10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

5 Cara Mendapat Pengalaman Kerja untuk Fresh Graduate

Bagaimana cara mendapat pengalaman kerja ketika kita masih berada di bangku kuliah atau sedang tidak bekerja? Pertanyaan ini pasti pernah terlintas di dalam pikiran Anda bukan? Sudah tahu bagaimana solusi dari permasalahan tersebut?

Kita semua tahu kalau pengalaman menjadi salah satu aspek yang paling dipertimbangkan oleh perusahaan ketika hendak merekrut karyawan. Seringkali mereka yang tidak memiliki pengalaman kalah oleh yang sudah berpengalaman. 

Hal ini dikarenakan kandidat yang sudah berpengalaman memiliki skill dan pengetahuan yang baik terhadap sebuah pekerjaan. Bagi yang sering tersisihkan karena kondisi seperti ini, ada beberapa tips yang bisa dilakukan tujuannya agar bisa mendapatkan pengalaman kerja.

Baca juga: Kenali Ciri-ciri Lolos Interview User Sebelum Pengumuman

5 Cara Mendapat Pengalaman Kerja

Setelah kami rangkum dari berbagai sumber ternyata ada 5 cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan pengalaman kerja tanpa harus mencarinya dengan ribet. Bagi para fresh graduate, penting sekali untuk memahami 5 cara yang akan kami jelaskan pada kesempatan kali ini. 

1. Mengikuti magang 

Bergabung dalam program magang merupakan salah satu cara mendapat pengalaman kerja yang paling mudah untuk dilakukan. Sesi madang ini bisa Anda ikuti ketika sedang libur kuliah atau sedang tidak sibuk menjalani sesi pendidikan.

Ada banyak sekali instansi yang memberikan magang bagi para pelajar dari mulai perusahaan swasta, lembaga pemerintah, NGO atau non profit organization dan berbagai jenis instansi lainnya. ikuti program magang yang paling sesuai dengan minat.

Pengalaman di dalam sesi magang ini akan menjadi salah satu pelengkap CV. Sudah tentu ini akan membuka peluang untuk diterima di perusahaan ketika melamar kerja. Karena itu pastikan kalau program magang tersebut memang pas dengan target profesi yang dipilih.

2. Bergabung dalam organisasi 

Selain mengikuti magang, cara mendapat pengalaman kerja lainnya adalah dengan bergabung dalam organisasi. Jika masih berstatus sebagai pelajar, Anda bisa berpartisipasi di organisasi kemahasiswaan atau jenis organisasi lain yang bisa dipilih.

Contohnya seperti organisasi keagamaan, organisasi sosial dan lain sebagainya. Atau mungkin Anda juga bisa berpartisipasi di Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM). Pastikan untuk selalu berperan aktif dan menjadi pengurus organisasi tanpa perlu memandang posisinya. 

Dengan melakukan cara satu ini, Anda bisa menambah pengalaman dan terus belajar pengelolaan organisasi secara matang. Ada banyak dampak positif yang bisa didapat jika masuk langsung ke dalam sistem organisasi seperti ini.

3. Menjadi panitia dalam event

Ada banyak event keren yang dilakukan setiap tahunnya. Untuk menambah kelengkapan CV dan pengalaman Anda, pastikan untuk berpartisipasi dalam program kepanitiaan disebut. Tidak harus selalu acara besar, kita bisa berpartisipasi dalam acara kecil terlebih dahulu.

Cara mendapat pengalaman kerja satu ini sangat mudah untuk dilakukan. Selalu ada banyak event yang dilaksanakan di berbagai wilayah setiap tahunnya. Namun kepanitiaan acara seperti ini seringkali disepelekan oleh orang-orang.

Padahal peluang untuk menambah pengalaman kerja dari program kepanitiaan sangatlah besar. Di dalamnya Anda bisa belajar pengelolaan tim, pengelolaan dana, pengaturan waktu, memastikan kesuksesan sebuah program dan lain sebagainya.

4. Menjadi relawan

Selain beberapa poin yang sudah kami jelaskan di atas, cara mendapat pengalaman kerja lainnya adalah menjadi relawan relawan atau volunteer. Posisi satu ini banyak dibutuhkan dalam berbagai bentuk aktivitas sosial.

Baik sebagai pendamping pemberdayaan masyarakat, penyuluhan terkait sebuah isu, menjadi tutor pendidikan, program peduli lingkungan dan lain sebagainya. Sebagai relawan, tentu saja Anda tidak akan mendapat bayaran apa-apa dari aktivitas tersebut. 

Namun cara ini sangat efektif untuk menambah pengalaman Anda sebagai seorang fresh graduate. Meskipun bukan sebuah aktivitas keahlian, seringkali hal ini menjadi salah satu faktor pertimbangan yang kuat dari perusahaan perekrut.

Baca juga: Cara Menjawab Alasan Resign Saat Interview Kerja Paling Ampuh

5. Freelancer

Cara mendapat pengalaman kerja lainnya adalah bergabung dengan program freelancer yang banyak bermunculan saat ini. Tahukah Anda, freelancer sebenarnya merupakan pekerja profesional. Namun mereka tidak terikat oleh kontrak.

Pekerjaan hanya dilakukan ketika memang tersedia. Jika tidak ada, maka freelancer bisa mencari penghasilan di tempat lainnya. Tidak main main, ada banyak sekali portal freelancer yang bisa Anda temukan saat ini. Untuk bergabung di dalamnya tidak memerlukan biaya apapun alias gratis.Lakukan 5 cara yang sudah kami jelaskan di atas jika Anda ingin mendapatkan banyak pengalaman kerja meskipun sedang tidak bekerja. Tidak hanya oleh para fresh graduate saja, mereka yang sudah berpengalaman sekalipun banyak melakukan cara mendapat pengalaman kerja di atas.

Bagikan Artikel: