10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

perbedaan cv dengan resume

Inilah Perbedaan CV dengan Resume yang Perlu Diketahui

Apa saja perbedaan CV dengan resume? Kapan waktu penggunaan resume curriculum vitae (CV) yang tepat? Perbedaan utamanya adalah panjangnya, isinya, dan untuk apa masing-masing digunakan. 

Meskipun keduanya digunakan dalam melamar pekerjaan, resume dan CV seringkali tertukar. Singkatnya, resume merupakan kumpulan singkat dan terkurasi, sedangkan CV lebih komperhensif dan menceritakan secara detail dan mendalam. 

Inilah Perbedaan CV dengan Resume

Curriculum vitae memberikan ringkasan pengalaman dan keterampilan Anda. CV lebih panjang daripada resume dan mengandung lebih banyak informasi, terutama mendetail yang berkaitan dengan latar belakang akademik.

Curriculum vitae harus mencakup nama, informasi kontak, pendidikan, keterampilan, dan pengalaman Anda. Untuk bagian pendidikan, keterampilan, serta pengalaman, bisa berupa penjelasan atau poin-poin sesuai dengan preferensi Anda.

CV mencakup informasi lengkap tentang latar belakang akademik. Termasuk pengalaman mengajar, penelitian, penghargaan, publikasi, presentasi seminar, dan pencapaian lainnya. CV bentuk ringkas biasanya hanya mencakup satu sampai dua halaman.

Ringkasan CV menjadi cara efektif menyampaikan keterampilan dan kualifikasi seseorang dengan cepat dan ringkas. Terkadang perusahaan besar akan meminta ringkasan CV satu halaman di awal perekrutan ketika mendapatkan banyak pelamar.

Khusus pengajar, ada sedikit berbeda. CV pengajar mencakup pengalaman penelitian dan pengajaran, publikasi, hibah, beasiswa, asosiasi dan lisensi profesional, penghargaan, dan informasi lain yang relevan dengan posisi yang Anda lamar.

Perbedaan CV dengan resume, kalau resume memberikan ringkasan pendidikan, riwayat pekerjaan, kredensial, dan pencapaian serta keterampilan Anda lainnya. Ada juga bagian opsional, termasuk tujuan resume dibuat dan pernyataan ringkasan karier.

Resume ada beberapa jenis, termasuk format kronologis, fungsional, dan kombinasi. Pilihlah format paling sesuai dengan jenis pekerjaan yang dilamar. 

Perbedaan CV dengan resume terletak pada panjangnya. Resume harus dibuat sesingkat mungkin. Biasanya, resume panjangnya satu halaman, meskipun terkadang bisa sepanjang dua atau tiga halaman. Resume adalah dokumen paling umum yang diminta HRD dalam aplikasi pekerjaan.

Perbedaan CV dengan resume yang terakhir adalah, resume biasanya digunakan saat melamar pekerjaan kantoran. Sebaliknya, CV sebagian besar digunakan untuk melamar dalam program akademik, hibah, beasiswa, posisi penelitian atau pengajaran. 

Baca juga: Cara Menulis Pengalaman Organisasi di CV dengan Mudah

Tips Menulis CV dan Resume

Setelah mengetahui perbedaan CV dengan resume, ada beberapa tips bermanfaat yang bisa Anda ikuti. Penting untuk menunjukkan kepada HRD bahwa Anda memenuhi syarat untuk pekerjaan yang dilamar.

Ini juga bisa menjadikan Anda kandidat masuk tahap wawancara. Sesuaikan dengan posisi pekerjaan yang dilamar. Pastikan untuk menonjolkan pendidikan, pengalaman kerja, dan keterampilan yang berkaitan dengan industri atau pekerjaan tertentu.

Dalam curriculum vitae, jika melamar pekerjaan di bidang pendidikan, tempatkan pengalaman mengajar di bagian atas. Dalam resume, hanya sertakan pengalaman yang berhubungan langsung dengan pekerjaan yang dilamar. 

Anda bisa juga memasukkan kata kunci dari deskripsi pekerjaan. Ini akan menunjukkan kepada HRD bahwa Anda cocok untuk posisi itu. Inilah cara efektif untuk mencocokkan kualifikasi Anda dengan pekerjaan.

Gunakan template untuk memudahkan dalam membuat struktur. Ini akan membuat dokumen Anda lebih rapi serta akan membantu HRD dengan cepat melihat kualifikasi dan pengalaman Anda.

Pastikan menggunakan format seragam. Misalnya, jika menggunakan poin-poin dari awal, gunakan poin-poin seterusnya, terutama bagian deskripsi pekerjaan. Ini sangat berhubungan dengan kerapian serta konsistensi.

Koreksi dan edit. Pastikan tidak ada salah ejaan maupun tata bahasa. Jika memungkinkan, mintalah seseorang untuk mengoreksinya untuk Anda. Mungkin sulit untuk melihat kesalahan sendiri.

Pilih format yang tepat untuk kebutuhan Anda. Industri pekerjaan, pengalaman, dan peran yang diinginkan akan menginformasikan pilihan format resume, misalnya, bentuk kronologis, fungsional, atau kombinasi. 

Tulis dengan tujuan agar lolos kualifikasi pengecekan mesin dan manual. CV dan resume harus lolos pengecekan sistem mesin dan harus bisa menarik perhatian HRD supaya masuk ke tahap berikutnya. 

Pilih format yang sesuai. Pastikan memilih format curriculum vitae yang sesuai dengan posisi pekerjaan yang dilamar. Jika melamar untuk beasiswa, misalnya, Anda tidak perlu menyertakan informasi pribadi.

Pada dasarnya, harus perhatikan posisi apa yang dilamar sehingga Anda bisa memilih untuk menggunakan resume atau CV. Perbedaan CV dengan resume yang utama terlihat pada panjang dokumen, isi dan tujuannya.

Bagikan Artikel: