10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

cara mendapatkan project freelancer dengan mudah

Berikut Cara Mendapatkan Project Freelancer dengan Mudah

Banyak orang kebingungan mengenai cara mendapatkan project freelancer dengan mudah. Itu karena, project ini biasanya sangat langka dan membutuhkan kerja yang sangat keras untuk mendapatkannya. 

Tetapi di sisi lain, ada juga beberapa freelancer profesional yang seakan begitu mudah dalam mendapatkan project. Peluang ini jelas sangat menggiurkan. Itu karena, pekerjaan sebagai freelance membuat seseorang bisa bekerja secara bebas.

Jam kerjanya sangat fleksibel dan pekerjaan tersebut bisa diselesaikan di mana saja. Bagi beberapa freelancer baru, bayaran yang didapat memang tidak seberapa. Namun jika sudah berpengalaman, bayaran yang didapat bahkan sangat tinggi.

Hal tersebut membuat banyak orang di luar sana lebih memutuskan untuk menjadi freelancer dibandingkan bekerja di perusahaan.

Baca juga: Perbedaan Parttime dengan Freelance dan Keuntungannya

Cara Mendapatkan Project Freelancer dengan Mudah

Jika Anda masih bingung dengan cara untuk mendapatkan project freelancer dengan mudah, Anda sudah berada di tempat yang tepat. Pada kesempatan kali ini, akan dibahas lebih lanjut mengenai beberapa hal yang bisa diterapkan. Berikut ulasannya secara rinci.

1. Niche

Hal pertama yang penting untuk diperhatikan berhubungan dengan niche. Karena freelancer ini sifatnya bebas, beberapa orang memutuskan untuk mengambil setiap pekerjaan. Perlu diketahui, keputusan tersebut adalah kesalahan besar.

Dengan mengambil semua pekerjaan, Anda tidak akan memiliki pelanggan tetap. Oleh karena itu, jauh lebih tepat jika memutuskan untuk memilih satu niche tertentu. Tentu niche yang dipilih ini harus berasal dari bidang yang dikuasai.

2. Target Pasar

Cara mendapatkan project freelancer dengan mudah berikutnya berhubungan dengan target pasar. Pilihlah target pasar yang sesuai dengan kemampuan Anda. Nantinya cara ini membuat pemasaran yang dilakukan menjadi lebih efektif.

Menentukan target pasar sendiri perlu dilakukan dengan sespesifik mungkin. Tetapi ingat, pemilihannya harus dilakukan berdasarkan riset. Jika pemilihannya dilakukan secara asal, sangat mungkin target pasar yang dipilih akhirnya salah.

3. Portofolio

Hal selanjutnya yang tidak kalah penting dalam cara mendapatkan project freelancer dengan mudah adalah portofolio. Portofolio ini penting untuk meyakinkan calon konsumen agar memberikan project pada Anda.

Dalam pembuatan portofolio sendiri, kelengkapan bukan satu-satunya hal yang perlu diperhatikan. Selain kelengkapan, penting juga untuk membuat portofolio yang rapi. Ini membuat calon konsumen tidak kesulitan dalam membuat portofolio tersebut.

4. Personal Branding

Personal branding juga sangat vital dalam cara mendapatkan project freelancer dengan mudah. Personal branding seseorang sendiri pada awalnya pasti baik. Namun personal branding tersebut bisa saja luntur seiring berjalannya waktu.

Untuk membangun personal branding, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah karakter. Pastikan usaha yang dijalankan memiliki karakter yang khas. Jangan lupa juga untuk selalu memprioritaskan kepuasan konsumen dalam setiap pesanan.

5. Platform Freelance

Di luar sana ada banyak platform freelance yang tersedia. Platform freelance ini memang sangat membantu untuk mempertemukan Anda dengan konsumen. Nantinya langsung saja buat akun freelancer di platform tersebut.

Biasanya Anda akan kesulitan untuk mendapatkan project pertama di platform tersebut. Namun setelah project pertama datang,  project selanjutnya akan lebih mudah untuk didapat. Walaupun memang, kualitas adalah hal yang sangat diperhatikan.

7. Network

Pemasaran saat menjadi freelancer tidak harus selalu dilakukan secara online ke orang baru. Anda juga bisa memanfaatkan network yang dimiliki. Jika ada kenalan yang memang memiliki project dalam jumlah banyak, jangan ragu untuk menawarkan jasa.

Perlu diingat, kunci menjadi freelancer adalah mencari pesanan yang sifatnya rutin. Oleh karena itu, Anda yang sudah memiliki pesanan rutin pasti merasa dimudahkan sebagai freelancer.

8. Email

Email marketing juga layak ditambahkan ketika mengulas cara mendapatkan project freelancer dengan mudah. Untuk melakukan email marketing, carilah dulu perusahaan atau agensi yang sesuai dengan layananmu.

Dari sana, cari alamat emailnya dan siapkan email yang tidak template. Pastikan email tersebut unik sehingga layanan memang seakan dikhususkan pada perusahaan tersebut. Cara ini akan membuat Anda seakan lebih profesional.

9. Skill

Hal terakhir yang tidak kalah penting dalam cara mendapatkan project freelancer adalah mengembangkan skill. Pastikan kualitas pekerjaan Anda terus ditingkatkan. Nantinya peningkatan tersebut akan membuat konsumen lebih puas.Inti dari menjadi freelancer adalah melakukan improvisasi secara terus menerus. Jika improvisasi ini tidak dilakukan, efektivitas cara mendapatkan project freelancer dengan mudah di atas pasti menurun.

Bagikan Artikel: