10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

Cara Mengisi Summary Lamaran Kerja Agar Dilirik HRD

Cara mengisi summary lamaran kerja agar dilirik HRD menjadi hal yang perlu diperhatikan. Hal ini karena summary atau Curriculum vitae merupakan salah satu senjata berperang para jobseeker untuk menarik perhatian recruiter di awal proses melamar. 

Para recruiter atau HRD biasanya akan menyeleksi ratusan atau bahkan ribuan data diri pelamar. Sehingga CV menjadi gerbang utama sebelum bagian personalia mengundang interview. Semakin menarik CV semakin berpotensi untuk dipanggil tes selanjutnya.

Deskripsi diri yang terlalu singkat akan menghilangkan esensi profesional karena terbatasnya tulisan, namun jika terlalu panjang berpotensi bagian personalia bosan dalam membacanya. Oleh karenanya penulisan CV perlu dipersiapkan dengan matang.

Penulisan CV perlu dinarasikan dengan singkat namun tetap padat merangkum data hingga kualitas diri para calon pelamar kerja. Untuk mengetahui cara mengisi summary lamaran kerja yang menarik, artikel ini adalah jawabannya.

Cara Mengisi Summary Lamaran Kerja Menarik 

Sebelum melamar sebuah lowongan pekerjaan, biasanya pelamar perlu mempersiapkan tulisan singkat mengenai profil dan keunggulannya dalam bentuk CV atau biodata. Biodata ini bisa digabungkan ke dalam halaman pertama dari portofolio maupun dibuat terpisah.

Untuk beberapa platform penyedia info lowongan seperti jobstreet, kita lulus, jobs.id dan lainnya akan meminta user membuat summary di halaman profilnya. Sehingga bagi Anda para calon pelamar pastikan mempelajari cara mengisi summary lamaran kerja tersebut sebagai berikut.

  1. Tulis Secara Ringkas Tanpa Bertele-tele

Penulisan data diri sebaiknya dinarasikan seringkas mungkin. Meskipun dituntut ringkas namun juga perlu memperhatikan kelengkapan informasi yang ingin disajikan kepada bagian personalia. 

Anda perlu menyeleksi informasi apa saja guna mendukung latar belakang untuk dilirik HRD. Lalu selanjutnya sajikan ke dalam bentuk poin atau list. Hal ini bertujuan agar data terbaca lebih efektif saat recruiter menyeleksinya.

  1. Buat List Kemampuan dan Prestasi

Cara mengisi summary lamaran kerja selanjutnya Kenali diri sendiri dan temukan kemampuan yang dapat dijadikan sebagai kebanggaan untuk dipilih oleh HRD. Sajikan beberapa prestasi terkait posisi yang dilamar agar semakin mendapat nilai tambahan dari pihak penyeleksi.

Narasi terkait kemampuan dan prestasi terlampir secara keseluruhan akan memberikan kesan membosankan. Mengingat rukruter hanya melihat apa yang mereka butuhkan.

  1. Cantumkan Pengalaman Magang atau Kerja

Bagi para senior di dunia kerja, tentu sudah memiliki pengalaman kerjasama dengan perusahaan-perusahaan sebelumnya. Sehingga mencantumkan pengalaman atau sejarah masa lalu menjadi poin yang perlu dilakukan untuk memperkuat summary. 

Sedangkan alternatif bagi para freshgraduate, maka hal ini dapat digantikan dengan mencantumkan pengalaman organisasi maupun magang. Cantumkan keterlibatan Anda di sana sebagai nilai tambah keunggulan diri.

  1. Tonjolkan Skill dan Kepribadian

Cara mengisi summary lamaran kerja berikutnya yaitu perlunya menampilkan beberapa skill yang berkaitan dengan posisi tujuan. Misalnya saja lowongan penulis artikel tentu Anda perlu menuliskan skill menulis dengan hasil unik dan bebas plagiat.

Selain hard skill atau soft skill penunjang, ternyata sepenggal kepribadian pelamar juga hal yang akan dilihat oleh HRD. Pihak recruiter akan menilai seseorang dari kepribadian apakah masih relevan untuk sebuah pekerjaan tersebut atau tidak.

  1. Perhatikan Kriteria Pelamar Calon Pekerja

Memperhatikan kriteria pelamar menjadi salah satu yang perlu diperhatikan. Lihat kriteria kemampuan, hingga daftar tugas yang dibebankan pada calon pekerja untuk posisi tujuan.

Hal ini supaya penulisan CV dapat merujuk pada apa yang dibutuhkan oleh perusahaan. Sehingga jika penawaran Anda jawaban pencarian mereka, tentu potensi dipanggil akan lebih besar.

  1. Analisis bidang Industri Tujuan

Agar lebih terlihat mendalami benar apa yang perusahaan cari, maka sebaiknya Anda perlu banyak melakukan riset mengenai bidang industri tujuan. Selain menguatkan summary ini juga berpotensi agar terlihat profesional dengan pengalaman lebih unggul.

  1. Ubah Draft Poin Sesuai Kebutuhan Perusahaan

Setelah draft poin data diri serta keunggulan dibuat maka langkah selanjutnya yaitu mereview ulang dan eliminasi menyesuaikan kebutuhan perusahaan. Hal ini agar menonjolkan bahwa Anda spesialis pada posisi yang dibutuhkan perusahaan.

Misalnya saja Anda berpengalaman sebagai penulis dari buku teks, majalah, jurnalis, artikel SEO hingga copywriting. Namun lowongan yang dibuka adalah penulis artikel SEO sehingga Anda perlu menonjolkan skill terkait pemahaman SEO, traffic, plagiarism checker dan sebagainya. 

Hal yang perlu diingat sebagai pondasi dari tujuan pembuatan resume adalah menyakinkan recruiter bahwa Anda mampu dan pantas dipilih ke tahap seleksi selanjutnya. Sehingga cara mengisi summary lamaran kerja perlu Anda persiapkan dengan baik.

Bagikan Artikel: