cara daftar kartu prakerja

Nggak Perlu Bingung, Berikut Cara Daftar Kartu Prakerja!

Pernah mendengar istilah “Kartu Prakerja”? Bagi Anda para pencari kerja, mestinya sudah tidak asing lagi dengan istilah Kartu Prakerja ini.

Sejatinya, Kartu Prakerja merupakan program ketenagakerjaan yang digagas oleh Pemerintah Indonesia di tengah masa pandemi Covid-19. 

Dari hadirnya program tersebut diharapkan mampu membantu masyarakat Indonesia di tengah masa-sama sulit akibat pandemi.

Hingga tahun 2024 ini, kabarnya Kartu Prakerja akan dibuka kembali untuk gelombang ke-63, sejak diluncurkan Presiden RI Joko Widodo pada pertengahan Maret 2020 silam.

Nah, bagi Anda yang masih lulusan baru dan belum mengenal apa itu Kartu Prakerja, Anda wajib simak ulasan berikut ini, karena kami akan membahas seputar Kartu Prakerja lengkap hingga cara mendaftarnya. Yuk simak!

Baca juga: Magenta BUMN: Pengertian, Cara Daftar, Alur Pendaftarannya Hingga Jenis Program

Apa Itu Kartu Prakerja?

Dilansir dari laman resmi kemnaker.go.id, singkatnya, program Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan.

Adapun program ini ditujukan untuk pencari kerja, pekerja/buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja, dan/atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.

Program Kartu Prakerja ini telah diatur secara sah dalam Peraturan Presiden (PP) RI Nomor 113 tahun 2022 tentang perubahan kedua atas PP Nomor 36 tahun 2020 tentang pengembangan kompetensi kerja melalui program Kartu Prakerja.

Program Kartu Prakerja merupakan program ramah difabel, lho. Maka bagi teman-teman difabel dianjurkan pula untuk mendaftar dan mengikuti program Kartu Prakerja tersebut.

Syarat Mendaftar Kartu Prakerja

Bagi Anda yang berminat mendaftarkan diri pada program Kartu Prakerja, berikut syarat-syarat yang wajib diperhatikan sebelum mendaftar, di antaranya:

  • Warga Negara Indonesia (WNI) berusia paling rendah 18 tahun dan paling tinggi 64 tahun.
  • Tidak sedang menempuh pendidikan formal.
  • Sedang mencari kerja, pekerja/buruh yang terkena PHK, atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro & kecil.
  • Bukan Pejabat Negara, Pimpinan dan Anggota DPRD, Aparatur Sipil Negara, Prajurit TNI, Anggota Polri, Kepala Desa dan perangkat desa dan Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas pada BUMN atau BUMD
  • Maksimal 2 NIK dalam 1 KK yang menjadi Penerima Kartu Prakerja.

Baca juga: Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan Setelah Resign

Cara Mendaftar Kartu Prakerja

Jika Anda merasa telah memenuhi syarat di atas, Anda dapat mengikuti cara di bawah ini untuk mendaftar Kartu Prakerja. Berikut langkah-langkahnya:

1. Buka situs dashboard.prakerja.go.id/daftar

page pendaftaran program kartu prakerja

2. Lengkapi informasi yang dibutuhkan, seperti nama lengkap, email dan kata sandi untuk mendaftar

3. Lakukan verifikasi melalui email

4. Login setelah melakukan verifikasi

5. Masuk ke dashboard dan verifikasi KTP dan KK

page verifikasi data diri

6. Lengkapi data diri dan ikuti instruksi selengkapnya

7. Lakukan verifikasi melalui nomor telepon

8. Isi deklarasi survei

9. Ikuti tes motivasi dan kemampuan dasar untuk berpartisipasi dalam seleksi gelombang berikutnya

page tes motivasi dan kemampuan dasar

Manfaat Kartu Prakerja

Jika Anda lolos seleksi, Anda akan mendapatkan pelatihan online dan bantuan sosial (bansos) senilai kurang lebih Rp2,4 juta rupiah, yang termasuk biaya pelatihan dan insentif, serta insentif survei.

Lengkapnya, berdasarkan prakerja.go.id, manfaat yang didapat oleh penerima bisa berbeda-beda pada setiap gelombangnya. Namun umumnya, penerima akan mendapatkan seperti yaitu:

  • Saldo bantuan pelatihan: Rp3.500.000.
  • Insentif biaya mencari kerja: Rp600.000.
  • Insentif pengisian Survei Evaluasi : Rp50.000 x 2 survei

Baca juga: Cara Melamar Kerja di Dinas Pemerintahan Bagi Fresh Graduate

Pada tahun 2023 lalu, program Kartu Prakerja menargetkan 1 juta penerima. Anggaran sebesar Rp2,67 triliun akan dialokasikan untuk 595 ribu peserta dan sisa target 405 ribu peserta menggunakan tambahan anggaran sebesar Rp1,7 triliun yang akan diajukan oleh pemerintah.

Referensi:

  • Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia. Diakses pada 2024. Apa itu program Kartu Prakerja?
  • Perpres Nomor 113 Tahun 2022. Diakses pada 2024. Peraturan yang mengatur program kartu Prakerja.
  • Laman Kartu Prakerja. Diakses pada 2024. Tentang Prakerja.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.