10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

apakah surat keterangan lulus bisa untuk melamar kerja?

Apakah Surat Keterangan Lulus Bisa untuk Melamar Kerja?

Apakah surat keterangan lulus bisa untuk melamar kerja? Jawabannya pasti bisa, tergantung di mana Anda mengajukan diri. Bukanlah sebuah kesulitan jika belum menerima ijazah, selama sudah terjamin lulus. 

Tanggung jawab sebagai lulusan sarjana adalah memanfaatkan ilmu di dalam dunia profesional. Tidak perlu takut menghadapi kerasnya persaingan di dunia kerja, Anda pasti bisa melakukan apa saja sesuai kemampuan. 

Apakah Surat Keterangan Lulus Bisa untuk Melamar Kerja?

Banyak mahasiswa yang sudah lama kuliah, namun tidak dapat menyelesaikan skripsinya, sehingga memilih jalur lain. Alasannya banyak faktor, misalnya karena kurangnya ketekunan di tempat kerja, kurangnya sumber daya atau bahan. 

Alasan lain termasuk ketidaksesuaian dengan dosen pembimbing dan tidak siap untuk keluar ke masyarakat. Dua alasan terakhir mungkin adalah hal yang paling umum ditemui oleh para fresh graduate. Jadi, apakah surat keterangan lulus bisa untuk melamar kerja?

Semua alasan di atas memiliki solusi tersendiri. Jika ingin segera bekerja dan berkontribusi untuk keluarga, negara, dan masyarakat, segera selesaikan skripsi. Meskipun tidak dalam waktu dekat, setidaknya selesai. 

Setelah menyelesaikan skripsi dan lulus ujian, hal ini membuat Anda bukan lagi mahasiswa. Sebaiknya segera mendapatkan pekerjaan. Saat mencari pekerjaan, Anda dapat mengandalkan SKL atau Sertifikat Penyelesaian alih-alih ijazah.

Bagaimana cara mendapatkan informasi pekerjaan? Dari koran, internet, informasi apapun. Buat daftar data perusahaan yang merekrut. Pilih latar belakang pendidikan relevan, salin berbagai sumber internet dan mulailah menulis surat lamaran. 

Apakah surat keterangan lulus bisa untuk melamar kerja? Mungkin saja, namun sebelumnya buatlah resume menarik. Selain itu, siapkan SKCK, surat keterangan sehat, dan dokumen lain yang sering diminta sebagai lampiran.

Melamar pekerjaan tidak semudah membalikkan telapak tangan. Jangan hanya terus bermimpi mendapatkan pekerjaan di sebuah perusahaan. Bagikan formulir aplikasi ke lokasi target atau ke perusahaan impian Anda.  

Sambil menunggu wawancara, persiapkan dengan berlatih menjawab pertanyaan wawancara. Yang penting jujur ​​dan percaya diri. Beritahu dan dorong berdasarkan kenyataan, walaupun persaingan semakin sengit, semuanya mungkin terjadi. 

Tentunya, jangan berhenti mencari peluang lain sambil menunggu panggilan kerja. Pastikan nomor ponsel Anda selalu aktif agar nantinya selalu siap saat perekrut menghubungi kembali. Karena terkadang HRD akan menghubungi Anda lewat email atau nomor ponsel.

Baca juga: Cara Melamar Kerja Tanpa Ijazah, Apakah Mungkin Dilakukan?

Surat Keterangan Lulus Ternyata Bisa untuk Melamar Kerja 

Melengkapi diri dengan berbagai skill memang sangat dibutuhkan, apalagi relevan dengan kebutuhan pekerja di zaman modern. Meskipun baru lulus, skill ini akan membantu dalam menarik perhatian recruiter. 

Skill penting pertama adalah komunikasi. Sebagian besar dari Anda mungkin telah meningkatkan keterampilan komunikasi Anda di perguruan tinggi dengan berpartisipasi dalam berbagai organisasi, misalnya BEM, himpunan, atau lainnya. 

Lalu, apakah surat keterangan lulus bisa untuk melamar kerja? Mungkin saja asalkan mempunyai keterampilan komunikasi. Perusahaan mencari kandidat yang dapat berkomunikasi dengan baik, secara verbal maupun non-verbal.

Kedua, kerja sama tim atau kemampuan interpersonal. Selain komunikasi, penting untuk menguasai kemampuan bekerja dalam tim. Menurut Target Jobs, membangun hubungan kerja positif dapat membantu siapapun mencapai tujuan bisnis mereka.

Perusahaan juga mencari karyawan fleksibel, dapat bekerja secara mandiri maupun dalam tim. Kurangnya koordinasi membuat sulit untuk mengikuti di kemudian hari. Kembangkan keterampilan kerja tim dengan berbagai cara mudah.

Ketiga, kemampuan memecahkan masalah atau problem solving. Di tempat kerja, semua pekerja diharapkan mahir memecahkan masalah. Dalam hal ini, apakah surat keterangan lulus bisa untuk melamar kerja? Bisa jadi, asalkan memiliki keterampilan pemecahan masalah.

Dengan keterampilan ini, Anda dapat memecahkan masalah dari berbagai sudut pandang berbeda. Perusahaan mana saja yang mempekerjakan kandidat seperti ini nanti pasti akan menyukainya, karena dapat diandalkan. 

Keempat, leadership atau kepemimpinan. Kepemimpinan atau leadership juga merupakan salah satu keterampilan yang harus dimiliki oleh lulusan baru. Tidak ada jaminan akan dipromosikan ke posisi manajemen segera setelah aplikasi pertama.

Namun, penting untuk menunjukkan kepada rekan tim bahwa Anda memiliki potensi untuk memotivasi mereka. Selain itu, keterampilan kepemimpinan sangat membantu jika mampu menjadwalkan schedule kerja dengan baik.

Walaupun merupakan lulusan baru, hal ini bukan halangan untuk menaiki tangga karir menuju puncak. Jawaban ini bisa menjadi jawaban dari pertanyaan apakah surat keterangan lulus bisa untuk melamar kerja? 

Bagikan Artikel: