10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

Cara membuat cv dalam bahasa inggris

Cara Membuat CV dalam Bahasa Inggris yang Bagus

Bagi yang bukan penutur asli cara membuat CV dalam bahasa Inggris bisa sangat menantang dan memerlukan banyak riset serta proofreading. Saat melamar pekerjaan, sangat penting untuk membuat CV yang bagus.

Saat mencari pekerjaan, Anda memerlukan CV (curriculum vitae) yang menarik, jelas, dan mudah diingat. Ini bisa menunjukkan kepada calon atasan semua keterampilan dan pengalaman yang Anda miliki untuk pekerjaan itu.

Inilah 10 Cara Membuat CV dalam Bahasa Inggris 

Untuk membantu Anda, berikut adalah 10 tips untuk membuat resume yang bagus dalam bahasa Inggris, menurut standar Amerika Serikat:

1. Informasi Umum Letakkan di Heading / Bagian Atas

Pada bagian heading, cantumkan nama lengkap, alamat dengan kode pos, nomor telepon dan email. Jika alamat email tidak terlihat profesional seperti terlalu banyak angka, ubahlah sebelum menyertakannya di CV Anda.

2. Jauhi Segala Sesuatu yang Bersifat Pribadi

Cara membuat CV dalam bahasa Inggris yang profesional yaitu jangan menyebutkan hal pribadi yang tidak berhubungan dengan pekerjaan. Misalnya status perkawinan, dan nomor asuransi sosial tidak boleh disebutkan sama sekali. 

3. Buat Tujuan yang Jelas

Pernyataan tujuan karir Anda harus singkat, jelas dan to-the-point. Jangan lupa untuk menyebutkan posisi spesifik yang Anda minati, dan ringkasan profesional, yang membuktikan bahwa Anda memenuhi syarat untuk pekerjaan ini.

4. Sisihkan Informasi untuk Bagian Keterampilan dan Kualifikasi

Cara membuat CV dalam bahasa Inggris yang penting yaitu, bagian pendidikan dan bagian keterampilan dan kualifikasi adalah dua hal yang berbeda. Gelar, nama universitas, tahun kelulusan masuk ke bagian pendidikan. 

Lulusan baru biasanya mencantumkan nilai IPK. Para profesional yang berada di pertengahan karir biasanya mencantumkan pendidikan setelah bagian pengalaman kerja. Karena hal ini membawa lebih banyak perhatian pada pencapaian profesional.

Keterampilan menggunakan komputer, sertifikat, bahasa, dan hal-hal yang bersifat skill masuk ke bagian keterampilan dan kualifikasi. Ini menjadi salah satu cara membuat CV dalam bahasa Inggris agar terlihat profesional.

Baca juga: Inilah Perbedaan CV dengan Resume yang Perlu Diketahui

5. Jangan Lupa Sebutkan Pengalaman Sukarela dan Magang

Jika Anda adalah fresh graduate tanpa pengalaman kerja cantumkan juga kegiatan sukarela atau magang. Cobalah untuk menemukan pengalaman sukarela (volunteer) atau magang yang terkait dengan pekerjaan yang Anda inginkan.

Sehingga Anda mendapatkan serangkaian keterampilan yang dibutuhkan untuk posisi tertentu. Menjadi sukarelawan juga menunjukkan bahwa Anda bersedia memberikan kontribusi kepada masyarakat tanpa memerlukan gaji. Ini biasanya dilihat sebagai nilai positif.

7. Gunakan Kata Kunci

Ingatlah bahwa CV Anda kemungkinan besar akan dibaca oleh komputer. Software CV-screening diatur sedemikian rupa sehingga mengambil kata kunci yang terkait dengan posisi pekerjaan tertentu. 

Sebelum menulis CV, baca kembali deskripsi pekerjaan dan tulis semua kata kunci yang Anda lihat. Cara membuat CV dalam bahasa Inggris ini akan menjadikan CV dan surat lamaran yang efektif.

8. Jangan Takut Membuat Dua Halaman

CV satu halaman adalah rekomendasi yang umum digunakan namun hampir tidak realistis untuk diikuti. Jangan merasa harus membatasi CV hanya satu halaman, pikirkan informasi paling relevan untuk disertakan. 

Jika menggunakan halaman kedua, sertakan tajuk (header) dengan nama dan kontak di bagian atas. Jangan buat terlalu padat. Memasukkan semua informasi ke dalam satu halaman membuat sulit menyoroti hal penting.

9. Siapkan Surat Pengantar

Saat menyiapkan CV, jangan lupa untuk menulis surat lamaran. Cara membuat CV dalam bahasa Inggris agar terpilih untuk wawancara yaitu siapkan surat lamaran dengan baik. 

Surat lamaran mengungkapkan informasi dan keterampilan yang seringkali tidak dapat ditunjukkan dalam resume. Seperti kemampuan berkomunikasi secara tertulis, gaya penulisan pribadi, profesionalisme. Perhatikan detail tata bahasa, tanda baca, dan ejaan. 

10. Baca Ulang / Proofreading oleh Penutur Asli Bahasa Inggris

Meskipun merasa bahasa Inggris Anda baik, sebaiknya mintalah penutur asli untuk mengoreksi. Mereka akan mengoreksi jika ada kata yang aneh, tidak nyambung, bahkan memberikan masukkan kalimat yang sebaiknya dipakai.

Jadi, Anda tertarik untuk melamar pekerjaan di perusahaan asing? Untuk mendapatkan pekerjaan impian Anda, sebaiknya cari dulu informasi mengenai cara membuat CV dalam bahasa Inggris yang baik dan benar.

Bagikan Artikel: