cara melamar kerja di Telkom Indonesia

Pelajari Cara Melamar Kerja di Telkom Indonesia

Cara Melamar Kerja di Telkom Indonesia ataupun yang biasa dikenal dengan Telkom, sedang buka lowongan pekerjaan dibidang IT (Information Technology). Setidaknya ada 22 lowongan di bidang IT Telkom. 

Adapun rincian 22 pekerjaan yang ditawarkan oleh lowongan IT Telkom adalah sebagai berikut yaitu Scrum Master, Cloud Engineer, UI Designer, Back End Developer, Data Engineer, Mobile Developer (iOS), dst.

Segala pekerjaan IT Telkom diatas terlihat bahwa bukan untuk fresh graduate. Posisi ini membutuhkan rata-rata beberapa tahun pengalaman kerja. 

Misalnya, Desainer UX membutuhkan setidaknya tiga tahun pengalaman kerja di posisi tentunya sama. Serta seorang insinyur informasi, dibutuhkan pengalaman pekerjaan setidaknya 3 posisi serupa.

Inilah Proses rekrutmen beserta Cara Melamar Kerja di Telkom Indonesia

Jika Anda tertarik dengan cara melamar pekerjaan di Telkom Indonesia menjadi bagian dari Telkom itu ternyata sangat mudah. Setiap bulannya selalu ada rekrutmen online Telkom tentunya bisa kamu apply. 

Bagi yang bingung proses rekrutmen perusahaan ICT ini, selanjut nya akan dijelaskan mengenai proses rekruitmen dan cara melamar pekerjaan di Telkom Indonesia: 

1. Pilihan manajemen 

Cara melamar pekerjaan di Telkom Indonesia yang pertama yaitu seperti berikut, jika masing-masing telah mendaftar melalui website Telkom, lalu akan menghadapi apa yang disebut seleksi administrasi. 

Pastikan bahwa sudah memiliki akun di https://recruitment.Telkom.co.id/ untuk menerima notifikasi lowongan Telkom Group. 

Jika menurut Anda ada lowongan tersebut yang cocok, lalu dapat melamar langsung melalui situs web. Untuk mengetahui kapan administrasi kemudian akan berakhir, lalu harus mengikuti alamat email yang di daftarkan. 

Pemberitahuan biasanya akan dikirim ke email masing-masing dalam waktu 2 minggu. Jika lolos administrasi, langsung masuk ke tahap berikutnya. 

2. Wawancara online 

Cara melamar pekerjaan di Telkom Indonesia yang kedua setelah itu menyelesaikan tahap administrasi, tahap selanjutnya adalah wawancara online

Jadi pada tahap wawancara online ini memungkinkan akan dihubungi oleh tim rekrutmen mereka. Anda biasanya akan menerima informasi tentang menyelesaikan wawancara online melalui email. 

Anda tidak akan dihubungi melalui telepon untuk menyelesaikan proses wawancara online ini, ya, melalui aplikasi tentunya.

Jadi ada tautan di email yang membawa Anda ke wawancara online. Ada beberapa alat untuk terhubung ke Telkomsel melalui tautan ini. 

Kamu hanya perlu menyiapkan laptop yang mendukungnya, bagus! Jika tidak memiliki laptop, Anda dapat melakukan wawancara langsung di kantor nya dibeberapa kota besar. 

Gampangnya kalau wawancara langsung, ada sistem reservasi. Anda harus mengantri untuk mendapatkan jadwal wawancara langsung dari kantor nya. 

Jadi buat kalian yang support laptop, pastikan koneksi internet kalian bagus! Jika jaringan internet Anda tidak mendukung, jangan khawatir! Anda dapat melanjutkan wawancara melalui telepon. 

Materi yang diminta dalam wawancara online cukup sederhana! Mereka hanya bertanya tentang pengalaman belajar, kemungkinan pengalaman kerja dan alasan melamar. 

Terakhir, nanti akan dimintai studi kasus yang berlaku untuk pekerjaan yang dilamar. Pastikan Anda memiliki informasi lengkap tentang pekerjaan yang dilamar. 

3. Esai 

Cara melamar pekerjaan di Telkom Indonesia yang ketiga jika Anda lulus wawancara online, langkah selanjutnya adalah menulis esai bahasa Inggris di situs rekrutmen Telkom. 

Jadi disini Anda perlu menuliskan rencana apa yang Anda miliki untuk pengembangan nya ke depan. Perlu juga diperhatikan solusi apa mungkin ditawarkan oleh mereka untuk melayani masyarakat. 

Selanjutnya, setelah itu semua selesai esai Anda akan dicetak. 



4. Surat rekomendasi 

Setelah Anda melewati tahap esai bahasa Inggris, kemudian Anda akan diminta untuk menyerahkan surat referensi. 

Bagi mungkin bingung apa itu surat referensi, dokumen ini adalah surat rekomendasi dari atasan atau mantan dosen sebelumnya. 

Baca juga: Ini Cara Melamar Kerja di PT Yakult Indonesia Persada 2023

5. Pemeriksaan kesehatan 

Tes kesehatan wajib bagi calon karyawan perusahaan ini. Mereka tentunya ingin menjalani pemeriksaan kesehatan sangat disarankan untuk berpuasa di malam hari. 

Tes medis pada umumnya diperlukan meliputi pemeriksaan fisik, urinalisis, tes darah, tes audiometri dan pemeriksaan kesehatan umum. 

6. Psikotes 

Setelah tes kesehatan, Anda akan diminta untuk menyelesaikan soal-soal psikotes. Beberapa soal tentunya harus Anda selesaikan adalah tes Pauli dan Warteg. Anda juga akan diminta menggambar pohon dan orang. 

Pastikan Anda menggambar dengan baik. Jangan lupa membawa alat tulis tentunya ideal dan jangan sampai terlambat. 

7. FGD dan Permainan Bisnis 

Kemudian selanjutnya akan ditempatkan dalam sebuah grup pada tahap Forum Group Discussion (FGD) dan Business Games. 

Jadi dalam kelompok masing-masing dan peserta lain akan diberikan pertanyaan dan studi kasus tentang kewirausahaan. Setiap peserta dalam kelompok wajib menanggapi presentasi peserta lainnya. 

8. Panel wawancara 

Bisa dibilang wawancara panel ini merupakan tahap terakhir dari e-recruitment Telkom. Pada tahap interview panel ini, nanti akan diwawancarai oleh 3 orang. Setiap orang memiliki peran yang berbeda ketika wawancara. 

Untuk pewawancara pertama, mereka biasanya mengajukan pertanyaan tentunya lebih mendalam dan mendetail tentang CV milik masing-masing. 

Sementara itu, pewawancara kedua lebih fokus pada keterampilan apa mungkin dimiliki dan tentunya cocok untuk bidang pekerjaan pilihan masing-masing. 

Pewawancara terakhir akan memeriksa jawaban mengenai apa mungkin bisa diberikan kepada perusahaan. Pastikan untuk belajar banyak tentang perusahaan untuk menghadapi wawancara panel.

Baca juga: Cara Melamar Kerja di PT Star Cosmos Terbaru 2023, Cek ini!

Itulah tadi informasi mengenai proses perekrutan beserta cara melamar pekerjaan di Telkom Indonesia yang sangat penting kamu ketahui agar Anda dapat lolos dalam seleksi.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!