10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

cara melamar kerja di dinas pemerintahan

Cara Melamar Kerja di Dinas Pemerintahan Bagi Fresh Graduate

Cara melamar kerja di dinas pemerintahan sering menjadi incaran banyak fresh graduate ketika sudah lulus kuliah. Pasalnya hingga saat ini menjadi pegawai di dinas pemerintahan menjadi salah satu pekerjaan favorit serta diincar oleh banyak orang di seluruh Indonesia.

Pasalnya masih banyak orang beranggapan bahwa jika bekerja disana memiliki sistem gaji yang enak serta jam kerja santai. Tidak terlalu dituntut banyak tuntutan seperti jika bekerja pada perusahaan swasta, selain itu jam kerja di dinas pemerintahan sangat fleksibel sekali.

Oleh karena itu banyak orang mencari cara melamar kerja di dinas pemerintahan, pasalnya jika bekerja disini sebagai fresh graduate dapat mendaftar tanpa perlu adanya persyaratan pengalaman kerja sudah berapa tahun lamanya seperti yang ada di perusahaan swasta.

Sehingga dapat dikatakan dengan melamar bekerja di instansi ini sangat cocok bagi beberapa pelamar kerja yang masih fresh graduate. Namun perlu diingat karena untuk menjadi pegawai disini dibutuhkan persaingan yang ketat, bahkan lebih ketat dibandingkan dengan swasta.

Berikut Cara Melamar Kerja di Dinas Pemerintahan

Hal ini disebabkan sebagai cara untuk melamar kerja di dinas pemerintahan, Anda diwajibkan untuk bersaing dengan orang seluruh Indonesia. Namun tidak perlu merasa khawatir, karena pada saat ini terdapat banyak cara untuk menjadi salah satu pegawai dalam instansi tersebut.

1. Melalui Jalur PPPK

Jika pada zaman dahulu Anda kenal dengan sebutan karyawan honorer yang ada pada beberapa dinas di seluruh Indonesia, mulai pada tahun 2021 pemerintah sudah menghapuskan status honorer bagi karyawan di seluruh Indonesia tanpa terkecuali.

Oleh sebab itu sebagai pengganti dihapuskannya karyawan honorer, pemerintah mengadakan program baru yaitu menciptakan karyawan dengan status PPPK. PPPK merupakan singkatan dari Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau disebut kontrak.

Oleh karena itu PPPK merupakan salah satu cara melamar kerja di dinas pemerintahan bagi fresh graduate. Sistem kerjanya dibuat sedemikian rupa sehingga tidak ada karyawan honorer, namun menggunakan skema gaji seperti karyawan perusahaan swasta biasanya.

Sebagai karyawan, Anda diharuskan untuk menandatangani kontrak perjanjian kerja terlebih dahulu selama beberapa bulan hingga tahun sebelum akhirnya dapat mulai bekerja pada instansi tersebut. Hal inilah yang sedang digalakkan pemerintah mulai saat ini dan seterusnya.

Namun perlu diingat jika Anda mendaftar pekerjaan menggunakan cara melamar kerja di dinas pemerintahan ini, Anda tidak akan mendapatkan dana pensiunan ketika sudah pensiun. Hanya akan mendapatkan bantuan dana pesangon saja ketika sudah masuk masa pensiun.

2. Menggunakan Jalur Tes CPNS

Tes CPNS merupakan singkatan dari Calon Pegawai Negeri Sipil, dimana ketika sudah lolos dan masuk kedalam formasi Anda akan secara resmi diangkat menjadi aparatur sipil negara (ASN). Tes ini dibuka setiap tahunnya, sehingga harus mempersiapkan diri sebelum daftar.

Namun perlu diperhatikan bahwa dalam tes CPNS ini terdapat yang namanya formasi, yaitu jumlah kuota berapa banyak orang yang akan diterima menjadi pegawai pada instansi tersebut jika menggunakan cara melamar kerja di dinas pemerintahan tersebut.

Selain itu Anda akan bersaing dengan banyak orang dari seluruh Indonesia, sehingga harus belajar secara sungguh-sungguh mengenai beberapa materi yang akan diujikan disini. Pasalnya perbedaan selisih 1 poin sudah sangat berpengaruh terhadap ranking persaingan.

Karena Anda harus bersaing dengan banyak orang jika menggunakan cara melamar kerja di dinas pemerintahan melalui jalur tes CPNS. Tidak jarang juga beberapa orang menggunakan jasa les CPNS sehingga mereka belajar secara ekstra supaya dapat lulus mengerjakan soal.

Sebagai tips untuk mendaftar, pilihlah formasi dinas yang sedikit pendaftarnya karena akan memperbesar kemungkinan Anda untuk diterima. Selain itu jangan lupa untuk selalu berdua sehingga dipermudahkan mengerjakan semua soal yang ada.

3. Menggunakan Jalur Magang

Cara melamar kerja di dinas pemerintahan dapat dilakukan menggunakan cara lainnya, selain beberapa cara yang sudah disebutkan diatas. Yaitu adalah dengan menggunakan jalur magang ikatan dinas. 

Program ini biasanya dibuka bagi beberapa mahasiswa yang ingin mendapatkan kesempatan merasakan bagaimana bekerja di dunia nyata. Biasanya diselenggarakan oleh pemerintah secara langsung.

Dengan menggunakan program ini, akan memperbesar kemungkinan Anda untuk diterima bekerja pada instansi tersebut setelah lulus kuliah. Pasalnya beberapa karyawan serta petinggi instansi sudah mengerti bagaimana kinerja Anda.

Secara sederhana setiap orang akan lebih mudah menerima orang yang sudah dikenal daripada belum, sehingga jika mendaftar menggunakan cara untuk melamar kerja di dinas pemerintahan ini termasuk sebagai jackpot.

Selain Anda bisa belajar dunia pekerjaan, menambah relasi dari beberapa kampus lainnya, Anda juga akan diberikan uang pesangon jika mendapatkan program magang ini.

Terdapat banyak sekali cara untuk bisa bekerja pada instansi pemerintah tersebut, terus mencoba berbagai cara melamar kerja di dinas pemerintahan hingga diterima.

Bagikan Artikel: