Cara Daftar Kurir Lalamove

Cara Daftar Kurir Lalamove Beserta Ketentuan dan Syaratnya

Lalamove merupakan salah satu layanan ekspedisi darat yang cukup terkenal dan terus berkembang menjadi yang terbaik. Di antara banyaknya pilihan jasa antar barang saat ini, Lalamove banyak di minati oleh orang-orang karena layanannya yang berkualitas.

Sehingga tak heran apabila pada saat ini banyak orang ingin bergabung menjadi kurir Lalamove. Bagi Anda yang ingin bergabung menjadi driver, Anda bisa mengetahui persyaratan dan juga ketentuannya terlebih dahulu seperti di bawah ini. Yuk simak!!!

Syarat Menjadi Kurir Lalamove

Dilansir dari Lalamove, berikut ini syarat menjadi kurir Lalamove yaitu :

1. Syarat Menjadi Kurir

1. Harus mengikuti pelatihan secara online

Pelatihan online biasanya memberikan kurir pengetahuan tentang tugas dan tanggung jawab mereka, aturan pengiriman, serta cara berinteraksi dengan pelanggan dan sistem Lalamove. Pelatihan ini dapat membantu memastikan bahwa para kurir memahami bagaimana bekerja dengan efisien dan memberikan layanan yang berkualitas kepada pelanggan.

2. Melakukan pembayaran deposit sebelum mengambil pesanan

Pembayaran deposit diperlukan untuk memastikan bahwa kurir memiliki komitmen terhadap pekerjaan mereka. Deposit ini biasanya dapat digunakan untuk menutupi biaya-biaya yang timbul dalam hal kurir gagal menyelesaikan pengiriman atau jika terjadi masalah dengan pesanan. Deposit ini dapat dikembalikan kepada kurir jika mereka berhenti bekerja dengan Lalamove dan memenuhi persyaratan yang ditentukan.



3. Bersedia memasang stiker khusus pada kendaraan yang digunakan sebagai Mitra kurir Lalamove

Pemasangan stiker khusus adalah salah satu cara untuk mengidentifikasi kendaraan sebagai kendaraan mitra kurir Lalamove. Ini membantu dalam pengenalan merek dan memberikan kepercayaan kepada pelanggan. Selain itu, stiker ini dapat menjadi salah satu persyaratan visual yang membedakan kendaraan mitra kurir dari kendaraan pribadi.

4. Upload dokumen data diri dan kendaraan secara lengkap sesuai dengan ketentuan yang diberikan

Upload dokumen data diri dan kendaraan adalah bagian penting dari proses pendaftaran. Ini melibatkan memberikan informasi yang akurat dan verifikasi terkait identitas Anda dan kendaraan yang akan digunakan dalam pengiriman. Ini bisa mencakup dokumen seperti kartu identitas, KK dan dokumen kendaraan seperti STNK.

2. Syarat Dokumen

1. KTP pribadi dan KTP kontak darurat 

KTP (Kartu Tanda Penduduk) adalah dokumen identitas resmi yang menunjukkan identitas Anda sebagai warga negara Indonesia. Ini penting untuk verifikasi identitas Anda. KTP kontak darurat adalah KTP dari orang yang dapat dihubungi dalam situasi darurat.

2. Kartu keluarga (KK)

KK adalah dokumen yang mencatat anggota keluarga dan hubungan antara mereka. Ini digunakan untuk memverifikasi informasi tentang hubungan keluarga Anda dan dapat membantu dalam proses administrasi.



3. SIM A/B2/C aktif milik pribadi

SIM (Surat Izin Mengemudi) adalah dokumen yang menunjukkan bahwa Anda memiliki izin hukum untuk mengemudikan kendaraan bermotor. Perusahaan seperti Lalamove biasanya memerlukan SIM yang sesuai dengan jenis kendaraan yang akan Anda gunakan dalam pengiriman.

4. STNK kendaraan dalam status aktif

STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) adalah dokumen yang membuktikan bahwa kendaraan Anda terdaftar dan sah untuk digunakan di jalan raya. Dokumen ini menunjukkan kepemilikan dan legalitas kendaraan Anda.

5. Nomor ponsel kontak darurat

Nomor ponsel kontak darurat adalah nomor ponsel yang dapat dihubungi dalam situasi darurat. Ini adalah langkah keamanan tambahan untuk memastikan Anda dapat dihubungi jika terjadi keadaan darurat selama pengiriman.

6. Kelengkapan surat-surat kendaraan

Selain STNK, ada dokumen-dokumen lain yang mungkin dibutuhkan, seperti BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor) atau dokumen-dokumen terkait lainnya yang sesuai dengan jenis kendaraan yang Anda gunakan. Pastikan Anda memiliki semua dokumen yang diperlukan untuk kendaraan Anda.

Baca juga: Berapa Pendapatan Kurir Mrspeedy? Ini Penjelasan Detailnya

Keuntungan Menjadi Kurir Lalamove

Dilansir dari Lalamove, berikut ini keuntungan menjadi kurir Lalamove yaitu :

1. Berpotensi penghasilan tinggi 

Sebagai kurir Lalamove, Anda dapat memiliki potensi penghasilan yang tinggi, terutama jika Anda bekerja dengan tekun dan menerima banyak pesanan. Penghasilan Anda akan sebagian besar tergantung pada berapa banyak pesanan yang Anda terima dan selesaikan.

2. Mendapatkan Bonus dan insentif

Lalamove seringkali menawarkan bonus dan insentif kepada kurir yang berprestasi. Ini bisa termasuk bonus untuk menyelesaikan sejumlah pesanan dalam periode waktu tertentu atau insentif khusus untuk pesanan-pesanan tertentu.

3. Kebebasan waktu bekerja

Salah satu keuntungan besar menjadi kurir Lalamove adalah fleksibilitas waktu kerja. Anda dapat memilih kapan Anda ingin bekerja, sehingga Anda dapat menyesuaikan pekerjaan ini dengan jadwal Anda sendiri.

4. Mendapatkan pesanan rutin

Seiring berjalannya waktu, Anda dapat membangun basis pelanggan setia yang akan memesan dari Anda secara rutin. Ini dapat memberikan stabilitas dalam pendapatan Anda.

5. Setiap bulannya ada promo menarik

Lalamove seringkali memiliki promo-promo menarik yang dapat meningkatkan penghasilan Anda. Ini bisa berupa potongan harga untuk biaya pengiriman atau bonus tambahan selama periode promosi tertentu.

6. Mendapatkan daftar lokasi “Top Klien” setiap armada melalui aplikasi

Melalui aplikasi Lalamove, Anda dapat mengakses informasi tentang “Top Klien” atau daftar pelanggan yang sering melakukan pesanan. Hal ini dapat membantu Anda mengidentifikasi pelanggan yang potensial dan membantu Anda membangun hubungan yang baik dengan mereka.

7. Terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan

Lalamove menawarkan manfaat tambahan bagi kurir yang terdaftar, termasuk ketersediaan sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan. Ini adalah langkah positif dalam memberikan perlindungan bagi kurir dalam hal cedera atau kejadian tak terduga lainnya selama bekerja.

Baca juga: Ingin Tahu Berapa Gaji Operator SPBU Vivo? Ini Penjelasannya

Cara Daftar Kurir Lalamove

Dilansir dari Lalamove, berikut ini cara daftar kurir Lalamove yaitu :

1. Download Aplikasi Lalamove Driver

Langkah pertama adalah mengunduh aplikasi “Lalamove Driver” ke perangkat ponsel pintar Anda. Aplikasi ini tersedia di toko aplikasi resmi, seperti Google Play Store untuk perangkat Android atau App Store untuk perangkat iOS (iPhone/iPad).

2. Isi Data Diri

Setelah mengunduh aplikasi, buka aplikasi tersebut dan ikuti langkah-langkah untuk mendaftar sebagai kurir. Anda akan diminta untuk mengisi data diri Anda, termasuk nama lengkap, alamat email, nomor ponsel, dan informasi pribadi lainnya. Pastikan Anda memberikan informasi yang akurat dan valid.

3. Tunggu Selama 3×24 Jam

Selanjutnya, Anda mungkin diminta untuk memverifikasi identitas Anda dengan mengunggah dokumen-dokumen yang diperlukan, seperti KTP, SIM, STNK, dan dokumen kendaraan lainnya. Pastikan Anda memahami persyaratan verifikasi dan memastikan bahwa dokumen-dokumen yang Anda unggah adalah sah dan lengkap. Tunggulah proses ini selama 3 hari.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!