10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

cara melamar kerja di kelurahan

Cara Melamar Kerja di Kelurahan Bagi Pemula

Cara melamar kerja di kelurahan sering dipertanyakan bagi beberapa orang. Khususnya bagi beberapa pemuda yang sering aktif berorganisasi di tingkat kelurahan namun baru saja lulus sekolah. Ketika baru saja lulus sekolah mungkin beberapa orang berinisiatif mencari uang.

Salah satu caranya adalah dengan bekerja, karena sebagian orang ingin mendapatkan penghasilan secara mandiri. Mereka tidak ingin merepotkan orang tua lagi dengan cara selalu meminta uang saku tiap harinya, karena beranggapan sudah dewasa dan sudah waktunya.

Terlebih jika Anda merupakan pemuda yang aktif dalam kegiatan karang taruna, pasti akan memikirkan bagaimana cara melamar kerja di kelurahan. Karena selain ingin mendapatkan penghasilan juga ingin mengabdi pada kampung kelahiran serta menyumbang karya disana.

Selain itu beberapa orang juga beranggapan jika bekerja di instansi pemerintahan akan terlihat keren, sehingga menyebabkan banyak calon pelamar ingin mendaftar serta bekerja di kantor kelurahan tersebut. Jika Anda tertarik ingin mendaftar tidak perlu khawatir.

Cara Melamar Kerja di Kelurahan dengan Mudah

Pasalnya cara untuk melamar kerja di kelurahan terbagi menjadi beberapa jenis pendaftaran, sehingga Anda dapat mempersiapkan diri untuk mendaftar melalui beberapa jenis pendaftaran untuk memperbesar peluang diterima supaya dapat bekerja di instansi tersebut.

1. Melamar Secara Mandiri

Langkah pertama untuk mendaftar pekerjaan di kantor kelurahan adalah Anda harus melamarnya secara mandiri. Untuk bisa melamarnya, tergantung bagaimana niatan yang ada pada diri sendiri, karena biasanya diperlukan syarat-syarat khusus dan harus dipenuhi.

Untuk mendaftar secara mandiri, pastikan bahwa sudah terlebih dahulu lulus dari SMA maupun SMK. Pasalnya cara melamar kerja di kelurahan bagi pemula sekalipun memerlukan minimal pendidikan SMA maupun SMK dengan cara menyerahkan foto kopi ijazah.

Untuk melakukannya dapat dilakukan dengan mudah-mudah sulit, hal pertama yang harus dilakukan adalah menanyakan terlebih dahulu pada perangkat desa yang bekerja disana. Apakah terdapat lowongan atau kursi kosong untuk membantu pekerjaan di kantor tersebut.

Namun jika Anda ingin mendaftar pekerjaan menggunakan cara melamar kerja di kelurahan secara mandiri harus mengeluarkan usaha cukup besar. Pasalnya Anda harus selalu memfollow up perangkat desa tersebut mengenai pekerjaan yang disediakan di kantor.

Jika lup follow up, sering sekali terjadi kejadian dimana perangkat desa tersebut lupa dan Anda tidak jadi mendapatkan pekerjaan pada instansi pemerintahan ini. Namun jangan berkecil hati karena masih terdapat banyak langkah lainnya untuk mendaftar.

2. Melalui Program Magang

Umumnya setiap instansi pemerintahan menyediakan program magang bagi beberapa lulusan SMA maupun SMK untuk latihan kerja di kantornya. Tidak hanya lulusan SMA saja, bahkan kadang ada mahasiswa kuliahan juga diperkenankan magang di kantor tersebut.

Dengan memanfaatkan momen serta kesempatan yang diberikan, hasil kinerja Anda akan diberi penilaian cukup bagus bagi beberapa perangkat desa. Hal ini dapat menjadi golden tiket jika di masa depan ingin mendaftar bekerja didalam instansi pemerintahan tersebut.

Dikatakan golden tiket karena perangkat desa secara otomatis akan lebih mengenal Anda, karena teringat akan kinerja bagus yang pernah dicurahkan saat kegiatan magang berlangsung. Sehingga jika sedang dibuka lowongan nama Anda akan dipertimbangkan.

Namun jika menggunakan cara melamar kerja di kelurahan menggunakan cara ini, Anda harus bekerja secara sungguh-sungguh ketika kegiatan magang sedang berlangsung. Pasalnya jika memiliki kinerja buruk, akan menyebabkan Anda memiliki dinilai buruk oleh perangkat desa.

Hal ini akan berdampak secara signifikan ketika Anda ingin mendaftar serta menjadi pelamar kerja di kantor kelurahan itu. Pasalnya perangkat desa akan merasa keberatan jika menerima seseorang dengan kinerja buruk, oleh karena itu Anda harus memanfaatkan kesempatan ini.

3. Tes CPNS dan PPPK

Langkah berikutnya mengenai cara melamar kerja di kelurahan adalah melalui tes CPNS dan PPPK yang sering diadakan setiap tahunnya. Namun jika menggunakan jalur ini Anda harus belajar secara bersungguh-sungguh karena bersaing dengan orang se Indonesia.

Selain itu Anda harus mempersiapkan beberapa materi seperti wawasan kebangsaan, tes potensi akademik, serta bahasa inggris supaya bisa lolos menuju tahap selanjutnya. Pasalnya jika mengikuti tes CPNS dan PPPK akan melalui beberapa tahapan.

Beberapa tahapan dalam cara melamar kerja di kelurahan ini biasanya dilakukan lebih dari dua kali tahap, tergantung bagaimana kebijakan instansi masing-masing. Selain itu Anda juga harus melihat bagaimana formasinya terlebih dahulu.

Dengan mengetahui formasi, Anda bisa mengetahui kapasitas karyawan yang akan diterima sebanyak berapa orang dibandingkan dengan banyaknya jumlah pendaftar sebagai salah satu cara untuk melamar kerja di kelurahan.

Selain itu jika menggunakan tes CPNS maupun PPPK Anda akan memiliki kesempatan untuk menjadi perangkat desa dengan kelurahan berbeda dimana saat ini sedang tinggal. Jadi kemungkinan bekerjanya lebih besar.

Terdapat banyak sekali cara untuk mendaftarnya, sisanya tergantung bagaimana Anda menerapkan strategi dalam cara melamar kerja di kelurahan.

Bagikan Artikel: