magenta bumn

Magenta BUMN: Pengertian, Cara Daftar, Alur Pendaftarannya Hingga Jenis Program

Jika Anda tertarik untuk berkarir di Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Anda dapat memulainya dengan mengikuti program magang yang dikenal dengan nama Magenta BUMN. Dengan mengambil langkah ini, Anda akan memiliki kesempatan untuk menunjukkan kemampuan Anda dan meningkatkan pengetahuan Anda.

Entah Anda nantinya akan melanjutkan karir di BUMN atau di perusahaan lain, pengalaman berharga dalam dunia kerja di perusahaan BUMN tetap akan Anda dapatkan. Untuk informasi lebih lanjut mengenai program ini, Anda bisa membaca selengkapnya dalam artikel Glints yang telah tersedia.

Apa Itu Program Magang Magenta BUMN?

Magenta BUMN adalah sebuah program magang yang memberikan peluang kepada santri, mahasiswa, dan lulusan baru untuk mendapatkan pengalaman kerja serta kesempatan untuk mengaplikasikan pengetahuan yang telah mereka peroleh selama kuliah.

Dikutip dari laman resmi Magenta BUMN, program magang ini merupakan hasil kerja sama antara BUMN dan Forum Human Capital Indonesia (FHCI). Seluruh BUMN di Indonesia memberikan kesempatan magang, baik kepada lulusan baru maupun mahasiswa yang tengah menempuh pendidikan di dalam negeri atau di luar negeri.

Tujuan utamanya adalah agar peserta program magang dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka sesuai dengan standar profesional yang diterapkan di perusahaan BUMN.

Syarat Magang Magenta BUMN

Adapun kriteria umum untuk mendaftar program magang Magenta BUMN adalah sebagai berikut:

  • Mahasiswa aktif atau fresh graduate D3/D4/S1/S2;
  • Minimal usia 17 tahun;
  • Berkomitmen menjalani magang sesuai durasi yang telah ditentukan.

Berikutnya, untuk informasi mengenai kualifikasi khusus dapat Anda lihat pada masing-masing menu lowongan magang di platform MAGENTA BUMN.

Sementara dokumen yang wajib di upload oleh calon peserta untuk mendaftar program magang Magenta BUMN secara umum di antaranya:

  • KTP;
  • Curriculum Vitae;
  • Transkrip Nilai;
  • Ijazah/Surat Keterangan Lulus (bagi pelamar fresh graduate);
  • Sertifikat (opsional);
  • Surat Rekomendasi Universitas (opsional).

Alur Magang BUMN atau Program Magenta BUMN

Proses penerimaan Magenta BUMN terdiri dari beberapa tahap, dimulai dari pendaftaran hingga penyelesaian sertifikasi. Berikut adalah gambaran singkat dari alur tersebut:

1. Pendaftaran

Pertama-tama, peserta diharuskan untuk melakukan registrasi dengan membuat akun di situs BUMN. Setelah itu, mereka diminta untuk mengisi data pribadi dan mengunggah dokumen-dokumen yang diperlukan sesuai dengan persyaratan program yang diminati.



2. Verifikasi Administratif

Setelah berhasil mendaftar dan mengirim lamaran untuk posisi tertentu, tahap selanjutnya adalah proses administrasi. Pada tahap ini, tim BUMN akan melakukan verifikasi data dan melakukan seleksi terhadap calon peserta. Status kelulusan akan diumumkan melalui email dan situs Magenta BUMN.

3. Onboarding

Peserta yang lulus seleksi administrasi akan memulai program magang mereka pada tahap ini. Durasi program magang telah ditentukan sebelumnya oleh pihak BUMN dan akan diinformasikan pada saat pemilihan program.

4. Sertifikasi

Setelah memenuhi semua persyaratan dan mengunggah dokumen yang diperlukan, peserta berhak mendapatkan sertifikat. Sertifikat tersebut dapat diunduh melalui situs Magenta BUMN sebagai bukti penyelesaian program magang.

Baca juga: Rekrutmen bersama bumn, simak ulasannya disini!

Cara Daftar Magenta BUMN

Tampilan awal ketika mendaftar magang Magenta BUMN

Berikut adalah langkah-langkah untuk mendaftar program magang Magenta BUMN:

  1. Pertama-tama, kunjungi situs resmi Magenta FHCI BUMN di https://magenta.fhcibumn.com/.
  2. Setelah itu, klik tombol “Masuk ke akun” untuk membuat akun pribadi Anda terlebih dahulu.
  3. Setelah berhasil membuat akun, lanjutkan dengan melengkapi informasi pribadi Anda. Anda dapat melakukannya dengan mengklik tombol “Lihat Profil” dan mengisi semua data yang diperlukan di bagian “Data Pribadi,” “Informasi Akademik,” dan “Kelengkapan Data Pemagang.”
  4. Selanjutnya, pilih lowongan magang yang sedang tersedia dan sesuai dengan minat serta jurusan Anda dengan mengklik tombol “Lowongan Magang.”
  5. Terakhir, Anda dapat mendaftar untuk lowongan magang yang Anda pilih dengan mengklik tombol “Daftar Magang.”

Penting untuk diingat bahwa setiap peserta hanya diperbolehkan mendaftar ke satu lowongan magang. Namun, jika Anda tidak lolos pada lowongan magang yang pertama Anda pilih, Anda masih memiliki kesempatan untuk mendaftar ke lowongan lain yang sesuai dengan minat Anda.

Jenis Program Magang BUMN

Program magang Magenta BUMN terdiri dari empat kategori yang berbeda:



1. Magang Konvensional

Program magang ini dijalankan secara independen oleh berbagai BUMN. Ini terbuka untuk mahasiswa aktif dan lulusan baru dengan beragam durasi, mulai dari satu hingga dua belas bulan.

Baca juga: Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN)

2. Magang Santri

Program ini ditujukan untuk mahasiswa aktif atau santri yang setidaknya telah mencapai semester lima untuk diploma dan semester tujuh untuk gelar sarjana. Sebagaimana namanya, program ini dirancang secara khusus untuk mahasiswa dari institusi berbasis Islam, seperti universitas Islam atau pesantren.

3. Kampus Merdeka @BUMN

Program ini merupakan hasil kerja sama antara Kementerian BUMN dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Kampus Merdeka @BUMN merupakan evolusi dari Program Magang Mahasiswa Bersertifikat yang sebelumnya diawasi oleh Forum Human Capital Indonesia. Tujuan utama dari program ini adalah memberikan peserta pengalaman langsung di lingkungan perusahaan BUMN, mempersiapkan mereka untuk menghadapi tantangan dunia kerja setelah lulus.

4. Indonesia Global Talent Internship

Indonesia Global Talent Internship adalah program magang yang terbuka bagi mahasiswa aktif S2/S3 dari luar negeri dan lulusan S2 dari luar negeri yang belum bekerja. Program ini memungkinkan mereka untuk berkontribusi langsung dalam proyek-proyek atau penelitian strategis yang ada dalam lingkup BUMN.

Daftar Top 10 Perusahaan yang Membuka Program Magang Magenta BUMN

Berdasarkan hasil pencarian kami, saat ini terdapat top 10 perusahaan BUMN yang tengah membuka program magang Magenta BUMN di antaranya sebagai berikut:

  1. PT ASABRI (Persero)
  2. Forum Human Capital Indonesia
  3. Perusahaan Umum Damri
  4. Perum Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA
  5. Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI)
  6. Perum Percetakan Negara RI
  7. Perum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri)
  8. Kementerian Badan Usaha Milik Negara Republik Indonesia
  9. Perum Perumnas
  10. PT Asuransi Jasa Indonesia

Demikianlah beberapa informasi terkait program magang Magenta BUMN yang dapat Anda eksplorasi. Dengan mengikuti program ini, Anda dapat memulai perjalanan karier Anda dalam dunia BUMN dan sektor pemerintahan. Selain itu, ada banyak informasi tambahan mengenai bekerja di BUMN dan persiapan tes CPNS yang dapat Anda akses secara gratis.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!