perbedaan cv dengan resume

Perbedaan CV dan Resume yang Perlu Anda Diketahui

Meskipun keduanya digunakan dalam melamar pekerjaan, resume dan CV mempunyai perbedaan. Dalam melamar pekerjaan, Anda harus memperhatikannya dengan baik agar dapat maksimal dalam melampirkan berkas. Berikut ini merupakan perbedaan CV dan resume, yuk simak!!!

Apa Itu CV?

Menurut Indeed, CV adalah dokumen yang mencakup keahlian dan kualifikasi Anda yang tidak mempunyai batasan halaman. CV merupakan singkatan dari Curriculum Vitae yang dalam bahasa Latin berarti perjalanan hidup. CV memberikan informasi yang komprehensif tentang kualifikasi dan pengalaman seseorang.

Apa Itu Resume?

Menurut Indeed, Resume adalah dokumen yang mencakup keahlian dan kualifikasi Anda untuk peran tertentu biasanya resume hanya terdiri dari satu halaman. Resume cenderung sangat terfokus dan hanya mencantumkan informasi yang paling relevan dengan posisi yang Anda lamar. Apabila dibandingan dengan CV, maka resume lebih singkat dan tidak lebih komprehensif.

Baca juga: Contoh CV untuk Melamar Kerja di Luar Negeri

 Apa Perbedaan Resume dan CV?

1. Panjang

CV lebih panjang dan lebih rinci daripada resume. CV bisa terdiri dari beberapa halaman, terutama jika seseorang memiliki pengalaman kerja, pendidikan, atau pencapaian yang sangat beragam atau banyak.

Sedangkan resume lebih pendek daripada CV dan biasanya terdiri dari satu halaman. Resume dirancang untuk memberikan gambaran cepat dan ringkas tentang kualifikasi utama seseorang.



2. Konten

CV mencakup informasi yang lebih komprehensif tentang latar belakang seseorang. Ini mencakup seluruh riwayat pendidikan, pengalaman kerja, publikasi, penelitian, presentasi, sertifikasi, dan banyak aspek lainnya yang relevan dengan karier seseorang.

Sedangkan, resume angat terfokus pada kualifikasi, pengalaman, dan keterampilan yang paling relevan dengan posisi yang Anda lamar. Biasanya, resume mencakup pengalaman kerja yang paling baru dan prestasi yang paling signifikan.

3. Tujuan penggunaan

CV memiliki tujuan untuk memberikan gambaran yang lebih mendalam tentang latar belakang seseorang, termasuk seluruh riwayat pendidikan, publikasi ilmiah, dan pengalaman kerja dalam detail.

Sedangkan, resume memberikan gambaran singkat dan memukau tentang kualifikasi seseorang dalam waktu singkat.

Baca juga: Cara Menulis Pengalaman Organisasi di CV dengan Mudah

 Perbedaan Penggunaan CV dan Resume

CV digunakan ketika Anda ingin memberikan gambaran yang sangat rinci dan komprehensif tentang latar belakang dan kualifikasi Anda. Ini biasanya digunakan untuk melamar pekerjaan yang lebih tinggi, posisi akademik atau peran yang memerlukan catatan yang kuat dalam penelitian atau publikasi.

Sedangkan, resume digunakan ketika Anda ingin memberikan gambaran cepat dan memukau tentang kualifikasi Anda. Resume biasanya digunakan untuk melamar pekerjaan kualifikasi utama dalam waktu singkat.

Ketika Anda melamar pekerjaan, sangat penting untuk menyesuaikan dokumen Anda. Penggunaan CV untuk melamar pekerjaan apabila proses rekrutmen mempunyai tahapan seleksi yang cukup panjang seperti seleksi administrasi, tes tulis dan tes psikologis. Kemudian, penggunaan resume untuk melamar pekerjaan apabila proses rekrutmen mempunyai tahapan seleksi yang pendek, dimana perusahaan hanya ingin tahu apakah Anda dapat mengerjakan assigment atau proyek dalam posisi tersebut dan ingin cepat untuk mengisi posisi tersebut.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.