5 Cara Mendapat Pengalaman Kerja Efektif Untuk Fresh Graduate

Pengalaman kerja saat kuliah bukan hanya menjadi nilai tambah, tetapi juga sebuah kebutuhan. Bagaimana tidak? Saat hendak melamar pekerjaan, hampir seluruh lowongan kerja menyertakan syarat “Memiliki pengalaman setidaknya 1 Tahun”.

Tak hanya itu, Pengalaman kerja yang didapatkan saat kuliah juga tidak hanya untuk memperkaya resume yang Anda miliki, Namun juga memberikan pemahaman mendalam tentang dunia kerja yang sebenarnya.

Berikut ini saya akan membahas secara mendalam tentang bagaimana cara mendapatkan pengalaman kerja saat kuliah berdasarkan pengalaman saya sebagai HRD disebuah Perusahaan startup.

Mengapa Pengalaman Kerja Penting bagi Mahasiswa?

Pengalaman kerja memberikan pemaparan nyata terhadap dunia kerja yang sebenarnya, mengasah keterampilan praktis, dan membantu dalam membangun jaringan profesional.

Hal ini tidak hanya meningkatkan peluang mendapatkan pekerjaan setelah lulus, tetapi juga membantu dalam pengembangan pribadi.

Baca juga: Kenali Ciri-ciri Lolos Interview User Sebelum Pengumuman

5 Cara Mendapat Pengalaman Kerja

Berdasarkan pengalaman penulis, berikut beberapa cara paling efektif yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan pengalaman kerja:

1. Mencari Peluang Magang

Bergabung dalam program magang merupakan salah satu cara mendapat pengalaman kerja yang paling mudah untuk dilakukan. Sesi magang ini bisa Anda ikuti ketika sedang libur kuliah atau sedang tidak sibuk menjalani masa perkuliahan.

Ada banyak sekali instansi yang memberikan magang bagi para pelajar dari mulai perusahaan swasta, lembaga pemerintah seperti yang disediakan oleh Kementrian Ketenagakerjaan, NGO atau non profit organization dan berbagai jenis instansi lainnya. Anda dapat mengikuti program magang yang paling sesuai dengan minat.

Pengalaman di dalam sesi magang ini akan menjadi salah satu pelengkap CV. Sudah tentu ini akan membuka peluang untuk diterima di perusahaan ketika melamar kerja. Karena itu pastikan kalau program magang tersebut memang pas dengan target profesi yang dipilih.

Untuk itu, gunakan pengalaman magang Anda sebagai kesempatan untuk belajar sebanyak mungkin terkait industri tersebut.

Tanyakan semua pertanyaan yang Ada dibenak Anda dan cari tahu semua hal yang sekiranya berpengaruh pada profesi yang Anda jalani. Manfaatkan setiap kesempatan untuk mengembangkan keterampilan dan pengetahuan Anda.

2. Bergabung dengan Komunitas atau Organisasi Profesional

Selain mengikuti magang, cara mendapat pengalaman kerja lainnya adalah dengan bergabung dalam organisasi.

Jika masih berstatus sebagai pelajar, Anda bisa berpartisipasi di organisasi kemahasiswaan atau jenis organisasi lain yang bisa dipilih.

Dengan cara ini, Anda tidak hanya dapat memperluas jaringan Anda, tetapi juga tentang belajar langsung dari para profesional yang sudah berpengalaman di bidang profesi Anda.

Pasalnya banyak dari komunitas atau organisasi profesional yang sering menyelenggarakan seminar, lokakarya, dan konferensi yang menyediakan informasi terbaru tentang tren industri, praktik terbaik, dan inovasi terbaru dalam bidang yang Anda minati.



3. Ambil Pekerjaan Paruh Waktu yang Berhubungan dengan Jurusan

Dengan mengambil pekerjaan paruh waktu yang sesuai dengan jurusan, secara tidak langsung Anda juga telah menambahkan pengalaman kerja Anda.

Pasalnya, dengan melakukan hal ini Anda memiliki kesempatan untuk menerapkan apa yang Anda pelajari di kelas ke dalam situasi dunia nyata.

Sebagai contoh, jika Anda sedang menempuh pendidikan di bidang teknologi informasi, bekerja paruh waktu di perusahaan IT dapat memberikan pengalaman praktis dalam coding, troubleshooting, atau pengelolaan jaringan.

Hal ini tentu akan menjadi pengalaman praktis yang sangat berharga di kemudian hari.

4. Menjadi relawan

Selain beberapa poin yang sudah kami jelaskan di atas, cara mendapat pengalaman kerja lainnya adalah menjadi relawan relawan atau volunteer. Posisi satu ini banyak dibutuhkan dalam berbagai bentuk aktivitas sosial.

Baik sebagai pendamping pemberdayaan masyarakat, penyuluhan terkait sebuah isu, menjadi tutor pendidikan, program peduli lingkungan dan lain sebagainya. Sebagai relawan, tentu saja Anda tidak akan mendapat bayaran apa-apa dari aktivitas tersebut. 

Namun cara ini sangat efektif untuk menambah pengalaman Anda sebagai seorang fresh graduate. Meskipun bukan sebuah aktivitas keahlian, seringkali hal ini menjadi salah satu faktor pertimbangan yang kuat dari perusahaan perekrut.

Baca juga: Cara Menjawab Alasan Resign Saat Interview Kerja Paling Ampuh

5. Freelancer

Cara mendapat pengalaman kerja lainnya adalah bergabung dengan program freelancer yang banyak bermunculan saat ini. Tahukah Anda, freelancer sebenarnya merupakan pekerja profesional. Namun mereka tidak terikat oleh kontrak.

Pekerjaan hanya dilakukan ketika memang tersedia. Jika tidak ada, maka freelancer bisa mencari penghasilan di tempat lainnya. Tidak main main, ada banyak sekali portal freelancer yang bisa Anda temukan saat ini. Untuk bergabung di dalamnya tidak memerlukan biaya apapun alias gratis.Lakukan 5 cara yang sudah kami jelaskan di atas jika Anda ingin mendapatkan banyak pengalaman kerja meskipun sedang tidak bekerja. Tidak hanya oleh para fresh graduate saja, mereka yang sudah berpengalaman sekalipun banyak melakukan cara mendapat pengalaman kerja di atas.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.