterampilan penulisan saya. “

2. Contoh Summary CV untuk Digital Marketing

” Saya adalah seorang profesional digital marketing yang berpengalaman dengan lebih dari enam tahun di industri ini. Dengan latar belakang yang kuat dalam strategi digital, kampanye pemasaran online, dan analisis data, saya telah berhasil memimpin berbagai proyek yang meningkatkan visibilitas merek dan menghasilkan pertumbuhan yang signifikan. Dalam perjalanan karir saya, saya telah menciptakan dan mengelola kampanye digital yang sukses di berbagai platform, termasuk media sosial, periklanan berbayar, dan pemasaran konten. Saya sangat mengutamakan pemahaman audiens dan analisis data untuk mengoptimalkan hasil kampanye. Keahlian saya dalam SEO (Search Engine Optimization) telah membantu meningkatkan peringkat dan lalu lintas organik untuk berbagai situs web. Selain itu, saya adalah seorang yang terus belajar dan beradaptasi dengan perubahan tren dalam industri digital marketing. Saya juga memiliki kemampuan komunikasi yang kuat dan telah berhasil berkolaborasi dengan tim lintas departemen untuk mencapai tujuan bisnis yang spesifik. Saya sangat bersemangat tentang dunia digital marketing yang terus berkembang, dan saya percaya bahwa saya dapat memberikan kontribusi yang berharga untuk proyek-proyek masa depan. Saya berkomitmen untuk terus meningkatkan keterampilan dan pengetahuan saya dalam industri ini.”

3. Contoh Summary untuk Fresh Graduate

“Saya adalah seorang lulusan baru yang memiliki semangat besar untuk memulai karir dalam [sebutkan bidang atau industri yang relevan]. Selama studi saya di [sebutkan nama universitas] di mana saya memperoleh gelar [sebutkan gelar Anda], saya mengembangkan pemahaman yang kuat tentang [sebutkan bidang studi Anda] dan mengasah keterampilan kritis seperti pemecahan masalah, analisis data, dan komunikasi. Saya adalah seorang yang proaktif, belajar dengan cepat, dan siap untuk menghadapi tantangan baru. Selama kuliah, saya aktif dalam [sebutkan aktivitas ekstrakurikuler atau organisasi yang Anda ikuti] di mana saya memperoleh pengalaman berharga dalam [sebutkan keterampilan atau pengalaman yang relevan]. Saya juga telah menyelesaikan [sebutkan proyek atau tugas yang mencerminkan kemampuan Anda] yang memperkuat kemampuan saya dalam [sebutkan keterampilan yang ingin Anda tonjolkan]. Saya sangat tertarik untuk memulai karir dalam [sebutkan bidang pekerjaan yang Anda minati] dan berkontribusi dalam tim yang dinamis. Saya memiliki hasrat untuk belajar dan berkembang, serta berkomitmen untuk memberikan yang terbaik dalam pekerjaan saya. Saya percaya bahwa saya memiliki potensi besar untuk berkembang dan berkontribusi secara signifikan di perusahaan yang dinamis dan inovatif seperti [sebutkan nama perusahaan yang Anda lamar]. Saya sangat bersemangat untuk kesempatan berbicara lebih lanjut tentang bagaimana saya dapat membawa nilai tambah bagi [nama perusahaan]. Terima kasih atas pertimbangan Anda.”

4. Contoh Summary untuk Fresh Graduate Lulusan Jurnalistik

” Saya adalah seorang lulusan baru dengan gelar dalam jurnalistik yang antusias dan bersemangat untuk memulai karir dalam dunia media dan jurnalistik. Selama perjalanan pendidikan saya di [sebutkan nama universitas] yang berfokus pada jurnalistik, saya telah mengembangkan fondasi yang kuat dalam penulisan berita, wawancara, dan penyuntingan yang akurat. Saya memiliki pengalaman praktik kerja selama kuliah, yang mencakup magang di [sebutkan nama media atau perusahaan media] di mana saya terlibat dalam pelaporan berita sehari-hari dan penulisan artikel. Saya juga aktif dalam kegiatan penulisan di [sebutkan nama organisasi mahasiswa atau media kampus] yang membantu meningkatkan keterampilan penulisan dan kerja tim saya. Keahlian saya meliputi riset mendalam, penulisan cerita yang menarik, serta pemahaman yang kuat tentang etika jurnalistik. Saya berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat, berimbang, dan relevan kepada masyarakat. Saya sangat bersemangat untuk memulai karir jurnalistik saya dan berkontribusi dalam industri media. Saya percaya bahwa dengan kemampuan saya dalam penulisan dan komunikasi, saya dapat menjadi aset berharga bagi [nama perusahaan media atau media yang Anda lamar]. Saya siap untuk belajar lebih banyak, beradaptasi dengan perubahan tren media, dan tumbuh bersama dengan perusahaan yang dinamis. Saya sangat berterima kasih atas kesempatan untuk berbicara lebih lanjut tentang bagaimana saya dapat berkontribusi dalam tim jurnalistik [nama perusahaan]. Terima kasih atas perhatian Anda.”

5. Contoh Summary untuk Fresh Graduate Lulusan DKV

” Saya adalah seorang lulusan baru dengan latar belakang dalam Desain Komunikasi Visual yang bersemangat untuk memulai karir dalam industri kreatif. Selama studi saya di [sebutkan nama universitas] di mana saya mendapatkan gelar [sebutkan gelar Anda], saya telah mengembangkan kemampuan desain grafis, pemahaman tentang estetika, dan kemampuan berpikir kreatif yang kuat. Selama kuliah, saya aktif dalam proyek-proyek desain yang beragam dan berkolaborasi dalam tim dengan berbagai proyek kreatif. Saya memiliki pengalaman dalam menggunakan perangkat lunak desain seperti Adobe Creative Suite dan memiliki kemampuan dalam menghasilkan desain visual yang menarik dan efektif. Keahlian saya mencakup desain identitas merek, desain publikasi, ilustrasi, dan fotografi. Saya juga memiliki pemahaman yang kuat tentang desain berbasis web dan desain responsif. Saya sangat bersemangat untuk memulai karir dalam dunia DKV dan berkontribusi dalam proyek-proyek kreatif yang menginspirasi. Saya percaya bahwa dengan keterampilan desain saya dan ketertarikan terhadap inovasi, saya dapat menjadi aset berharga untuk [sebutkan nama perusahaan atau studio desain] dan berkontribusi pada keberhasilan proyek-proyek kreatif di masa depan. Saya berterima kasih atas kesempatan untuk berbicara lebih lanjut tentang bagaimana saya dapat mendukung visi dan tujuan kreatif [nama perusahaan atau studio desain]. Terima kasih atas perhatian Anda.”

6. Contoh Summary di LinkedIn

Saya adalah seorang desainer grafis dengan ketertarikan khusus dalam desain identitas merek dan ilustrasi. Dengan gelar dalam Desain Komunikasi Visual, saya telah bekerja di berbagai proyek desain yang memadukan estetika dengan tujuan komunikatif. Saya memiliki keterampilan dalam Adobe Creative Suite, fotografi, dan ilustrasi digital. Saya senang berkolaborasi dengan merek dan individu untuk menghasilkan desain yang unik dan efektif. Tujuan saya adalah untuk terus berkontribusi dalam dunia desain dan menghadirkan karya-karya yang inspiratif.”

7. Contoh Summary di LinkedIn untuk Arsitek


Berikut adalah contoh summary atau ringkasan untuk profil LinkedIn seorang arsitek:

“Saya adalah seorang arsitek dengan lebih dari sepuluh tahun pengalaman dalam merancang dan mengembangkan proyek-proyek arsitektur yang inovatif dan berpengaruh. Saya memiliki latar belakang yang kuat dalam desain bangunan komersial, perumahan, dan ruang publik. Setiap proyek yang saya kerjakan didasarkan pada filosofi bahwa arsitektur harus menciptakan lingkungan yang memadukan fungsi, estetika, dan keberlanjutan.

Pengalaman saya mencakup kolaborasi dengan klien dari berbagai industri, mulai dari perusahaan real estate hingga lembaga pemerintah. Saya memiliki keahlian dalam menggunakan perangkat lunak desain terkemuka dan pemodelan 3D untuk membantu klien memvisualisasikan konsep desain. Selain itu, saya memiliki pengetahuan mendalam tentang peraturan dan kode bangunan yang relevan.

Selama karier saya, saya telah memenangkan beberapa penghargaan dalam bidang arsitektur, yang menunjukkan dedikasi saya untuk menciptakan karya-karya berkualitas tinggi. Saya juga sangat tertarik pada arsitektur berkelanjutan dan mencari cara-cara untuk mengintegrasikan praktik keberlanjutan dalam setiap proyek.

Saya percaya bahwa arsitektur memiliki kekuatan untuk mengubah kehidupan dan memengaruhi budaya. Saya senang berkolaborasi dengan tim multidisiplin yang bersemangat untuk menciptakan desain yang menginspirasi dan bermanfaat bagi masyarakat. Saya selalu terbuka untuk peluang baru dan tantangan dalam dunia arsitektur.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!