10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

Perbedaan Parttime dengan Freelance dan Keuntungannya

Apa perbedaan parttime dengan freelance? Sekilas mungkin terdengar mirip, tapi kedua hal tersebut mempunyai makna serta pengertian berbeda.

Jika sedang mencari pekerjaan atau job, mungkin Anda mau mempertimbangkan kedua macam job ini. Ada banyak macam tipe pekerjaan di samping parttime dan freelance, seperti magang serta full time.

Namun untuk mencari tipe yang tepat, Anda perlu memahami terlebih dahulu apa yang ditawarkan dari kedua tipe tersebut. Pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan mengenai istilah parttime dan freelance.

Apa Saja Perbedaan Parttime dengan Freelance?

Terkadang parttime atau freelance dilakukan sebagai pekerjaan sambilan. Pekerja full time juga terkadang bisa mengambil job parttime atau paruh waktu maupun freelance atau pekerja lepas.

Manakah tipe yang lebih cocok untuk Anda? Simak perbedaan parttime dengan freelance di bawah ini untuk mempertimbangkannya!

  1. Jam Kerja

Hal pertama yang menjadi pembeda adalah dari sisi jam kerja. Sesuai dengan namanya, tipe pekerjaan parttime mempunyai jam kerja yang lebih sedikit dibandingkan full time.

Tipe paruh waktu mungkin memakan waktu sekitar 3-4 jam per hari. Hari bekerjanya juga bisa saja mengambil hari pada akhir pekan. Anda juga bisa mengambil job paruh waktu ini pada acara-acara tertentu, misalnya acara pameran.

Biasanya tipe ini cocok untuk para mahasiswa. Meskipun bayarannya mungkin tidak sebesar job full time, tapi bayarannya lumayan untuk menambah uang saku.

Sedangkan untuk freelance, pekerja dengan tipe ini tidak mempunyai jam kerja tetap. Penghasilannya biasanya tidak dihitung berdasarkan jam kerja, melainkan berdasarkan seberapa banyaknya projek yang diambil.

Seperti namanya, pekerja lepas ini benar-benar bekerja secara lepas atau mandiri. Setelah mendapatkan projek atau permintaan dari klien, pekerja dengan tipe ini hanya perlu menyelesaikannya sebelum tenggat waktu.

  1. Bidang Industri

Perbedaan parttime dengan freelance kedua juga bisa dilihat dari bidang industri pekerjaannya. Biasanya bidang pekerjaan pada tipe freelance lebih beragam.

Bidang pekerjaan freelance juga biasanya disesuaikan dengan kegemaran atau kemampuan dari setiap orang. Anda juga bisa mencari pekerjaan parttime yang sesuai dengan kegemaran, namun peluangnya mungkin lebih kecil.

  1. Keuntungan

Berdasarkan penjelasan perbedaan pada poin sebelumnya, kedua tipe ini mempunyai keuntungan. Yaitu, tidak terikat dengan kontrak kerja yang dapat membatasi keleluasaan pekerja.

Anda bisa bebas mengambil pekerjaan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Perbedaan parttime dengan freelance dari segi keuntungannya adalah dengan tipe pekerja lepas, Anda juga bisa memilih pekerjaan yang sesuai dengan passion.

Semakin banyak projek yang diambil, semakin besar juga peluang Anda untuk mendapatkan penghasilan lebih besar. Berbeda dengan full time yang pada umumnya penghasilannya telah disepakati dan ditetapkan sejak awal.

  1. Contoh Pekerjaan

Pada poin terakhir ini, kami akan memberikan beberapa contoh pekerjaan dari kedua tipe tersebut. Gunanya adalah agar Anda bisa mendapatkan gambaran pekerjaan dari tipe pekerjaan parttime dan freelance.

Untuk paruh waktu, contoh pekerjaan yang bisa Anda ambil adalah sebagai tutor atau guru les. Contoh lain job paruh waktu yang biasa dijumpai juga adalah barista kopi, penerjemah, fotografer, SPG, dan sebagainya.

Seperti poin perbedaan parttime dengan freelance yang telah dijelaskan di atas, bidang industri pada tipe pekerja lepas sangat luas dan beragam. Anda hanya perlu cermati bidang apa yang Anda kuasai. 

Selain itu perhatikan juga bidang apa yang diminati orang banyak. Sebagai referensi, inilah beberapa contoh pekerjaan sebagai pekerja lepas atau freelance yang dapat Anda pilih.

Biasanya Anda bisa menjumpai job pekerja lepas dalam bidang fotografer atau videografer, desainer grafis serta penulis lepas. Contoh lainnya adalah penerjemah dan bahkan juga bisa menjadi freelance software engineer.

Ada banyak pilihan job yang bisa dipilih jika memutuskan untuk bekerja di pada tipe parttime maupun freelance. Di luar contoh di atas juga masih ada banyak job lainnya.

Sejak masa pandemi, mencari pekerjaan full time adalah suatu hal yang sulit untuk dilakukan. Tidak jarang orang akhirnya mencari cara untuk mendapatkan penghasilan melalui job parttime atau freelance.

Meskipun terdengar sama, namun ada perbedaan dari dua tipe pekerjaan tersebut. Dengan mempelajari penjelasan mengenai apa saja perbedaan parttime dengan freelance di atas, Anda bisa mempertimbangkan tipe mana yang lebih cocok.

Bagikan Artikel: